Wednesday, June 18, 2014

Cara Membuat Video Stop Motion

Video stop motion adalah video yang cara pembuatannya dengan menggabungkan potongan-potongan gambar yang saling berhubungan dengan gambar lainnya.

Untuk membuat video stop motion tidaklah sulit, kamu hanya membutuhkan alat-alat yang mudah di dapatkan disekitarmu. Seperti Kamera, Tripod (Penyangga), Komputer/Laptop dan Software editting video.

Untuk membuat video stop motion ini tidak membutuhkan biaya yang mahal bahkan tanpa biaya sekali pun. Kamu hanya memakai objek atau benda di sekitarmu yang akan kamu jadikan objeknya dalam film.

Untuk masalah kamera tidak perlu memakai kamera mahal seperti DSLR, cukup pakai kamera handphone atau smartphone dengan pencahayaan yang cukup bisa menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Jika pun punya kamera DSLR akan lebih bagus hasilnya.

Video Stop Motion Doraemon
Biar tidak penasaran seperti apa itu stop motion, bisa menonton video yang saya buat menggunakan kamera 3.15 MP (mega pixel) samsung galaxy young.


Yang perlu kamu lakukan dalam membuat stop motion adalah memfoto frame per frame dari pergerakan objeknya bukan merekam seperti kita membuat video biasa pada umumnya. Ini merupakan teknik animasi sederhana yang bisa kita lakukan.

Cara dan Hal yang Perlu Disiapkan Untuk Membuat Video Stop Motion

1. Siapkan skenario atau konsep cerita

Buat cerita seperti apa yang akan dibuat, tidak perlu rumit cukup sederhana saja. Seperti: balapan lalu kecelakaan, jalan-jalan, atau lainnya.

2. Siapkan objek yang akan dipakai

Dari skenario yang sudah dibuat pastinya sudah tahu objek apa yang akan dipakai. Cari dan siapkan saja objeknya.

3. Siapkan alat-alat

Alat yang akan dipakai dalam pembuatan stop motion adalah Kamera, Tripod (Penyangga), Lampu, Komputer/PC dan software seditting video. Atur penempatan alat-alatnya dan atur pencahayaannya jangan terlalu gelap dan jangan terlalu terang.

4. Pikirkan detail pergerakannya

Misal jika akan membuat cerita balapan lalu kecelakaan, kamu harus memperhatikan setiap detail pergerakkannya. Seperti efek senggol-senggolan, saling menyalip, dan efek kecelakaannya. Karena semakin detail akan semakin bagus hasilnya.

5. Mulai ambil gambar

Jika posisi dan pergerakan sudah pas persiapannya maka segeralah melakukan pengambilan gambar sesuai adegan yang ada dalam skenario yang sudah di buat. Ambil gambar satu, dua, tiga, dan seterusnya sampai selesai adegannya.

6. Transfer gambar ke komputer/laptop dan Edit

Transfer semua gambar ke komputer/laptop dan segera melakukan editting dan penggabungan gambar menjadi satu adegan yang utuh. Gunakan software editting yang sudah kamu kuasai, entah itu menggunakan Camtasia Studio, Adobe After Effect, Movie Maker atau iMovie pada Mac.

7. Tambahkan musik latar belakang dan musik efek

Setelah semua penggabungan gambar sudah selesai, tambahkan musik latar belakang untuk menambah suasana dalam film lebih keren dan jangan lupa musik efek. Misal efek tabrakan, efek bunyi mesin dan lainnya.

8. Review dari awal sampai akhir

Setelah semuanya selesai, lakukan review sebelum melakukan rendering video untuk melihat apa saja yang kurang, entah itu musik efeknya kurang pas atau hal lainnya.

9. Rendering video

Hal yang terakhir adalah memproduksi atau me-render video menjadi format yang bisa dikenali disemua perangkat gadget, MP4 ataupun 3GP. Saran render-lah ke format MP4 karena lebih bagus dari pada 3GP.

Untuk pertama kali membuat video stop motion memang hasilnya belum terlalu bagus. Tapi, dengan latihan terus menerus akan menghasilkan video yang bagus. Kamu bisa menonton video-video lainnya di youtube, bisa juga untuk bahan referensi kamu. Jangan lupa upload di youtube hasil kreasi kamu, supaya banyak yang nonton.

Related Posts

Cara Membuat Video Stop Motion
4/ 5
Oleh