24 C
id

Beri Saya 30 Menit Akan Saya Tunjukan Apa itu "Cloud Computing"

Ketinggalan hard disk eksternal atau flash disk, padahal ada data penting yang sedang dibutuhkan? Jawaban untuk permasalahan ini adalah teknologi cloud computing. Apa itu Cloud Computing atau dalam bahasa Indonesia Komputasi Awan ?

Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.

Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet ("di dalam awan")

Beri Saya 30 Menit Akan Saya Tunjukan Apa itu "Cloud Computing"

Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.

Sudah jelas fungsi adanya layanan teknologi Cloud Computing itu adalah kita bisa menyimpan data di dalam server dan kita juga bisa mengakses data di manapun selama masih adanya jaringan internet.

Beberapa Website yang menyediakan Layanan Cloud Computing

Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan data milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 15 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.

Apa saja yang dapat kita lakukan di Google Drive?
Kita dapat melakukan pekerjaan seperti biasa layaknya MS.Office, seperti:
  • Membuat Dokumen
  • Membuat Presentasi
  • Membuat Spreadsheet
  • Membuat Form
  • Menggambar
  • Bisa digunakan untuk menyimpan file multimedia, software, aplikasi, lagu dll.

SlideShare

SlideShare adalah layanan penyedia cloud computing dalam bentuk presentasi. Kita bisa membuat presentasi di slideshare.net. File yang bisa di upload harus dalam format: PowerPoint, PDF, Keynote or OpenOffice presentations. Jadi kita bisa melakukan presentasi di mana saja tanpa harus membawa alat penyimpanan eksternal, seperti flasdisk atau kartu SD lainnya.

Dengan adanya teknologi komputasi awan bisa mempermudah meyelesaikan pekerjaan kita dan tidak takut lagi jika ada data yang ketinggalan. Dan tentunya bisa menghemat kertas juga karena semua sudah berbasis digital. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih

Referensi:
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Bagus Prehantoro Business Enthusiast

Posting Komentar

Ads Single Post 4