Asus Zenfone Max M2, Murah sih tapi Dapur Pacunya kok Mantap Abis !!!!

sebagai seorang content creator saya membutuhkan perangkat yang sesuai harapan alias pas untuk digunakan saat bekerja. saya tidak mau pemirsa YouTube saat melihat berbagai video menjadi malas dan tidak tertarik karena video yang dihasilkan terlalu goyang ataupun gambar yang dihasilkan tidak jernih. Zenfone max M2 ini sepertinya bisa menjadi salah satu perangkat tambahan yang bisa diandalkan untuk membuat video dan juga foto yang bagus dan bagus. kenapa saya membutuhkan dan seperti apa perangkat smartphone dari ASUS ini ??? yuk kita ulas panjang lebar di artikel berikut ini. 






jika dilihat dari segi kepribadian saya adalah seorang yang simpel dan gampang. Semisal jika ada jalan yang mudah kenapa harus lewat jalan yang sulit dan jika ada alat yang lebih gampang dipakai kenapa harus menggunakan alat yang sulit. jika ada suatu alat yang multifungsi kenapa hanya pakai yang minim fungsi. menjadi seorang content creator baik itu blogger dan juga youtuber, pada kenyataannya jika harus memilih antara PC dan notebook maka saya lebih memilih notebook, jika itu mirrorless atau smartphone maka saya akan lebih memilih smartphone sebagai perangkat andalan saya. alasannya jelas seperti yang anda ketahui di kalimat awal paragraf ini, simple is everything. sehingga secara garis besar buat saya smartphone adalah perangkat yang multifungsi baik itu digunakan telepon, SMS, multimedia, video editor, fotografi, gaming ataupun semua hal yang tidak tergambarkan di otak saya. 





lantas kenapa Asus Zenfone max M2???


Sebelumnya saya menggunakan Zenfone max pro M1 yang notabene sampai sekarang masih saya gunakan sebagai daily driver baik untuk fotografi ataupun videografi. saya harus akui bahwa di awal memang sempat menjadi bahan olokan bahwa kamera yang ada di zenfone max pro M1 ini kurang memuaskan hasilnya. tapi jangan salah semua perangkat ASUS itu mempunyai kesamaan ciri kalo bahasa peribahasa “Tua tua keladi” alias semakin lama semakin menjadi. Beragam masukan, kritikan dan saran dari siapapun bisa menjadi nyata di update update lanjutan dari sebuah ponsel ASUS, dan hasilnya jelas semakin baik dari sebelumnya. well yang jadi bahasan kita sekarang adalah Zenfone max M2 yang menjadi next generation Zenfone max pro M1. sekilas di ajang launching akhir tahun 2018 kemarin saya mengamati bahwa smartphone ini bisa menjadi penawar rindu untuk kamera ponsel dengan budget minimalis dengan performa maksimal baik untuk bermain game, membuat konten video dan fotografi.  Sebagai ponsel tambahan sepertinya menarik bukan???nah tanpa babibu dan bertele tele lagi inilah ulasan mengenai Asus zenfone max m2.


Bodi dan desain Asus Zenfone Max M2 ZB633KL




smartphone satu ini mempunyai desain yang hampir mirip dengan pendahulunya yaitu Zenfone max pro M1 namun dengan sedikit perbedaan yaitu lebih terlihat kekinian layar dengan notch atau tonjolan poni yang lagi trending di tahun 2018. Layar luas berukuran 6.3 inchi dengan aspek rasio 19:9 resolusi HD+ dengan  panel IPS. Selain itu juga Zenfone max M2 ini ternyata menggunakan bezel yang lebih tipis karena memang sudah mengadopsi teknologi bodi hingga ratio 88% lo guys. body belakang yang cukup kokoh karena berbahan metal dan bisa dibilang terkesan premium. sedangkan untuk frame dari ponsel baru Asus ini masih menggunakan bahan plastik, tapi jangan salah meski pake plastik masih solid dan malah bikin ga berat kalo di genggam.  Warna warni dari ponsel juga termasuk penting bagi sebagian orang dan smartphone ini bisa dimiliki dengan 3 varian warna yaitu Midnight Black, Space Blue, dan Meteor Silver.





