Wednesday, December 16, 2015

Cara Memindahkan Data dari Memori Internal ke SD Card

Cara Memindahkan Data dari Memori Internal ke SD Card  memang terkadang sangat diperlukan oleh sebagian orang dikarenakan berbagai hal. Alasan yang sangat umum dan pasti adalah karena kapasitas dari Internal HP atau Smartphone Android tidak mencukupi alias sudah penuh. Padahal kenyataanya banyak sekali aplikasi yang harus di instal di Android ataupun smartphone lainnya yang membuat memori internal akan full dan low. Tentu dengan trik Cara Memindahkan file ke sd card android versi kitkat atau versi lainnya dari Aplikasi Smartphone Android berikut ini bisa dijadikan langkah tepat dalam mengatasi Memory Low di perangkat anda.


Cara Memindahkan File dari Memori Internal ke SD Card


Smartphone Android biasanya memiliki 2 memori penyimpanan yang bertujuan sebagai media dan tempat untuk menyimpan berbagai file file ataupun data yang masuk ke Ponsel Android anda. Kedua Memori tersebut adalah Memori Internal dan juga Memori Eksternal dari Smartphone. Biasanya smartphone yang berharga dibawah 1 juta atau Smartphone Low End diberikan memori minimal 512 Megabytes dan yang Menengah umumnya 8 Gigabytes keatas. Memang jika sekilas kita lihat Memory tersebut terlihat banyak dan luas, namun jangan salah ya setelah anda isi berbagai aplikasi baik itu Games ataupun Aplikasi penting lainnya bisa dipastikan semakin lama akan menyusut dan hasilnya adalah Low Memory. Solusinya jelas yaitu cukup gunakan Cara Memindahkan Data dari Memori Internal ke SD Card berikut ini.

Cara Cepat dan Mudah Memindahkan Data dari Memori Internal ke SD Card


Ada beberapa cara yang bisa digunakan bagi kalian yang ingin memindahkan data kedalam Memori Eksternal di Android. Langkah tersebut bisa dengan setting manual dan juga setting dengan bantuan software atau aplikasi lainnya. Kita ulas dulu yang pertama

Memindahkan Data Aplikasi Android secara Manual


  • Silakan masuk dulu ke Setting di Android kalian
  • Kemudian Pilih saja Aplikasi
  • Setelahnya silakan pilih saja berbagai aplikasi aplikasi yang mau dipindahkan ke Memory Eksternal dari Smartphone anda. Cari Tulisan Move To SD Card 

Cara Memindahkan File dari Memori Internal ke SD Card


Biasanya di setiap smartphone android menu setting tidaklah terlalu berbeda satu sama lain sehingga cara dan langkah diatas tergolong mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun juga pengguna Smartphone Android. Selanjunya adalah Memindahkan Data Aplikasi dan File dengan Bantuan dari Software dan Aplikasi.

Cara Memindahkan Data dari Memori Internal ke SD Card dengan Software dan Aplikasi


Cara berikut ini adalah cara lain yang membutuhkan instal dari beberapa aplikasi android yang bisa diunduh di Google PlayStore. Kita ambil saja satu contoh aplikasinya yaitu bernama Link2SD yang sangat populer karena tergolong mudah dan sudah banyak penggunanya. Aplikasi Link2SD ini bertujuan untuk Memindahkan Berbagai Data dan File baik itu Game dan Multimedia lainnya dengan cepat dan mudah. Tentunya nantinya saat berada di memori eksternal Link2SD ini akan membuat folder tersendiri. Sebelum anda menggunakan aplikasi ini sebaiknya cek dulu syarat yang harus ada di ponsel smartphone anda.

  • Smartphone wajib sudah di ROOT namun jika belum silakan cari cara ROOT dulu di Google
  • Memori Eksternal alias SD Card  wajib dipartisi. Jika memang masih belum tau cara partisinya silakan gunakan aplikasi Partition Wizard dan lakukan dengan bantuan PC ataupun Laptop.
Nah jika syarat diatas sudah terpenuhi kita bisa melanjutkan ke langkah langkah Cara Memindahkan Data ke SD Card dengan Link2sd berikut ini:

  • Instal Aplikasi Link2SD terlebih dahulu, jika belum tau ambil di Google PlayStore Link2SD
  • Buka Aplikasi tersebut dan jika ada jendela informasi akses Root ataupun SuperUser lanjutkan dan pilih Allow. Umumnya bagi Smartphone yang baru menggunakan Link2SD ini akan muncul file file seperti (ext2-FAT16/32) pilih yang sesuai dengan partisi awal. Selanjutnya silakan reboot atau restart dan buka kembali aplikasi Link2SD



  • Selanjutnya adalah proses pemindahan data dan file. Silakan pilih berbagai file file yang ingin anda pindahkan. Catatan file system tidak akan bisa dipindahkan sampe kapanpun juga.
  • Jika sudah pilih tombol Create Link


  • Setelahnya anda harus ceklist ketiga pilihan yang muncul seperti gambar berikut ini

  • Tunggu biar proses bekerja dan TADAAA, memori anda lebih lega di bagian Memori Internal dan sudah berpindah ke memori eksterna alias MicroSD Card.

Cara Memindahkan Data dari Memori Internal ke SD Card artikel diatas merupakan penjelasan mengenai tips memindahkan file data ataupun foto dari Smartphone anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa gabung di Facebook untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami. Baca pula Cara Mengatasi Game yang Keluar Tiba tiba

Related Posts

Cara Memindahkan Data dari Memori Internal ke SD Card
4/ 5
Oleh