24 C
id

Cara Merubah Suara Menjadi Text di Android

Cara Mengubah Suara Menjadi Text di Android sebenarnya sangat mudah dan simple. Bahkan kenyataannya anda tidak perlu lagi menggunakan software ataupun aplikasi-aplikasi  tambahan yang akan membebani memori dari smartphone Android anda. Salah satu yang terlupakan banyak orang dan mungkin anda yang sedang baca artikel ini adalah anda tidak menggunakan fitur Google voice recognition. Padahal fitur tersebut sangat canggih dan sudah bisa digunakan untuk merekam beragam suara yang anda hasilkan menjadi sebuah tulisan atau teks yang pastinya akurat dan tepat sasaran. Kali ini www.aplikasi-android.net akan mengulas panjang lebar mengenai tips mengubah teks menjadi suara ups maaf kebalik, yang benar adalah bagaimana merubah suara menjadi tulisan di Android Anda mudah  dan cepat.


Suara Menjadi Teks Android





Aplikasi pengubah suara menjadi text di Android memang banyak sekali namun apakah anda yakin ingin membebani memori anda dengan lebih banyak lagi kapasitasnya padahal ada salah satu fitur yang sudah diberikan oleh Google terutama di OS Android ini agar supaya bisa digunakan untuk merubah suara menjadi teks tulisan yang sangat mudah untuk digunakan. Fitur tersebut bernama voice recognition yang bisa Anda lihat di bagian keyboard smartphone Android Anda. Namun sebelumnya silakan terlebih dahulu anda cek ricek OS Android sudah versi berapa? Saat penulis menggunakan mode ini adalah OS Android Marsmallow dan OS Android Lollipop. Oke mari kita lanjutkan ulasannya






Voice recognition ini biasanya  berbentuk gambar microphone yang berwarna putih. Meskipun begitu terkadang banyak para android mania yang keliru dengan fitur voice recorder yaitu rekaman suara yang berwarna mikrofon merah. Meskipun hampir mirip namun kedua fitur tersebut sangat berbeda tujuan loh karena voice recorder adalah digunakan untuk merekam suara saja, sedang voice recognition digunakan untuk deteksi suara untuk menulis dan melakukan kegiatan tertentu seperti browsing internet ataupun membuka aplikasi tanpa sentuh layar. Biasanya sih anda bisa melihat kedua fitur tersebut di bagian kanan dan kiri keyboard smartphone android anda. Lantas Bagaimana cara menggunakan fitur voice recognition ini untuk merubah suara anda menjadi tulisan di Android?


Cara Merubah Suara Menjadi Tulisan di Android dengan Fitur Voice Recognition



Langkah pertama yang wajib Anda ketahui adalah mengubah setting bahasa yang terdapat di smartphone android Anda. Secara default ataupun basic dasar smartphone Android akan berada di bahasa Inggris, dan Anda harus merubahnya terlebih dahulu menjadi bahasa Indonesia sebelum menggunakan fitur voice recognition ini karena nantinya kita akan menggunakan suara dengan nada dan logat bahasa Indonesia.  Kan tidak sinkon seandainya anda menggunakan logat Indonesia sedangkan Google Voice Recognition masih dalam setting bahasa English. Namun jika tidak percaya ya silakan dicoba saja. Yuk lanjut ke bahasan lagi


keyboard voice recognition android


Cara setting cukup simple, Anda bisa masuk setting kemudian masuk ke language ataupun bahasa dan rubah ke bahasa Indonesia.  Selain itu juga Anda bisa merubahnya dengan lebih cepat pada bagian keyboard Smartphone Android Anda. Jika keyboard yang biasanya anda gunakan buat mengetik tulisan masih standar maka akan semakin simple. Namun jika keyboard dari Smartphone android anda sudah dirubah maka kembalikan ke bentuk awal saja. Selanjutnya silahkan amati pada bagian kiri bawah disamping gambar gir biasanya terdapat tombol berbentuk mikrofon kecil. Silahkan tekan tombol berbentuk mikrofon tersebut kemudian setelah masuk pada bagian mikrofon di samping kiri ada tombol gear, tekan tombol gear tersebut dan lanjutkan setting bahasa ke bahasa Indonesia, dan jangan lupa untuk simpan.




Langkah selanjutnya untuk Merubah Suara Menjadi Tulisan Android adalah setelah sukses maka tombol keyboard anda akan berubah menjadi tombol microphone besar ditengah, silahkan anda coba coba terlebih dahulu semisal mengucapkan beberapa kata dengan menekan tombol microphone yang ada di tengah-tengah tersebut. Jika anda sudah melakukan langkah-langkah yang penulis utarakan di atas kemungkinan besar anda sudah benar dan sudah berhasil untuk merubah suara menjadi teks smartphone Android Anda. Namun seandainya belum berhasil silahkan amati video yang sudah saya buat sehingga Anda akan lebih paham mengenai langkah-langkah tersebut cek video di bawah berikut ini.


Video Cara Mengubah Suara Menjadi Teks di Smartphone Android






Video diatas sudah menjelaskan secara detail mengenai langkah dan cara untuk merubah suara menjadi tulisan dengan mudah dan cepat tanpa adanya aplikasi tambahan yang akan membebani memori di smartphone Android Anda. Kenyataannya karena lagi malas menulis makanya penulis membuat artikel ini juga menggunakan fitur voice recognition yang ada di smartphone android milik saya. Namun Tentu saja anda masih perlu untuk mengubah beberapa tulisan seperti tanda tanda titik koma dan seru dan lain sebagainya. Meskipun anda harus merubahnya tetapi aplikasi ini uppss maaf salah lagi, fitur voice recognition ini sangat membantu bantu sekali untuk mengubah teks menjadi suara dengan cepat dan akurat. Tentu bagi para blogger dengan menggunakan cara seperti ini akan sangat membantu sekali dalam menulis berbagai artikel tanpa masalah dan kendala lagi semisal sedang dalam keadaan malas menulis.

Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Tulisan di Smartphone Android bisa menjadi salah satu solusi yang cerdas bagi Anda yang memang sedang malas menulis. Penulis belum mengetahui fitur voice recognition ini sudah sangat bagus di Android versi berapa saja namun patokan yang penulis tahu dan penulis lakukan dan sudah dicoba yaitu menggunakan android versi marsmallow dan juga android Lollipop. Ya silahkan sebelumnya dicek terlebih dahulu smartphone android anda versi berapa sehingga akan lebih baik lagi dengan tujuan supaya tidak kebingungan saat melakukan setting voice recognition seandainya berbeda OS yang ada di ponsel smartphone anda. Demikian artikel mengenai tips merubah suara menjadi tulisan di Android semoga bermanfaat dan jangan lupa berlangganan kami di youtube channel dan Facebook kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari redaksi kami

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4