pada bagian belakang Zenfone max M2 ini terlihat sama persis dengan Zenfone max pro M1. hal itu karena memang Smartphone ini juga menggunakan kamera ganda, LED flash, dan bahkan sensor sidik jari yang sama penempatannya dengan pendahulunya. perbedaannya adalah tulisan logo Asus yang lebih terlihat dibanding dengan pendahulunya. Sepertinya saya juga setuju jika tulisan Asus lebih tebal dan kentara karena sebelum-sebelumnya saat mereview Zenfone 5 ada yang bertanya-tanya ini smartphone apa, padahal di belakang sebenarnya sudah ada tulisan Asus yang memang nggak begitu terlihat sih aslinya.

secara keseluruhan Bodi Asus Zenfone Max M2 ini sama dengan ponsel yang juga dilaunching bebarengan yaitu kakaknya zenfone max pro m2. meski sama tetap ada yang beda yaitu ada pada bagian kapasitas baterai 4000mAh yang masih terbilang besar. kerennya meski berbaterai besar keseluruhan bodi dari zenfone max m2 ini tidak bongsor, malah terlihat tipis, ringan dan enak dipake buat aktifitas harian. oiya perbedaan lainnya adalah casing belakang juga terlihat lebih kalem dan gak selicin kakaknya zenfone max pro m2. 




jika kita amati secara mendalam Zenfone max M2 ZB633KL bagian depan terdapat LED flash, proximity sensor, LED notifikasi, ambient light sensor, lubang kamera depan, earpiece, dan layar full HD berukuran 6,3 inci dan layar bagian bawah tombol menggunakan on screen button alias tombol dalam layar.

Pada bagian Layar Asus Zenfone max M2 mempunyai Layar luas berukuran 6.3 inchi dengan aspek rasio 19:9 resolusi HD+ dan sudah berteknologi 2.5D. kualitas yang dihasilkan dari gambar tergolong oke dan warna yang diproduksi masih baik dan tajam. seharusnya layar sebesar itu wajib mempunyai fitur pengaman anti gores seperti Gorilla Glass atau sejenisnya, namun di zenfone ini sepertinya tidak ada fitur pelindung layar tersebut. solusinya ya beli pengaman layar tambahan saja jika diperlukan. kalo saya pribadi gak begitu suka dengan pelindung layar karena nanti layar terlihat lebih tebal, jadi ya dibelikan casing yang mempunyai peredam benturan cukup baik seperti silikon case ataupun malah flip case sebagai pelindung ponsel secara menyeluruh.

pada bagian atas dari zenfone max m2 ini terdapat port colokan audio 3.5 mm dan microphone. selanjutnya bagian kanan smartphone ini terdapat tombol volume naik turun dan tombol power on off. sedangkan bagian samping kiri terdapat tempat SIM card yang sudah dedicated slot karena bisa diberikan 2 simcard dan 1 microSD, microphone.

saat dibalik bagian belakang ponsel ini pojok atas kiri terdapat kamera ganda yang dibuat vertikal, dengan LED Flash di bawahnya. Fingerprint sensor dan logo tulisan Asus pada bagian tengah. Sedangkan untuk bagian bawah terdapat slot micro-USB, microphone, dan speaker.

Performa Zenfone Max M2



Software tentu sangat berpengaruh terhadap keseluruhan kinerja dari sebuah ponsel. Zenfone max M2 ini berbekal sistem operasi android oreo 8.0 dengan interface stock alias masih pure android tentu akan menghasilkan efisiensi penggunaan RAM. jika Anda bertanya apakah nanti akan ada upgrade OS dari Smartphone ini, saya bisa pastikan bahwa ya secara histori semua hp asus akan upgrade 1-2 sistem operasi selanjutnya, namun jangan tanya saya kapan itu akan terlaksana, entahlah saya juga tidak tahu. 





