24 C
id

ASUS Zenfone 3 ZE520KL: Review Spesifikasi dan Harga Indonesia

Review ASUS Zenfone 3 ZE520KL menjadi bagian terpenting sebagai alat informasi dan bahan referensi bagi para konsumen khususnya yang ingin mempunyai smartphone terbaru dari ASUS Indonesia. Bagi anda yang terbiasa dengan HP Android ASUS baik itu tipe Zenfone 2, 4, 5 dan 6 akan langsung kaget dan tidak mengira bahwa ini ponsel dari ASUS. Reaksi lain adalah anda akan terpesona dengan perubahan dari ponsel Zenfone 3 ini dikarenakan terjadi perubahan yang sangat ekstrim baik itu dari segi desain body, spesifikasi daya gedor performance dan pastinya kemampuan kamera dari ponsel terbaru ini. tanpa panjang lebar lagi mari kita ulas lebih detail hanya ada di http://www.aplikasi-android.net

Seperti yang penulis bicarakan di pembukaan bahwa Zenfone 3 Series ini akan sangat berbeda dengan seri Zenfone sebelumnya. Jika anda sering beranggapan bahwa HP ASUS Zenfone 2 hingga 6 ini selalu menggunakan bodi casing plastik, menggunakan spesifikasi yang bagus tetapi harga yang terjangkau, maka di Zenfone 3 anda akan berubah mindset dan pola pikir anda. Zenfone 3 ZE520KL ini menjadi salah satu seri yang menjadi bukti dengan balutan bodi berdesain ciamik, bermateri premium dan tentunya spesifikasi komponen lebih gahar, menakjubkan dan pastinya harga yang lebih menguras kantong anda.


Keindahan Desain Baru ASUS Zenfone 3 ZE520KL



ASUS Zenfone 3 ZE520KL



ASUS Zenfone 3 ZE520KL dan seri seri lainnya menggunakan desain yang sangat menarik dan berkelas premium. Jika dilihat lebih detail lagi ternyata ZE520KL ini selain mengkilap bodi pada bagian bagian tepi menggunakan frame metal yang solid dan sangat elegan. Jika tidak salah desain dengan frame metal seperti ini sebenarnya sudah dipakai di produk ASUS ZenPad semua tipe. 

Bagian tepi dari ponsel Zenfone yang biasanya membentuk kotak sedikit runcing kali ini berubah drastis dengan bentuk bulat dan halus. Dengan adanya tambahan garis tipis krom mengkilat seperti yang ada di ZenPad membuat penampilan tambah elegan. Selain itu ASUS Zenfone 3 ZE520KL ini telah dibekali dengan kaca anti gores 2.5D Corning Gorilla Glass 3 di semua bagian depan dan belakang dari ponsel ini. hasilnya jelas semakin aman dari goresan di seluruh bagian layar ponsel dan juga bagian belakang ponsel. Sayangnya karena menggunakan bodi dengan Corning Gorilla Glass tersebut ternyata mempunyai dampak yang sangat licin sehingga sebaiknya segera beli casing penutup tambahan baik itu flipcase ataupun casing lainnya.


ASUS Zenfone 3 ZE520KL


Jika dilihat dibagian sisi depan dari ASUS Zenfone 3 ZE520KL ini terdapat earpiece yaitu tempat berisi speaker kecil, sensor proximity, kamera depan, ambient light sensor, layar sentuh dengan ukuran 5.2 inchi full HD IPS Super, LED light dan pada bagian bawah terdapat tombol navigasi back, home dan recent apps. Namun sangat disayangkan pada bagian tombol tersebut ternyata tidak ada backlight alias lampu latar yang dapat membantu saat berada di ruang gelap atau saat malam hari. 


ASUS Zenfone 3 ZE520KL


Asus Zenfone 3 ZE520KL bagian bawah terdiri dari port USB tipe C di tengah, speaker, dan microphone. Sementara jika kita lihat pada bagian sisi atas terdapat slot audio 3.5 mm untuk headset dan juga microphone pada sisi atas kanan kiri. Sedangkan pada bagian kanan terdapat tombol volume up dan down disertai tombol power. Bagian sisi kiri terdapat slot hybrid untuk kartu memori dan simcard.

