24 C
id

Tips Cara menggunakan voice recognition di Asus Zenfone 3 Max.

Cara menggunakan voice recognition ke tulisan ataupun kalau istilah Indonesianya adalah merubah suara menjadi teks di smartphone Zenfone 3 Max ini sebenarnya hampir sama dengan tutorial saya yang dulu yaitu di zenfone 2 kalau nggak salah. Selain itu juga saya pernah menggunakan Zenfone 3 ze520kl untuk mengetes fitur voice input. Nah kali ini saya ingin memberikan ulasan detail mengenai bagaimana maksimalkan kinerja voice recognition yang ada di smartphone Asus Zenfone 3 Max dengan lebih baik.

Voice recognition itu identik dengan gambar logo mikrofon yang ada di keyboard kita terutama di keyboard hp android termasuk Zenfone 3 Max. Terkadang bulan di keyboard Smartphone terutama yang Android terdapat dua buah bentuk microphone yang satu berwarna merah itu biasanya untuk merekam dan yang satu adalah hijau itu untuk mengambil suara dan memprosesnya. Sebelumnya Anda bisa mensettingnya terlebih dahulu saat ingin menggunakan fitur fitur voice recognition karena fitur defaultnya adalah dengan menggunakan bahasa Inggris.


voice recognition Asus Zenfone 3 Max.



Baca dulu gan: Asus Zenfone 3 Max ZC553KL Harga 2 Jutaan



Fitur voice recognition ini bisa digunakan untuk membantu seseorang yang dalam keadaan tidak bisa menulis karena sedang mengemudi ataupun malah lagi malas menulis dan hal ini sangat bisa dimaksimalkan oleh para blogger dan content writer yang sedang dikejar-kejar deadline. Fitur ini juga terkadang digunakan untuk memasukkan suara menjadi sebuah perintah di dalam sebuah Smartphone seperti saat anda ingin menggunakan map untuk mencari arah dan lokasi tertentu saat perjalanan tanpa harus mengetik di Smartphone anda.

Langkah awal adalah merubah fitur bahasa menjadi bahasa yang ingin anda gunakan seperti bahasa Indonesia karena secara default atau aslinya semua smartphone Android menggunakan bahasa Inggris. Silakan masuk ke menu setting terus pilih language and input, pilih language atau bahasa rubah ke Indonesia. Selanjutnya cari yang speech dan klik text to speech output, setelah masuk silakan pilih yang install TTS voice data cari yang Indonesia dan download terlebih dahulu.


voice recognition Asus Zenfone


Langkah selanjutnya adalah setting keyboard dan pilih input language dengan tambahan bahasa Indonesia silakan dicentang. Selanjutnya Anda juga bisa memilih di keyboard tersebut toolbar setting kemudian silakan centang yang voice input Sehingga nantinya akan keluar di keyboard saat mengetik akan tampak gambar microphone dan itu nanti yang akan kita pakai.

 

Baca Pula: 20 Alasan Kenapa Asus Zenfone 3 ZE520KL Wajib Dibeli




Langkah selanjutnya adalah menyiapkan tempat untuk kita menulis seperti Microsoft Word ataupun pakai aplikasi bawaan dari android yaitu Docs. Silakan download di Google Play Namun Saya menyarankan untuk memakan aplikasi bawaan saja karena untuk microsof word akan membutuhkan waktu untuk menginstal dan mengunduh terlebih dahulu. Selain itu juga dengan menggunakan aplikasi bawaan docs mengurangi konsumsi RAM dari background HP Asus Zenfone 3 Max. sekilas saya sudah mencoba keduanya dan ternyata yang lebih responsive adalah aplikasi bawaan docs itu.

Langkah merubah suara menjadi Teks selanjutnya adalah silakan Buka aplikasi baik itu docs ataupun Microsoft Word yang sudah terinstal di HP Asus Zenfone 3 Max ZC553KL. Lanjutkan dengan mengecek menu keyboard anda dan cari tombol ataupun logo gambar mikrofon, biasanya berada di bawah kiri keyboard anda. Silakan tekan tombol tersebut dan selanjutnya akan ada tulisan text to speech dan itu berarti anda sudah berada dalam mode voice recognition. Silakan coba coba terlebih dahulu Apakah sudah bisa digunakan untuk merubah suara menjadi teks dengan aplikasi yang sudah saya utarakan di atas.






Umumnya Jika anda sudah mengikuti prosedur dan cara yang sudah saya berikan di atas maka secara garis besar seharusnya sudah bisa untuk digunakan. Namun jika belum sukses untuk menggunakan fitur voice recognition tersebut silahkan ulangi metode sebelumnya kemungkinan ada yang kurang dan belum dilakukan.

Itu tadi tips cara untuk menggunakan fitur voice recognition ke text dengan mudah dan gampang. Cara yang saya berikan di atas merupakan cara tercepat saya dan cara paling gampang menurut saya sehingga Mungkin Ada cara lain yang bisa digunakan juga. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berlangganan Facebook dan youtube channel saya.



Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4