Saat masuk ke dalam interface Zenfone max M2 ini hampir sama dengan kakaknya Zenfone max pro m2. Anda akan menemukan lock screen dan home screen yang bisa dibuka dengan melakukan swipe keatas. seperti pendahulunya zenfone max M2 ini ternyata menggunakan sistem operasi Android pure maka berimbas pada tampilan akan terlihat sangat minimalis alias membosankan. Solusi tetap ada kita bisa mengkostumisasi atau merubahnya dengan melakukan setting pada menu tampilan, sedikit sih lumayan agak mendingan lah seperti pengaturan wallpaper homescreen, ukuran fonts dan warna layar. kalo ingin lebih keren ya bisa install aplikasi launcher tambahan saja.

aplikasi yang ditanamkan alias bloatware juga tergolong minim yaitu Facebook, Google maps, FB messenger, file manager dan Instagram. sedangkan untuk fitur keamanan ternyata di zenfone max M2 ini juga tergolong lengkap karena sudah ada face recognition dan juga sensor sidik jari. secara garis besar sistem operasi Android pure di ponsel ini akan membuat antarmuka menjadi ringan simpel dan fitur yang mencukupi. 





performa dapur pacu jelas di Zenfone Max m2 ini bisa menjadi salah satu hal yang menjadi andalan jualan pihak asus karena menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 632 berteknologi octa core kryo 250 berkecepatan 1,8 Ghz. Pada bagian RAM ada varian 3GB dan 4GB yang dimaksimalkan dengan kartu grafis GPU Adreno 506 yang sudah bisa dibilang mantap.

pada kenyataannya chipset Snapdragon 632 yang ditanamkan di smartphone Asus Zenfone Max M2 ini adalah versi mutakhir dari pendahulunya sang legend Snapdragon 625 yang dikenal mempunyai performa tinggi namun hemat daya dan tidak panas. kenyataannya dulu saya menggunakan Zenfone 3 ZE520KL yang juga menggunakan Snapdragon 625 terkesan dengan daya baterai yang awet dan tahan lama. tentunya dengan SOC Snapdragon 632 ini semakin tangguh dengan teknologi fabrikasi 14nm yang menghasilkan konsumsi baterai semakin awet dan pastinya tidak panas. selain itu juga Snapdragon 632 ini diklaim oleh Qualcomm mempunyai performa yang lebih baik hingga 40% lebih kencang jika dibanding dengan sebelumnya.

meski belum sempat review namun secara teori performa dari Zenfone Max M2 ZB633KL ini harus diakui juga termasuk mantap. Dengan berbekal aplikasi benchmark Antutu sudah bisa dijadikan patokan awal mengenai kemampuan dari smartphone satu ini yang mencapai skor lebih dari 100.000. beberapa bukti screenshot ini saya dapat dari sobat tuxlin, cek deh hasil skor tes benchmarknya.








penggunaan smartphone ini untuk gaming kekinian seharusnya tidak ada kendala yang berarti karena memang menggunakan Snapdragon 632 yang diklaim lebih baik 40% dari pendahulunya. jika kenyataannya demikian maka dulu saya pernah mereview Zenfone 3 ZE520KL untuk bermain game NFS No Limit pun juga smooth smooth aja tidak ada ngelag dan panas yang berlebihan. Berbekal hal itu maka bisa saya ambil kesimpulan Zenfone Max M2 yang notabene lebih update dengan Snapdragon 632 ini juga akan melibas beragam game game kekinian seperti PUBG, Mobile Legend, NFS No Limit, Asphalt 9 dan game kelas atas lainnya. apalagi dengan interface android stock alias android pure, dijamin makin wuss wuss performanya.