Selanjutnya jika dibalik ke belakang HP 4G ASUS Zenfone 3 ZE520KL ini terdapat laser autofokus second generation, kamera utama ditengah dan dual LED Flash disisi kanan kamera, bagian bawah dekat kamera terdapat sensor fingerprint atau sensor sidik jari dan juga logo tulisan ASUS. 


ASUS Zenfone 3 ZE520KL



Firmware ASUS Zenfone 3 ZE520KL



Secara umum software ataupun perangkat lunak adalah bagian yang penting selanjutnya selain hardware. Dalam Zenfone 3 ini telah dibekali dengan sistem operasi terbaru dari ASUS yaitu Android Marshmallow 6.0.1 dengan antarmuka Zen UI.


Baca Juga : Hasil Benchmark ASUS Zenfone 3 ZE520KL

ASUS Zen UI merupakan salah satu aplikasi yang sangat ringan, banyak ragam fitur dan kostumisasi. Anda tidak perlu lagi menambahkan berbagai aplikasi lockscreen dan sebagainya karena disini ASUS telah memberikan banyak sekali pilihan pilihan yang sangat menarik dan pastinya tidak kalah dengan aplikasi yang ada di Play Store.

Mengulas lebih dalam fitur ASUS Zen UI ini ternyata sudah banyak sekali tambahan seperti ASUS Splendid, Audio Wizard, Bluelight Filter, File Manager, ZenMotion, Asus Mobile Manager dan yang paling baru adalah Game Genie. Tentunya dengan ragam fitur fitur tersebut anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi seperti Clean Master yang akan membantu membersihkan cache dengan hanya mengaktifkan Asus Mobile Manager saja. Semakin simple dan praktis.


ASUS Zenfone 3 ZE520KL

Selain itu ASUS Zen UI yang dulu banyak sekali membawa bloatware alias aplikasi tambahan sekarang semakin berkurang, meskipun masih tetap ada. Secara spesifik terdapat aplikasi bawaan berupa PhotoCollage, Share Link, BaBe, Puffin Browser, ZenCircle, Pokemon Go, ZenTalk, TripAdvisor, SimCity, Need for Speed No Limit dan beberapa lainnya.

Ponsel ASUS Zenfone 3 ZE520KL ini memang masih terdapat bloatware, beruntungnya ternyata aplikasi tersebut tidak dipermanentkan sehingga bisa dihapus dari HP. Meskipun demikian ternyata tidak adanya musik player bawaan dari ASUS membuat penulis menggunakan beberapa pilihan dari Aplikasi Music Player Android Terbaik saat ini.

Zenfone 3 ZE520KL ini adalah Unibody yaitu bagian Casing menyatu dengan bodi dan baterai sehingga tidak bisa dibuka secara langsung tanpa adanya piranti tambahan. Meskipun bisa dibilang hal ini juga bisa menjadi kelemahan dari HP ini tetapi penulis lebih mengarah pada kelebihan yang didapatkan dari penggunaan desain unibodi ini. jelas hasilnya adalah ramping dan sangat tipis jika dibandingkan dengan smartphone android lainnya yang menggunakan non unibodi.


Wajib Baca: Harga ASUS Zenfone 3 Deluxe ZS570KL Terbaru 


Pada bagian samping dari Ponsel 4G Terbaru dari ASUS ini juga terdapat sisi yang menurut penulis menjadi salah satu kekurangan paling kentara yaitu adanya SIM Card dan Memory Card menjadi satu alias mode hybrid slot. Di bagian ini pengguna harus berhati hati saat melepaskan slot dikarenakan sangat tipis dan rentan patah. Selain itu juga perlu ketelitian lebih lanjut saat hendak membuka slot karena diperlukan ketajaman memasukkan ke dalam lubang kecil.


