Monday, March 10, 2014

7 Tips Cara agar Smartphone Android Tidak Terkena atau Terjangkit Virus

Di masa sekarang ini, virus atau program jahat tidak asing lagi. Melihat saat ini kebutuhan internet sudah hampir menjadi kebutuhan pokok gadget seperti smartphone.

Tidak di pungkiri bila banyak yang menggeluhkan kalau ponsel mereka terkena virus atau malware. Hal ini bisa terjadi karena makin tergantungnya manusia dengan internet. Padahal, internet inilah yang jadi sarana penularan malware tersebut pada perangkat.

Namun, untuk mengatasinya bukan berarti pengguna gadget harus menjauh dari internet. Masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar perangkat aman dari gangguan malware dan sejenisnya.

7 Cara agar Smartphone Android Tidak Terkena atau Terjangkit Virus

1. Instal Aplikasi dari Sumber Terpercaya

Selain toko aplikasi resmi Google Play, masih banyak toko aplikasi lain. Dan perlu di sadari, bahwa alternatif ini juga rawan menjadi sarang malware yang siap menghantui perangkat Anda. Sebaiknya pilih toko aplikasi dari Google Play, Samsung Apps, ataupun vendor resmi dari perangkat kamu. Setidaknya keamanan aplikasi di sini masih lebih terjamin.
7 Tips Cara agar Smartphone Android Tidak Terkena atau Terjangkit Virus

2. Hati-hati Menginstal Aplikasi dari Sumber Lain

Kita harus benar-benar selektif dalam menginstal aplikasi ataupun game di luar pasar aplikasi resmi. Kita tidak tahu apakah apps itu aman atau tidak. Berbeda dengan jika kita menginstalnya dari toko aplikasi resmi, karena toko aplikasi sudah melakukan seleksi dan memeriksa aplikasi yang masuk sebelum akhirnya bisa di tampilkan di toko aplikasinya.

3. Hindari Aplikasi Mencurigakan dan Bajakan

Ingatkah dulu saat pertama kali blackberry mengumumkan akan meluncurkan bbm untuk android dan ios? Dan saat itulah banyak aplikasi BBM palsu yang juga ikut beredar di Google Play. Hal ini menandakan bahwa pasar aplikasi terpercaya pun kadang bisa kebobolan oleh aplikasi yang bisa jadi berbahaya tersebut.

Selalu perhatikan aplikasi apa dan dari developer siapa yang akan kamu pasang pada perangkat Android kamu. Jika dulu banyak beredar bbm palsu, kalau kamu jeli memperhatikan developer resminya, yaitu Blackberry Limited, maka kamu tidak akan terjebak pada aplikasi palsu. Dan selalu baca dulu review di internet sebelum memasangnya.

4. Pasang Antivirus

Antivirus memang masih menjadi peran penting dalam sistem keamanan sebuah perangkat. Banyak antivirus terbaik yang bisa kamu cari di google play. Namun tidak ada salahnya jika kamu membaca reviewnya sebentar di artikel 5 Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Android. Penggunaan antivirus sangat di rekomendasikan pada android yang sudah di root.

5. Jangan Root Android

Jangan melakukan rooting android. Jika kamu melakukan rooting pada android, berarti kamu membuka celah terhadap virus itu agar bisa masuk ke sistem android kamu yang lebih penting. Virus bisa leluasa mengobrak abrik sistem dan mencuri data kamu tanpa adanya batasan hak akses.

6. Jangan Sembarangan Menggunakan Wifi Umum

Berselancar di internet dengan koneksi wifi umum apalagi yang berhubungan dengan data, itu sangat bahaya sekali. Para hacker bisa dengan mudah mengambil data kamu dari jaringan wifi yang sama.

Apalagi kamu melakukan login akun jejaring sosial atau e-banking. Data kamu itu ibarat data yang berterbangan di udara, tinggal hacker saja bagaimana caranya bisa mengkap data kamu.

Solusinya, hindari penggunaan jaringan wifi umum apalagi yang unencrypted (jaringan wifi yang open). Namun bila pilihan jaringan hanya wifi open, lebih baik menggunakan aplikasi tambahan untuk keamanan koneksi wifi seperti SSH Tunnel. Aplikasi ini bisa menciptakan koneksi yang aman antara perangkat handset Android kamu dengan server jaringan wifi unencrypted.

7. Gunakan Aplikasi Keamanan Khusus Perangkat Android Kamu

Selain waspada saat menginstal dan membuka link tertentu, kamu disarankan untuk juga menginstal aplikasi keamanan untuk ponsel. Trend Micro Mobile Security for Android misalnya, bukan saja mengamankan password yang kita miliki, tapi juga semua data transaksi mobile banking kita.

Perawatan dan pencegahan lebih baik dari pada mengobati. Itu juga berlaku untuk gadget kita, maka dari itu kita harus hati-hati dan bijak dalam menggunakannya. Jika tidak data kita sendiri yang akan menjadi korban. Ingat, data lebih penting dari pada perangkat itu sendiri.


Referensi:
  • http://www.merdeka.com/teknologi/5-cara-agar-smartphone-android-tak-kena-virus/perbaiki-pengaturan-keamanan-perangkat.html
  • http://tekno.kompas.com/read/2012/03/19/1001568/tips.amankan.tablet.android.dari.serangan.virus

Related Posts

7 Tips Cara agar Smartphone Android Tidak Terkena atau Terjangkit Virus
4/ 5
Oleh