Friday, June 13, 2014

12 Tips Memfoto Ala Fotografer Profesional Dengan Kamera Smartphone

12 Tips Memfoto Ala Fotografer Profesional Dengan Kamera Smartphone berikut ini bisa menjadi salah satu cara bagi kalian untuk memaksimalkan kamera dari Smartphone dengan mudah. Memfoto menjadi hobi yang baru dikalangan anak remaja saat ini. Banyak para produsen yang menawarkan kecanggih kamera yang mereka buat kepada konsumen. Kamera DSLR salah satu kamera kebanggaan bagi mereka yang suka dunia fotografi.

Namun, harga kamera seperti DSLR harganya sangat mahal dan tidak cocok di kantong anak remaja. Tapi bagi kamu yang suka foto-foto, bisa menggunakan kamera smartphone. Kamera ponsel saat ini sudah terbilang cukup bagus dan memiliki resolusi yang cukup tinggi. Tapi tidak banyak yang bisa memaksimalkan kamera smartphone untuk menghasilkan jepretan yang bagus.

Tips memfoto dengan kamera ponsel

Berikut Tips Memfoto Ala Fotografer Profesional Dengan Kamera Smartphone

 

 

1. Kenali Karakteristik Kamera Ponselmu

Hal yang harus dilakukan sebelum memotret adalah mengenali karakteristik kamera. Seperti: seberapa besar resolusi kamera, seberapa cepat dalam menangkap gambar, apa saja fitur-fiturnya, serta kelebihan dan kekurangannya.

Mencobalah menggunakan berbagai fitur yang ada di kamera ponsel kamu, seperti white balance. exposure dan lain sebagainya. Dengan mengetahui karakteristik kamera ponselmu, kamu akan tahu bagaimana mengaturnya dan kapan harus memencet tombol shutter untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.


pixel in smartphone

2. Gunakan Kartu Memori Berkapasitas Besar

Hal yang penting dari semua kamera adalah ruang penyimpanan. Sebagus apa kameramu jika ruang penyimpanannya kecil sama saja sia-sia. Harga kartu memori MicroSD saat ini kan murah-muarah, maka dari itu gunakan kartu memori yang mempunyai kapasitas penyimpananya besar sekitar 4GB, 8GB atau 16GB keatas tinggal sesuaikan saja kemampuan ponselmu. Dengan begitu kamu bisa menyimpan hasil foto kamu sebanyak mungkin.

3. Gunakan Resolusi Tertinggi

Dengan menggunakan resolusi kamera yang paling tinggi hasil foto juga akan semakin bagus. Banyak pengguna yang hanya mengatur resolusi ponsel dengan resolusi rendah. Mulai sekarang aturlah dengan resolusi tertinggi.


Resolution Setting di Smartphone

4. Pencahayaan

Pencahayaan menjadi peran penting dalam dunia fotografi untuk menghasilkan foto yang berkualitas. Cahaya alami yang terbaik adalah cahaya dari matahari. Saat mengambil gambar perhatikan arah cahaya dan perhatikan apakah objek cukup mendapatkan pencahayaan.

5. Hindari Digital Zoom

Ini hal keliru yang paling sering dilakukan untuk menggambil gambar dekat dengan kamera ponsel yaitu menggunakan digital zoom. Penggunaan digital zoom bukannya akan mendapatkan hasil gambar yang bagus malah akan memperburuk kualitas foto itu. Karena Optical Zoom dan Digital Zoom itu sangat berbeda, yang paling bagus adalah menggunakan Optical Zoom. Namun, untuk kamera ponsel tidak mempunyai optical zoom. Jadi solusinya mendekatlah untuk mengambil objek gambar dengan jarak dekat.

6. Perhatikan Latar Belakang

Dalam memotret perhatikan terlebih dahulu latar belakang dari objek yang akan di ambil gambarnya. Jangan sampai objek latar belakang mengganggu objek utama. Kamu pasti tidak mau kan foto latar belakangnya ada tempat sampah atau yang lainnya??


Background photo

7. Aplikasi Olah Foto Digital

Dengan kecanggihan teknologi yang terus kian berkembang akan memudahkan kamu untuk mengolah hasil fotomu. Kamu bisa menggunakan filter-filter yang ada untuk menambah efek foto yang kamu ambil. Jika smartphone kamu Android, bisa menggunakan Aplikasi Lomo Camera untuk menambah efek ataupun aplikasi lainnya yang ada di Ponsel kamu.

8. Potret, Baru Edit

Saat memotret hindari menggunakan filter secara langsung, karena foto yang mentah bisa memberikan kamu keleluasan lebih untuk selanjutnya mengolah foto itu. Gunakan software pengolah gambar seperti Photoshop untuk mengolah foto, seperti mempertajam warna, menambah kecerahan foto, memotong, dan masih banyak lagi.


9. Stabilkan Posisi Saat Memotret

Sebelum menekan tombol shutter, pastikan pinjakanmu stabil untuk menghindari hasil yang blur atau kurang fokus. Parahnya ponsel kamu bisa terlepas dari tangan dan jatuh ke tanah ataupun ke air jika kamu sedang mengambil gambar dekat sungai atau kolam.


cara menstabilkan foto kamera saat selfie

10. Ambil Lebih Dari Satu Foto

Biasakan mengambil foto lebih dari satu, dua ataupun empat kali dari berbagai sudut untuk mendapatkan hasil yang bagus. Setelah itu kamu bisa menyeleksi foto dari sudut mana yang bagus.

11. Bereksperimen Sudut Pengambilan

Mencobalah untuk bereksperimen dalam berbagai sudut pengambilan foto. Bisa atas, bawah, kanan ataupun kiri dan lain sebagainya. Karena dengan bereksperimen seperti itu kamu bisa tahu dari sudut mana saja foto itu bagus untuk di potret dan juga bisa melatih insting fotografimu.

12. Bersihkan Lensa Kamera

Lensa kamera adalah hal yang penting, jangan sampai ketinggalan momen dan hasil foto jelek karena lensa kamera kotor. Biasakan selalu merawat dan membersihkan lensa dari kotoran bahkan debu sedikit pun, gunakan kain yang lembut untuk membersihkannya.

Dengan 12 Tips Memfoto Ala Fotografer Profesional Dengan Kamera Smartphone diatas kamu bisa menghasilkan foto yang bagus seperti fotografer profesional hanya dengan kamera ponsel. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus tidak bisa hanya berlatih sekali, kamu harus selalu berlatih dan berlatih.

Sumber: www.kaskus.co.id

Related Posts

12 Tips Memfoto Ala Fotografer Profesional Dengan Kamera Smartphone
4/ 5
Oleh