Kamera depan dan belakang Zenfone Max M2



Sebenarnya meskipun bukan smartphone fotografi namun Zenfone max M2 ini juga mempunyai spesifikasi kamera yang lumayan oke. Bagian belakang terdapat dual kamera belakang dengan resolusi 13MP bersensor BSI ⅓.06 inchi 1.12um pixel enam elemen lensa ber aperture f/1.8 yang pastinya akan bagus jika dipakai saat kondisi low light sekalipun. bagian bawah kamera disertai LED flash dan berfitur auto phase detection autofokus. 





kamera belakang kedua memang hanya mempunyai 2MP BSI sensor berlensa aperture f/2.0 yang akan menjadi sensor kedalaman. hasil penggabungan keduanya akan menghasilkan efek bokeh alias ngeblur seperti kamera dslr. Selain itu juga ternyata di Zenfone Max M2 ini sudah mendukung teknologi AI kamera alias kecerdasan buatan yang bisa mendeteksi hingga 13 skema yang berbeda seperti makanan, orang, lautan, makanan, tanaman, tulisan dan sebagainya.

baca juga


Selanjutnya pada bagian kamera depan depan alias kamera selfie dari Asus Zenfone Max M2 ini dibenamkan kamera beresolusi 8MP bersensor BSI 1.12um piksel yang juga digabung dengan lensa beraperture f/2.0 fixed fokus. terdapat pula LED flash dan kerennya kamera depan ini juga memiliki teknologi fitur beautify plus AI camera untuk foto selfie ataupun video call.

jika ditarik gambarannya dari kamera diatas seharusnya dengan kamera belakang 13MP + 2MP sudah mencukupi untuk kebutuhan standar fotografi seperti upload sosial media. jika melihat review baik dari youtuber ataupun teman teman yang sudah menggunakannya kamera ponsel ini malah bisa diacungi jempol karena beberapa bilang melebihi harapan penggunanya seperti hasil foto tajam dan baik, ataupun efek bokeh yang dihasilkan rapi dan oke. selain itu saat digunakan pada kondisi low light juga bisa diandalkan karena hasilnya juga terbilang baik meski terjadi pengurangan kecepatan fokus dari kamera di Zenfone Max M2 ini. LED flash juga berfungsi maksimal saat membantu saat kondisi cahaya kurang atau malam hari dengan baik.

kamera Zenfone Max M2 saat digunakan untuk ngeVLog mampu menghasilkan kualitas 4K UHD (3840 by 2160), 1080p FHD 30 fps, 720p HD 30fps. Terdapat teknologi 3 axis EIS alias fitur penahan goncangan saat perekaman video. menarik sekali bukan? ga perlu pake gimbalkah?? entahlah saya juga belum tau. cek video ini dulu biar ada gambaran.





saat melihat video rekaman yang dihasilkan dari ponsel Zenfone Max M2 ini baik kamera depan maupun belakang terbilang standar lah. gambar video mampu ditangkap dengan detail yang baik saat kondisi siang dan malam hari meski dalam kondisi kurang cahaya juga terbilang bagus. meskipun jika diamati lebih seksama sepertinya masih perlu dimaksimalkan untuk fitur EIS nya untuk penahan goncangan saat perekaman videonya. video saya ambil dari blogger penguasa Boyolali, wkkwwkkwkw. 


Baterai Asus Zenfone Max M2 





Jika dilihat dari Faktanya, seri Max dan keturunannya dipastikan menggunakan baterai yang jumbo dan berkapasitas besar. tentu saja Zenfone Max M2 ini juga dibekali baterai dengan kapasitas besar yaitu 4000mAh. Secara kasat mata dan teori tentu semakin banyak jumlah kapasitas baterai maka akan semakin lama daya tahan dari sebuah ponsel. Kenyataan jika diamati ternyata ponsel ini saat digunakan secara terus menerus baik itu gaming, multimedia nonton video, youtubing, sosial media aktif dan sebagainya mampu bertahan hingga satu harian. tentu jika penggunaan smartphone ini akan semakin lama jika lebih minim saat dipakai seperti yang diklaim pihak asus bahwa standby dari ponsel Zenfone Max M2 ini mencapai 33 hari. mantap gak ya kalo gitu punya hp tapi cuman dianggurin aja, kalo saya ya malah kasian hp nya lah. meskipun berbaterai besar namun sayangnya ponsel ini belum mempunyai dukungan fitur quick charge 3.0. 