Kamera ASUS Zenfone 3 ZE520KL 16 Megapiksel


ASUS Zenfone 3 ZE520KL


Salah satu keunggulan dari Smartphone ASUS Zenfone 3 adalah bagian kamera terutama seri ZE520KL yang berkekuatan 16 Megapiksel dengan sensor dari Sony Exmor RS IMX298 ½ inchi. Selain itu juga terdapat tambahan 6 elemen lensa dengan aperture f/20 dengan fitur teknologi ASUS TriTech autofocus dan LED Flash. Fitur TriTech autofocus ini adalah salah satu gabungan dari laser autofocus, contrast detection, dan phase-detection autofocus yang akan menghasilkan gambar lebih akurat dan cepat yaitu 0.03S. Saat uji coba digunakan untuk fotografi dan rekam video ternyata mampu merekam video dengan resolusi mencapai 4K alias Ultra HD.


 zenfone 3 ZE520KL camera front
Kamera Depan Zenfone 3 ZE520KL

Selain itu juga didalam kamera 4G Zenfone 3 ini telah dilengkapi dengan fitur 4 Axis OIS alias Optical Image Stabilization dan 3 Axis EIS atau Electronic Image Stabilization yang bertujuan mengurangi blur yang terjadi saat memfoto ataupun saat merekam video dalam keadaan bergerak atau bergoyang.


hasil kamera ASUS Zenfone 3 ZE520K

Kamera kedua atau kamera selfie di Zenfone 3 ZE520KL ini juga sangat menawan dengan resolusi 8 Megapiksel berlensa wide angle aperture f/2.0. hasilnya pasti akan sangat bagus untuk digunakan selfie ataupun video calling. Sedang untuk hasil kamera depan saat merekam video dapat mencapai resolusi full HD.

Hasil kamera ASUS Zenfone 3 ZE520KL

Hasil yang kami berikan diatas merupakan gambar gambar yang menunjukkan kualitas dari kamera yang ada di ASUS Zenfone 3 ZE520KL ini baik kamera depan ataupun kamera belakang. Selain itu didalamnya juga terdapat banyak sekali efek efek fotography kelas atas seperti mode low light, efek blur macro dan bahkan mampu digunakan untuk shutter speed -32S.


Hasil Kamera ASUS Zenfone 3 ZE520K

Warna yang ditunjukkan oleh lensa Zenfone 3 ini tergolong tajam, dinamic range baik dan detail yang tinggi. Saat digunakan untuk macro maka silakan coba settingan Depth of Field mode yang sangat jelas dan mendetail sekali. Pada waktu malam ataupun saat keadaan minim cahaya maka silakan coba gunakan mode low light yang akan membantu membuat gambar lebih jelas dan natural.


Hasil Kamera ASUS Zenfone 3 ZE520KL

Uji Kualitas Performance di Zenfone 3 ZE520KL


ASUS Zenfone 3 ZE520KL telah dibenamkan beragam komponen kelas dunia seperti chipset Qualcomm Snapdragon 625 octa core ARM Cortex-A53 berkecepatan 2gHz. Selain itu juga terdapat tambahan RAM sebesar 3 Gigabytes dan GPU alias [Graphic Processing Unit] Adreno 506. 

Ponsel terbaru ASUS ini secara kualitas performance mampu bersaing dengan produk lain terutama yang setara dengan ponsel premium ini. Saat ditilik dari hasil benchmark dari Zenfone 3 ZE520KL ini termasuk tinggi apabila dibandingkan dengan ponsel pesaing lainnya. Penggunaan seperti aplikasi aplikasi umum, animasi bisa berjalan dengan baik tanpa adanya lag yang mengganggu.


Benchmark ASUS Zenfone 3 ZE520KL

Pengujian yang dilakukan di Zenfone 3 ZE520KL ini dengan diberikan aplikasi aplikasi seperti sosial media facebook, whatsup, zentalk, dan sebagainya menunjukkan kualitas yang baik tanpa adanya hambatan yang berarti. Selanjutnya dilakukan pengujian dengan menggunakan game Need For Speed: No Limits ternyata juga mampu dihandle dengan baik tanpa ada masalah seperti lag ataupun eror lainnya. masih belum percaya dengan kinerja dari ponsel satu ini penulis kembali mencoba memainkan game Asphalt 8 terbaru dengan resolusi tinggi. Hasilnya hampir sama dengan pengujian pertama yaitu tanpa lag sama sekali. Kendala umum yang kerap terjadi di HP adalah panas yang keluar saat diberikan beban yang tinggi ternyata juga tidak terasa panas namun hanya terasa hangat ditangan. 


