Thursday, January 16, 2014

Komputer terhebat pun tak bisa kalahkan ciptaan Tuhan

Tiap hari, teknologi ciptaan manusia makin modern dan pintar saja. Namun, kepintaran buatan manusia ini rupanya masih belum bisa mengalahkan ciptaan Tuhan.

Seperti dilansir oleh Live Science (14/1), para peneliti dari Forschungszentrum Jlich, Jerman dan Okinawa Institute of Science and Technology Graduate University, Jepang menemukan bahwa teknologi sehebat supercomputer pun belum bisa mengalahkan otak manusia yang notabene merupakan ciptaan Tuhan. Padahal, supercomputer ini memiliki RAM sebesar 1,4 juta GB dan dilengkapi prosesor 700 ribu core.

Para peneliti mencoba mensimulasikan cara kerja otak dalam komputer yang sangat hebat tersebut dalam supercomputer bernama K. K yang merupakan supercomputer terhebat ke-4 sejagat diminta untuk memeragakan kerja 1,73 miliar sel saraf dan menjalankan lebih dari 10 triliun sinapsis. Hasilnya, K butuh waktu 40 menit padahal otak kita biasa melakukan hal ini hanya selama 1 detik saja.

Otak Manusia
Yang juga mengejutkan, kerja seperti itu dianggap oleh otak manusia sebagai pekerjaan biasa. Dalam artian lain, K harus bersusah payah untuk melakukan pekerjaan yang memeragakan hanya 1 persen saja cara kerja otak manusia.

Hasil penelitian ini sendiri kemudian dijadikan acuan oleh para peneliti untuk terus mengembangkan komputer superhebat yang pernah ada di dunia. Harapannya, nantinya ciptaan manusia ini mampu setara dengan ciptaan Tuhan tersebut.

Dengan begitu, beberapa penyakit yang berhubungan dengan otak manusia akan bisa diteliti. Hal ini yang masih jadi masalah hingga sekarang karena belum adanya simulasi yang tepat untuk menggambarkan bagaimana kinerja otak manusia sesungguhnya.

Sumber: merdeka.com

Related Posts

Komputer terhebat pun tak bisa kalahkan ciptaan Tuhan
4/ 5
Oleh