Wednesday, June 4, 2014

Video Ilusi Melawan Gravitasi Optical Illusion Dari Kokichi Sugihara

Hukum gravitasi selalu mengatakan setiap gaya yang menyebabkan benda jatuh bebas selalu menuju ke bawah. Tapi hal itu tidak berlaku pada video ilusi dari Kokichi Sugihara.

Kokichi Sugihara seorang insinyur matematika di Meiji University, Jepang. Ia berhasil menjadi pemenang pertama dan memperoleh penghargaan sebagai Best Illusion of the Year dalam kontes 2010 Best Illusion of the Year.

Ia menciptakan alat yang mampu melawan gravitasi. Alat yang populer adalah berupa empat jalur landai yang dapat membuat kelereng mampu bergulir ke atas. Keempat jalur tersebut disusun sedemikian rupa hingga bertemu di satu titik dan melawan gaya gravitasi.

Ilusi Melawan Gravitasi
Ilusi Melawan Gravitasi

Namun, hal ini bukanlah nyata melainkan hanya sebuah ilusi mata. Ia menggabungkan pandangan 2D (Dua Dimensi) dengan struktur 3D (Tiga Dimensi) melalui elemen dinamik. Susunan skala, dimensi, serta pandangan perspektif mengelabuhi pandangan bola yang melihat melawan gravitasi.

Kelereng yang seolah-olah bergulir keatas tersebut sebenarnya bergulir kebawah. Kelereng yang bergulir ke atas hanya dapat terlihat jika dipandang dari sudut tertentu. Jika dipandang dari sisi lain, kelereng tetap bergerak sesuai gaya gravitasi, yaitu bergulir kebawah.

Selain empat jalur landai tersebut, Sugihara masih mempunyai banyak alat ilusi lain yang ia ciptakan. Dan semua karyanya tercantum di dalam video di bawah ini.


Sumber:
http://nationalgeographic.co.id/berita/2011/04/lawan-gravitasi-insinyur-matematika-menangkan-penghargaan
http://ayampenyek.blogspot.com/2013/01/ilusi-graviti-bola-ke-atas-atap-kokichi.html

Related Posts

Video Ilusi Melawan Gravitasi Optical Illusion Dari Kokichi Sugihara
4/ 5
Oleh

2 komentar

June 5, 2014 at 12:08 PM delete

kebetulan ini kan udah pernah dibahas di tipi ya sob? kereen bgt tuh... intinya sih sudut pandang kita saja kan?

Reply
avatar
June 5, 2014 at 3:42 PM delete

Tidak tahu juga sih kalau udah pernah di bahas di tipi. Iya gan, kita harus benar-benar melihat dari sudut pandang yang tepat supaya bisa melihat ilusinya.

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan Bijaksana, spamming tidak akan pernah di publish