Sound sistem di Zenfone 3 ZE520KL



Suara merupakan salah satu hal yang dicari dalam pembelian sebuah ponsel baru, mau tak mau penulis juga harus melakukan uji coba dengan kualitas suara yang dihasilkan oleh Smartphone ini. Dikarenakan tidak adanya musik player bawaan dari ponsel ini maka sebaiknya anda unduh dulu musik player yang anda sukai. Pengujian dimulai dengan memainkan musik tanpa headphone dan hasilnya suara yang dikeluarkan oleh Zenfone 3 ini terlihat nyaring dan suara bass nya sangat kentara. Volume dinaikkan juga menambah suara bass semakin terdengar dan semakin keras dan jelas. 

Selanjutnya pengujian menggunakan headset yang penulis beli seharga 50.000 di toko online terkemuka di Indonesia. Saat pengujian menggunakan aplikasi poweramp music player dan hasil suara yang dikeluarkan oleh headset ternyata sangat jernih dan super ngebass. Meskipun pada saat awal hanya menggunakan suara normal tanpa adanya efek lainnya hasil suara bisa membuat penulis takjub dan senang dengan kualitas suaranya.


Baterai di ASUS Zenfone 3 ZE520KL



Smartphone ASUS Zenfone 3 seri ini ternyata hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2600 mAh. Pertama kalinya penulis menganggap terlalu kecil kapasitas dan juga daya tahan baterai dari ASUS ini dikarenakan komponen yang ditanamkan termasuk tinggi.

Hasil yang didapatkan sangat mengejutkan yaitu baterai ponsel sangat tahan lama saat diuji normal tanpa adanya koneksi internet dan digunakan untuk sosial media, browsing maka ponsel ini mampu bertahan hingga 3 hari. Saat digunakan untuk main game dan nonton film maka ponsel Zenfone 3 ZE520KL ini mampu bertahan hingga 24 jam. Hasil tersebut sangat unik dan sungguh diluar pemikiran penulis karena memang umumnya saat digunakan dengan intensitas tinggi ponsel lainnya hanya bertahan maksimal 12 jam.


Berdasarkan beragam ulasan dan uji coba yang telah penulis uraikan diatas kami bisa mengambil kesimpulan bahwa Keunggulan ASUS Zenfone 3 ZE520KL adalah berikut ini:

1.    Kamera sangat jernih dan berkualitas diatas harganya
2.    Desain baru nan elegan dan sangat stylish
3.    Performance sangat mumpuni dan mampu mengungguli ponsel sekelasnya
4.    Fitur fitur sangat lengkap 

Selanjutnya tentu tidak akan afdol jika hanya memberikan keunggulan saja dan tidak menjelaskan kekurangan dari ponsel ini. berikut ini adalah kekurangan dan kelemahan dari Zenfone 3 ZE520KL.

1.    Bodi sangat licin dan mudah slip sehingga baiknya beli flipcase secepatnya
2.    Tombol menu bawah tidak ada backlight
3.    Slot memori external dan SIM Card jadi satu, rawan patah

Harga ASUS Zenfone 3 ZE520KL Indonesia


Kesimpulan dari Ponsel Zenfone 3 seri ZE520KL ini ternyata membidik target pasar kelas menengah atas dikarenakan harga jual yang tergolong tinggi dipasaran Indonesia. Harga yang dibanderol adalah Rp. 4.099.000 atau Rp. 4.100.000 di pasaran Indonesia. Ponsel ini layak dan sangat direkomendasikan untuk dimiliki ataupun dibeli dikarenakan beragam hal diatas atau gampangnya adalah kualitasnya berada diatas harganya. Demikian ulasan dari HP 4G Terbaru dari ASUS semoga bermanfaat dan jangan lupa join kami di Facebook dan Youtube channel untuk dapat informasi terbaru.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4