Asus Zenfone 4 Pro dari Spesifikasi, Harga Hingga Kelemahan

Asus Zenfone 4 Pro adalah salah satu dari Asus Zenfone 4 Series yang diluncurkan oleh vendor Taiwan tersebut bertepatan HUT ke 72 RI kemarin di Taiwan. Tak tanggung-tanggung ASUS langsung meluncurkan 6 seri Zenfone, yaitu ZenFone 4, ZenFone 4 Max, ZenFone 4 Max Pro, ZenFone Selfie, ZenFone Selfie Pro, dan ZenFone 4 Pro. Melirik seri tertinggi dari 6 bersaudara ini, kami akan ulas tentang spesifikasi, harga dan keunggulan serta kekurangan dari ZenFone 4 Pro hanya di aplikasi-android.net

Spesifikasi Asus Zenfone 4 Pro meliputi jeroan yang tangguh berupa chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 octacore. Didukung dengan RAM beukuran  6 GB. Selanjutnya tertanam pula pengolah grafis berupa GPU Adreno 540. Kombinasi ini akan memberi hasil maksimal dalam pengolahan gambar, foto maupun video. Daya tampung yang tertanam mencapai 64 GB ataupun 128GB dan mampu menerima micro SD hingga 2 TB.

Layar Zenfone 4 Pro yang lebarnya mencapai 5,5 inchi telah dilengkapi dengan teknologi AMOLED dan telah diberi pelindung layar Corning Gorilla Glass 4 yang membuat penggunanya tak akan khawatir lagi. Smartphone ini juga menjanjikan resolusi yang mendukung segala tampilan sebesar 1080 x 1920 pixels.

Ketangguhan smartphone terbaru ini masih dilengkapi dengan kamera depan 8 MP bersensor Sony IMX319 dengan F1.9 aperture. Jangan lupa dengan dual kamera belakang kamera utama 12 MP Sony IMX362 dengan bukaan F1.7 yang dilengkapi dengan LED Flash. Lengkap dengan pendukung berupa fitur laser, autofokus, OIS, dual-LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama dan HDR. Sedangkan kamera Zoom sebesar 16 MP bersensor Sony IMX351 dengan 2X Optical Zoom sehingga akan sangat pas buat fotografi jarak jauh. Kamera utama sangat mendukung untuk membuat video beresolusi tinggi hingga 4K@30fps.


Zenfone 4 Pro


Sementara itu kamera depan 8 MP dengan sensor dari Sony yang terkenal dengan kualitasnya untuk mendukung kegiatan selfie maupun video call. Meskipun belum dilengkapi dengan flash, namun kemampuan kamera ini tetap terbilang bagus.

Memiliki konektivitas dengan Wifi, bluetooth, NFC, GPS, Headphone, FM, dan support untuk 3G dan 4G. Dengan pilihan dua jalur koneksi 3G dan 4G penggunanya akan lebih leluasa mendapatkan sambungan internet di daerah yang belum terjangkau jaringan 4G. 

Dari sisi tampilan luarnya, Zenfone 4 Pro memiliki casing yang stylish dengan bahan utamanya dari metal. Dengan bahan ini maka penampilan smartphone kelas flaghsip ini makin nampak elegan, mewah dan highclass.

Asus Zenfone 4 Pro menggunakan sistem operasi (OS) Android v 7.0 nougat dengan Asus ZenUI sebagai tampilan antar mukanya. OS ini sudah mendukung berbagai fitur dan aplikasi terbaru di Play Store. 

Harga Asus Zenfone 4 Pro

Enam seri Zenfone dari ASUS ini dibanderol dengan harga yang terjangkau bagi masing-masing kelas ekonomi. Dari yang termurah di bawah 3 jutaan untuk ZenFone 4 Max. Selanjutnya varian Zenfone Selfie dibanderol dengan harga mulai Rp3,7 juta. Dan selanjutnya dua andalan termahal Zanfone 4 dan Zenfone 4 Pro dijual dengan harga mulai Rp5,3 juta dan Rp8 juta. 

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 4 Pro


Dengan sederet fitur dan perangkat pendukung yang handal, maka bisa disimpulkan bahwa gadget terbaru asal Taiwan ini memiliki bergama keunggulan. Antara lain:
  • Desain mewah, elegan dengan sentuhan full metal dengan berbagai varian warna casing yang memukau.
  • Support koneksi jaringan 4G sekaligus mempertahankan koneksi 3G. 
  • Dual SIM standby yang mendukung kemudahan komunikasi.
  • Tampilan layar jernih Super Amoled berukuran 5,5 inch dengan resolusi1080 x 1920 piksel yang diadopsi dari teknologi Super AMOLED capacitive touchscreen.
  • Berpelindung Gorilla Glass untuk keamanan layar.
  • OS Androis 7.1 dengan tampilan Asus ZenUI yang mendukung kemudahan pengoperasian smarphone ini.
  • Presesor handal, berupa  chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 dan GPU Adreno 540.
  • RAM berkapasitas 6 GB dengan memori internal 64 GB hingga 128GB siap mendukung aktivitas rekam gambar dan video beresolusi tinggi.
  • Fitur keamanannya dilengkapi dengan sensor sidik jari (fingerprint sensor).
  • Kamera belakang 12 MP plus Kamera Zoom 16 MP yang dilengkapi dengan deteksi autofocus, OIS, dan Dual-LED.
  • Kamera depan 8 MP untuk foto selfis maupun video call, mesengger maupun skype dan lainnya.
  • Kemampuan rekam gambar berkualitas 4K@30fps.
  • Slot micro USB yang mentransfer data lebih cepat dan beberapa perangkat nirkabel handal.
  • Baterai telah didukung fitur percepatan pengisian daya.

Kekurangan Asus Zenfone 4 Pro

Meskipun memiliki seabrek keunggulan dan penampilan yang memikat, namun ada yang menganggap bahwa baterai tidak bisa dibuka menjadi masalah Asus Zenfone 4 Pro karena memang pada baterainya yang non removable alias tidak bisa dilepas. Ini akan merepotkan jika HP sedang hank. Meskipun kita tetap bisa hard reset saja sih kalo menurut penulis. Selain itu kamera depan yang tak dilengkapi LED juga kurang memuaskan penggunanya meskipun hasil rekamnya terbilang bagus. Harapannya semoga segera launching di Indonesia sehingga bisa mengulas lebih detail lagi buat para android mania.