Sunday, May 5, 2013

Musuh Terbesar Seorang Blogger

Musuh Terbesar Seorang Blogger - Menjadi seorang blogger profesional ternyata tidak mudah yang kita pikirkan. Banyak hal cobaan yang harus di hadapi, namun semua itu tidak mudah seperti membalikan telapak tangan.
Blogger pun juga punya musuh terbesar dalam hidupnya, musuh di sini bukan musuh yang nyata. Bukan musuh yang bisa kita hajar jika ada di depan kita.

Musuh yang saya bahas di sini adalah musuh yang ada di dalam diri kita. Ini adalah musuh yang selalu saya alami. Mungkin teman-teman blogger juga pernah apa yang saya alami.

Saya akan merangkum semua musuh-musuh saya di postingan kali ini, berikut Musuh Terbesar Seorang Blogger:

1. Malas

MalasMusuh yang pertama adalah Malas. Sobat blogger semua pasti juga merasakan apa yang di namakan kemalasan. Kemalasan sudah seperti penyakit yang terjangkit kepada diri kita. Tidak kenal muda, tua, anak-anak semuanya pasti akan merasakan kemalasan. Ketika kita pertama kali membuat blog mempunyai semangat yang menggebu-gebu, semangat dalam mencari template blog yang sesuai, semangat mengunjungi blog, semangat membuat postingan. Tapi semua itu tidak bertahan lama, dimana ketika kita telah mencapai titik jenuh itulah kemalasan akan datang dan akan menjangkit diri kita. Tidak banyak yang dapat melawannya, termasuk saya sendiri. Ketika saya menulis artikel ini, sebenarnya saya malas. Tapi saya mencoba untuk melawan kemalasan. Dengan cara langsung bertindak, jangan terlalu banyak berpikir. Karena terlalu banyak berpikir tidak akan menghasilkan apa-apa, hanya kemalasan yang akan menghantui kita. Tidak hanya bertindak saja, tetapi harus mempunyai motivasi. Dan motivasi saya adalah tidak akan mengecewakan pengunjung blog ini. Dengan motivasi itu saya bisa terus membuat postingan yang bermanfaat untuk pengunjung blog ini. Dan yang ketiga adalah komentar dan pertanyaan dari pengunjung blog. Pertanyaan dan komentar juga menentukan kualitas postingan kita. Jika kita sudah membuat postingan begitu banyak dan tiada komentar maupun pertanyaan dari pengunjung maka itulah kita akan merasakan kemalasan. Jadi kalau bisa sih berkomentar dan bertanyalah, supaya si penulis juga bisa berpikir keras untuk menjwab pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung, karena itu bisa menjadi suatu tantangan. Kalau sobat semua bagaimana dalam melawan kemalasan itu??

2. Bimbang

Musuh yang kedua adalah Bimbang. Setelah blog sudah di buat dan artikel sudah di posting, muncul suatu kebimbangan. Bimbang  yang saya alami di sini adalah bimbang dalam judul blog sendiri. Ketika judul blog sudah terkenal, pasti kita ingin menggantinya dengan alasan supaya lebih komersil memiliki nilai jual. Itulah yang saya alami terhadap blog saya yang dulu Blogger Klaten, karena nama blogger klaten saya rasa lebih cocok untuk nama blog yang dalam bentuk komunitas. Tapi blog saya bukan blog komunitas, lalu saya ganti dengan nama Blogger Panda, karena saya ingat Google Panda jadi saya ikut-ikutan saja. Tentu saja ada resikonya dalam mengganti-ganti nama blog. Pengunjung blog kita bisa turun drastis, bisa di abaikan mesin pencari terutama Google. Dalam menentukan nama blog kita harus benar-benar berpikir matang. Seperti kita memberi nama seorang anak. Jangan sampai nama anak kita kelak hanya asal-asalan, lalu kita ganti dengan alasan kurang komersial tidak memiliki nilai jual, emang dagangan harus memiliki nilai jual. Apalah arti sebuah nama, kata-kata itulah yang ada di benak saya saat ini. Nama juga memiliki arti dan makna tersendiri dengan harapan menjadi apa yang di harapkan. Google juga pernah berganti nama dari Googol menjadi Google. Karena alasan kurang komersial dan kurang memiliki nilai jual.

3. Suka membanding-bandingkan

BimbangMusuh yang kedua adalah Suka Membanding-bandingkan blog sendiri dengan blog orang lain. Rumput tetangga memang lebih hijau dari rumput sendiri, pepatah itulah yang cocok untuk saya. Terkadang kita ketika berkunjung ke blog lain pasti akan muncul sifat kita, yaitu membandingkan. "Blog ini lebih sederhana namun keren, Blogku keren namun berat" "blog ini loadingnya cepet, blogku loadingnya lama" itu yang selalu muncul ketika saya berkunjung ke blog lain. Lalu saya mengganti template saya lebih simple lagi. Belum puas ganti lagi. sudah tiga kali saya ganti template, sampai templatenya rusak. Ada kode script yang tertinggal yang error. Lalu saya ganti blog sekalian dengan nama bari sekalian yaitu Aplikasi Android. Dengan harapan bisa menjadi lebih baik dari blog sebelumnya. Bagaimana dengan artikel-artikelnya? semua artikel yang ada Blogger Panda saya pindah ke blog AIKON MEDIA. Jika anda berkunjung di blogger panda anda akan menemukan artikel yang sama di blog ini. Kok namanya AIKON ?? apa artinya?? sebenarnya tidak mempunyai arti khusus. Tapi dengan harapan semoga blog ini bisa menjadi iconnya IT. AIKON dibaca bhs. inggris "icon", tapi jika di baca terbalik AIKON menjadi NOKIA. Nama ini saya dapat dari hp Nokia saya, lalu saya baca terbalik menjadi aikon. Dan ketika didaftarkan keblogger dengan nama aikon tidak bisa, lalu saya tambahin dengan media menjadi Aikon Media. Dengan harapan bisa menjadi icon media IT. maaf tidak nyambung.. hehe

Postingan ini berdasarkan pengalaman saya pribadi. Bagaimana menurut sobat semua mengenai artikel Musuh Terbesar Seorang Blogger, apakah sobat juga pernah mengalaminya?? Semoga postingan ini bermanfaat untuk sobat semua. Terima kasih sudah membaca artikel yang cukup panjang dan nyleneh ini.  :)

Related Posts

Musuh Terbesar Seorang Blogger
4/ 5
Oleh