24 C
id

Cara Cek IMEI HP Samsung Xiaomi Asus dan Android lainnya

IMEI merupakan salah satu tanda nomor unik yang mempunyai fungsi sebagai identitas dari suatu perangkat komunikasi yang umumnya perangkat tersebut digunakan di HP, smartphone dan tablet. Biasanya nomor IMEI dalam suatu perangkat tertentu berbeda satu sama lain dan hal itu merupakan salah satu ciri khas dari sebuah perangkat Smartphone, HP ataupun tablet yang original.

Fungsi IMEI dalam sebuah smartphone atau handphone ada beberapa yang antara lain adalah sebagai alat untuk mengidentifikasi perangkat tersebut, kemudian nomor IMEI juga bisa digunakan untuk melacak di mana posisi perangkat tersebut apabila hilang dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah IMEI bisa digunakan untuk memastikan smartphone dan HP tersebut adalah asli dan original.




Berdasarkan hal itu tentu sangat penting untuk kita semua mengenal dan tahu nomor IMEI dari smartphone dan perangkat yang kita punyai. Ada berbagai cara untuk mengecek IMEI yang pastinya bisa kita lakukan saat pertama kali membeli smartphone ataupun tablet sebelum membayarnya. Berikut ini adalah berbagai cara yang bisa kita gunakan untuk mengecek IMEI dengan cepat dan mudah. Langsung saja kita ulas panjang lebar hanya ada di Aplikasi-Android.Net


Cara Cek IMEI dengan Menggunakan Kode Dial


Metode cek IMEI dengan cara ini sebetulnya sudah bisa digunakan di semua ponsel baik itu dari HP Asus, Samsung Xiaomi, Sony, LG dan bahkan merek Evercross sekalipun. Perlu diketahui cara ini merupakan cara rahasia sebenarnya karena tidak banyak yang tahu dan biasanya hanya penjual dan pedagang smartphone ataupun tablet second yang menggunakan metode ini.


Cara Cek IMEI HP Android


Biasanya Langkah dan Cara Mengecek IMEI dengan nomor kode dial khusus tersebut memang sangat bermanfaat dan berfungsi juga untuk mencocokkan nomor IMEI dalam sistem yang ada dengan yang tertera di dalam Dusbuk. silakan tekan *#06# pada layar Handphone anda dan lanjutkan dengan klik "Call" atau "Panggil". Biasanya tidak selang beberapa lama akan keluar beragam nomor yang unik dan itulah nomor IMEI dari perangkat anda.


Cek IMEI dengan menggunakan Setting Device dan Google dashboard


Menggunakan berbagai smartphone Android tentu mempunyai banyak sekali keunggulan dan salah satunya adalah untuk cek IMEI. selain cara yang diatas dengan kode dialing maka kita juga bisa menggunakan cara berikut ini:




  • silakan buka menu setting pada smartphone Android Anda
  • silakan cari menu "About Phone" yang biasanya terletak pada bagian paling bawah
  • lanjutkan dengan klik status kemudian scroll layar atau tarik ke bawah sampai bisa menemukan tulisan nomor IMEI di perangkat. nabi dalam sebuah smartphone GSM biasanya menggunakan tulisan IMEI namun jika smartphone Anda menggunakan jaringan CDMA umumnya menggunakan nama 'MEID'
  • langkah selanjutnya adalah masuk ke browser atau media untuk browsing. Gunakan saja yang ada di ponsel Anda seperti Google chrome ataupun Firefox dan lanjutkan login ke Google dasbor yang menggunakan alamat email yang ada di dalam perangkat tersebut.
  • selanjutnya setelah login ke dalam Google dasbor lanjutkan dengan mencari icon Android. Langkah selanjutnya akan terlihat daftar berbagai perangkat yang pernah kita gunakan akan muncul di layar tersebut. cek juga IMEI yang tertulis di Google dasbor sama dengan yang sudah kita check sebelumnya. 

