24 C
id

Tips Sebelum Memulai Menulis

Tips Sebelum Memulai Menulis Pada artikel kali ini, Saya akan membuat sebuah tips-tips yang mungkin bermanfaat bagi Kamu untuk para blogger. Para blogger tentunya memerlukan sebuah ide yang brilian untuk membuat tulisan di blognya bukan? Nah, untuk itu, agar bisa mendapatkan sebuah ide, maka Kamu harus menyegarkan otak Kamu, alias mencari referensi, mencari suasana yang rileks atau santai, suasana yang sejuk, cerah dan tentunya bukan dalam kondisi setres.

Kondisi setres? Maksudnya gila? Haha, bukan, kondisi setres itu maksudnya adalah kondisi dimana Kamu sedang ada masalah, entah itu masalah patah hati, masalah keluarga, masalah pacar yang manjanya minta ampun, dan berbagai masalah lainnya. Nah, kalau Kamu masih bingung, maka berikut ini adalah Tips Sebelum Memulai Menulis.

Baca-Baca Berbagai Referensi

Jika Kamu blogger, maka jangan sebut dirimu blogger kalau belum membaca karya tulisan blog orang lain. Biasanya, para master-master penulis jika berkarya itu sangat amazing, bisa-bisa ada seribu kata lebih bisa di tulis. Nah maka dari itu, coba Kamu carilah referensi dan baca referensi tersebut. Referensi tersebut juga bisa didapatkan dari sebuah blog, website, majalah, koran, atau yang lainnya.


Tips Menulis
Tips Sebelum Memulai Menulis
Apa tujuan mencari referensi? Tujuannya sebetulnya sangat simple, yaitu agar tata cara penulisan Kamu baik dan benar, karena jika ingin jadi penulis profesional Kita harus memahami aturan-aturan Bahasa Indonesia bukan? Salah satunya adalah EYD. Biasanya koran-koran di Indonesia itu menggunakan Bahasa EYD yang baik dan benar, bukan hanya koran, tapi website berita juga sama.

Carilah Suasana yang Mendukung

Mendukung disini maksudnya adalah suasana yang nyaman dan adem. Pengalaman Saya, kalau Kita menulis pada saat sore hari, maka banyak ide-ide yang mengantri di dalam otak Kita, jadi nantinya Kita tinggal ketik, ketik, dan ketik tanpa harus ada kata yang dihapus, hehe.

Suasana yang mendukung juga dapat membuat tulisanmu menjadi tambah perfect. Tulisan nantinya akan mencangkup point satu, yaitu tata cara Bahasa Indonesia yang baik dan benar, seperti EYD. Tapi tentu saja, sebelum itu, Kamu harus tau apa saja aturan-aturan yang ada pada EYD.

Tips  Menulis
Tips Sebelum Memulai Menulis

Kondisi Kejiwaan

Ingat, disini maksudnya bukanlah gangguan kejiwaan, melainkan adalah kondisi kejiwaanmu sedang tidak goyah, karena biasanya jika manusia memiliki masalah, maka pikiran bisa buyar, maka dari itu, Kamu perlu keluar rumah atau mencari tempat-tempat yang menurutmu enak dipandang dan sejuk.

Tips Sebelum Memulai Menulis artikel Jika sudah menemukan tempat tersebut, maka seketika stres yang ada pada kepalamu akan hilang secara perlahan, dengan begitu kegiatan menulis Kamu akan lancar jaya, hehe.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4