24 C
id

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis

Baterai HP cepat habis menjadi salah satu hal yang akan membuat rasa jengkel dan tidak senang para penggunanya, tak terkecuali anda bukan? memang harus diakui bahwa sebuah perangkat smartphone saat ini memang sangat penting untuk kegiatan sehari-hari. Pada kesempatan kali ini Aplikasi-Android.net akan mengulas panjang lebar mengenai bagaimana cara memperbaikinya.

cara agar baterai hp Android tidak cepat habis sebenarnya simpel dan tidak perlu menggunakan banyak aplikasi tambahan terlebih dahulu karena secara default atau aslinya kita bisa memaksimalkan supaya daya baterai lebih tahan lama. tak bisa dipungkiri siapa pun menginginkan bahwa baterai di smartphone yang kita miliki akan awet dan tahan lama bahkan kalau bisa mencapai 24 jam nonstop.

sebelum kita mencari solusi sebaiknya kita cari tahu dulu kenapa baterai yang kita miliki cepat habis berikut ini adalah jawaban yang bisa ditemui secara umum.


Baterai HandPhone Tidak Cepat Habis




Baterai HP Cepat Habis dikarenakan beberapa penyebab berikut ini yang antara lain adalah:


Pemakaian Banyak Aplikasi yang terinstal di hp juga bisa menjadi faktor habisnya baterai lebih cepat. kenyataannya terlalu sering dan berlebih-lebihan atau istilah kerennya overload dikarenakan nantinya jumlah aplikasi yang sedang berjalan bekerja bersamaan baik itu di layar dan di background. hasilnya kinerja dari aplikasi itu sendiri akan sangat membebani Handphone dan pastinya daya baterai akan disadap dengan sangat rakus

saat cahaya yang digunakan sangat terang atau di area luar rumah pastinya juga membutuhkan layar HP yang lebih terang kembali. hal ini pastinya akan membutuhkan layar dengan kontras yang lebih terang dan menjadikan baterai terkuras habis saat kita menggunakan HP di saat di luar ruangan ataupun di dengan menggunakan cahaya layar yang berlebih.


BACA JUGA:

Menggunakan charger yang berbeda yang tidak sesuai dengan standar dari HP bawaan yang akan mengakibatkan proses charging atau isi ulang daya tidak maksimal. satu contoh riil adalah ketika mencharging hp dengan colokan micro USB yang sama dan kita menggunakan charger merek lain.

Memainkan games di HP terutama game yang berat dan juga mewajibkan koneksi online secara lama dipastikan akan membuat baterai lebih cepat terkuras habis. secara umum game dengan kualitas bagus tentu membutuhkan grafis yang tinggi dengan animasi yang tinggi pula sehingga akan mengambil dan menyedot baterai lebih banyak.

beberapa sebab yang menjadi penyebab baterai HP cepat habis di atas booking ada beberapa yang sudah anda lakukan dan anda sering kerjakan. lantas bagaimana kita mengantisipasi supaya baterai HP Android kita tidak cepat habis.

Cara Mengatasi Agar Baterai HP Android Tidak Cepat Habis.


secara umum kita dapat menghemat baterai yang cepat habis menjadi lebih tahan lama melalui beberapa cara diantaranya adalah berikut ini:

  • Nonaktifkan fitur fitur yang tidak berguna pada saat-saat tertentu sehingga tidak mubadzir baterai. contoh yang bisa kita gunakan adalah fitur Wi-Fi, bluetooth dan GPS




tidak bisa dipungkiri bahwa beragam fitur fitur yang saya sebutkan diatas memang tetap kita butuhkan. Namun harus diketahui kita tidak membutuhkan setiap saat bukan?  karena hanya dalam keadaan dan kondisi tertentu saja kita akan menggunakannya. jadi sebaiknya kita menggunakan mode hemat yaitu dengan matikan fitur fitur tersebut di atas.

  • Kontras pencahayaan di layar HP yang akan membuat baterai sangat cepat habis. selain itu juga tidak bagus untuk mata penglihatan kita

kita sebaiknya menggunakan intensitas pengaturan cahaya layar yang standar saja dan menyesuaikan kondisi dan keadaan. kurangi jika memang bisa dan tentu akan membuat mata lebih nyaman menatap layar hp. selain itu juga saat di luar ruangan apalagi pada saat cahaya terik jangan terlalu sering menggunakan hp. selain menguras baterai karena kontras layar harus lebih hal itu juga berbahaya ketika dijalanan apalagi ketika berkendara

  • Kurangi penggunaan setting dan fitur bergetar atau vibrasi yang berlebihan.

getar ataupun vibrasi dari sebuah HP pastinya kan juga mengkonsumsi banyak daya baterai. sebagai contoh saat terjadi panggilan terdapat nada dering dan juga getar, hal itu dijamin menguras masa baterai lebih banyak. ya memang meskipun hal itu terkadang diperlukan namun sebaiknya pilih salah satu saja apakah anda lebih suka getar atau nada dering.

  • kurangi waktu timeout layar hp karena layar yang terlalu lama menyala juga membutuhkan daya yang cukup banyak. kurangi saja waktunya semisal hanya sekitar 2-5 detik saja
  • gunakan fitur power saving jika terdapat fitur tersebut.
  • gunakan wallpaper di layar yang standar saja, gunakan foto biasa bukan wallpaper yang bergerak atau bahkan membutuhkan animasi tertentu.

berbagai cara di atas tentu diharapkan mampu untuk mengurangi konsumsi baterai HP yang berlebihan. namun demikian memang tidak bisa dipungkiri bahwa sebuah smartphone yang mempunyai kapasitas baterai yang lebih banyak tentu akan mempunyai massa daya baterai yang lebih lama. pada saat membeli sebuah HP sebaiknya juga kita cari tahu berapa daya tampung dari baterai yang ada di handphone tersebut. demikian ulasan mengenai tips dan cara agar baterai HP tidak cepat habis yang umumnya bisa digunakan di semua merek handphone.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4