Cek IMEI di belakang Baterai HP


Langkah ini merupakan cara yang paling mudah dan cara manual untuk mengecek IMEI. Cara ini bisa dibilang cukup cepat dan gampang karena kita tidak perlu lagi untuk mencari dusbook ataupun menghafalkan berbagai kode-kode yang unik. berikut ini adalah bagaimana cara cek IMEI dengan menggunakan belakang baterai:






  • sebelumnya silahkan matikan smartphone Anda terlebih dahulu kemudian lepas baterai. Jika baterai Anda non-removable maka anda sebaiknya skip cara ini karena akan menghanguskan garansi resmi
  • silakan ambil dan keluarkan baterai dari dalam smartphone kemudian cek nomor IMEI yang terdapat di sana
  • lanjutkan dengan mencatat nomor IMEI tersebut dan cocokkan dengan yang ada di dusbook ataupun di dalam informasi sistem Android. 
  • Informasi mengenai nomor IMEI dan informasi lainnya terdapat disana bukan? bagian belakang baterai Handphone anda. 


BACA JUGA:


Cek IMEI melalui Dusbook Handphone


Pada dasarnya dusbook bagian luar mempunyai banyak sekali informasi yang dibutuhkan untuk mengetahui apa yang ada di dalam dus tersebut. Dusbuk Smartphone tablet dan gadget apapun umumnya terdapat informasi informasi terkait perangkat yang ada di dalamnya.





Informasi yang terdapat di dalam dus book biasanya terdapat penjelasan model dari sebuah perangkat tersebut, kemudian juga terdapat nomor IMEI yang sesuai dengan perangkat yang ada di dalamnya. Silakan di cocokkan apakah nomornya sama???

Cara memastikannya cukup simple silakan amati nomor IMEI yang ada di dusbook kemudian cek di bagian smartphone anda dengan menggunakan metode melalui pengecekan IMEI dari sistem androidnya. jika anda ingin lebih yakin bahwa IMEI di Smartphone milik anda sudah pas dan benar silakan Anda mengecek IMEI secara online baik itu melalui situs IMEI.info kemudian silakan ketik nomor IMEI anda. Nantinya akan menampilkan rincian mendetail sebuah perangkat yang teregistrasi di dalamnya.


Cara Cek IMEI di Handphone Lenovo


Bagi pengguna smartphone Android Lenovo berikut ini adalah tutorial untuk mengecek nomor IMEI yang ada pada HP dengan merk Lenovo. caranya cukup mudah silahkan ikuti langkah-langkah yang sudah kita siapkan berikut ini:




  • silakan cari menu setting atau pengaturan dan biasanya menggunakan gambar gerigi. setelah masuk kemudian silakan scroll down atau tari geser ke bawah hingga menemukan tulisan "about phone"
  • langkah selanjutnya adalah silakan klik tulisan "status"


  • lanjutkan dengan cari tulisan IMEI information untuk mengecek nomor IMEI Lenovo anda. 


  • nanti akan bisa menemukan nomor IMEI yang ada pada Smartphone Lenovo biasanya jika ponsel Anda menggunakan dual SIM umumnya akan mempunyai dua nomor IMEI yang berbeda satu dengan yang lainnya.
  • selesai

Cara Cek IMEI di HP Xiaomi


masih dalam ulasan tutorial bagaimana cara mengecek IMEI di smartphone Android. Kiita lanjutkan dengan cara mengecek IMEI pada smartphone Xiaomi. secara garis besar sebetulnya tidak jauh beda bagaimana cara mengecek IMEI pada suami karena langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • buka menu setting atau pengaturan biasanya kalau di layar ada gambar gear atau gerigi
  • lanjutkan dengan menarik layar ke bawah geser ke bawah hingga ada tulisan "about phone"
  • selanjutnya adalah klik pada tulisan status kemudian cari tulisan IMEI information
  • lanjutkan dengan mengklik tulisan IMEI dan biasanya setelah itu akan terdapat berbagai nomor-nomor unik yang muncul sesuai dengan kartu SIM Anda. menggunakan dua kartu sim maka terdapat dua kode IMEI.

Itulah tadi tutorial Bagaimana Cara Cek IMEI dari sebuah ponsel atau smartphone dan handphone Android. secara garis besar hampir sama dan serupa semua merk baik itu Asus, Samsung, Lenovo, Oppo dan Xiaomi tidak begitu jauh berbeda. Biasanya yang membedakan adalah tempat dan letak saja. Demikian informasi pada kesempatan kali ini terima kasih dan jangan lupa subscribe berlangganan sosial media dan youtube channel kami.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4