Pada bagian suara yang terkadang terlupakan namun sangat penting juga ternyata sound yang dihasilkan dari zenfone max M2 ini juga terbilang oke dan mantap. Hal itu dikarenakan ponsel baru dari Asus ini telah menggunakan teknologi 5 speaker magnet dan juga amplifier NXP yang akan memberikan hasil suara yang jelas dan jernih sehingga tidak membuat telinga sakit.


Kelebihan Zenfone Max M2

●    Dapur pacu mumpuni dikelasnya
●    Slot Dedicated 2 SIM, 1 MicroSD
●    4K video recording
●    Baterai Jumbo

Kekurangan Zenfone Max M2

●    tampilan minimalis 
●    EIS video perlu dimaksimalkan

Harga Zenfone Max M2



Smartphone baru Asus ini ditujukan untuk kalangan mainstream yang banyak peminatnya dan jika melihat data diatas cukup menarik untuk dimiliki. Berdasarkan informasi yang didapat untuk menebus ponsel Zenfone Max M2 ini adalah seharga 2.299.000 untuk varian 3GB/32GB. Varian lebih tinggi dari Zenfone Max M2 yaitu 4GB/64GB dibanderol dengan harga 2.699.000

Sebagai penutup dari artikel kali ini bahwa ponsel Asus Zenfone Max M2 ZB633KL ini ditujukan untuk para gamer yang tentu saja tidak mengesampingkan pengguna smartphone fotografi. Performa yang dihasilkan mantap dengan konsumsi daya baterai yang lebih efisien sehingga ponsel semakin awet dan tahan lama saat digunakan. hasil video tergolong baik dan biasanya dengan berjalan waktu saya meyakini akan semakin bagus kualitas ponsel ini setelah melalui update berkelanjutan seperti biasanya.


Model
ZenFone Max M2 (ZB633KL)
Display, Resolution
6.3-inch HD+ (1520 x 720) All-screen display LED Backlit IPS LCD, Capacitive touch panel with 10-point multi-touch
SoC Processor
CPU
Powerful 14nm Qualcomm Snapdragon 632 Octa Core Processor
GPU
Qualcomm® Adreno™ 506 GPU               
Memory
RAM / Storage
LPDDR4 3GB RAM, 32GB ROM
LPDDR4 4GB RAM, 64GB ROM
Supports up to 2TB MicroSD, 100GB Google Drive (free 1 year)
Camera System
Rear (main)
Camera
13 Megapixel with wide aperture f/1.8
Rear (wide)
Camera
2 Megapixel for bokeh mode
Front camera
8MP, F2.0, 77.2 degree view angle with LED Flash
Camera feature
PixelMaster 4.0 camera mode: Beauty, Auto (with HDR features), Selfie Panorama, GIF Animation
AI Camera with 13 types AI Scene Detection
Wireless
WLAN 802.11 a/b/g/n, 2.4HGHz with Wi-Fi Driect / Bluetooth 4.2
Sensor
Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Gyroscope
SIM card and SD slot
Triple Slots: dual SIM, one MicroSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.
Network
FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM
Data rate:
DC-HSPA+ (DL/UL): 42/5.76 Mbps; LTE CAT 7 (DL/UL): 300/150 Mbps, 3CA support
GPS
GPS, AGPS, Glonass, BDS
OS
Pure Android 8.1 Oreo
Battery
4.000mAh capacity
Audio / Microphone
5-magnet speaker with NXP 9874 smart amplifier, Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology, FM Receiver
Size / Weight
158 x 76 x 7.7mm / 160 grams
Color
Midnight Black, Space Blue, Meteor Silver


BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Lelaki yang Mendedikasikan Hidup di Online Marketing. Blogger, Youtuber, Tukang Review, Tukang Jalan jalan. Hubungi kami untuk Kerjasama

0 Response to "Asus Zenfone Max M2, Murah sih tapi Dapur Pacunya kok Mantap Abis !!!!"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijaksana, spamming tidak akan pernah di publish