24 C
id
loading...

Cara Cek Pemilik Domain Dengan Mudah

Domain adalah salah satu komponen pada dunia internet, khususnya untuk bisnis. Dengan memiliki nama domain yang unik, bagus dan mudah diingat maka website dari suatu perusahaan atau perseorangan akan lebih mudah dikenali oleh pengguna internet.

Dalam suatu kondisi seseorang akan mengecek pemilik domain, hal ini bukan tanpa alasan. Ada beberapa alasan seseorang mencari informasi siapa pemilik website untuk beberapa tujuan penting, salah satunya adalah menggali informasi sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan kerja sama dengan pemilik blog.

Lalu bagaimana cara cek pemilik domain dengan mudah dan cepat? Anda dapat menggunakan layanan WHOIS, yakni berasal dari kata who is yang artinya siapakah. Dengan layanan ini Anda dapat mengetahui sejumlah informasi mengenai domain serta pemiliknya.

Cara Cek Pemilik Domain

Menggali informasi pemilik suatu domain sangatlah mudah, yang diperlukan hanyalah gadget atau perangkat dan koneksi internet. Bahkan, hal ini juga bisa dilakukan oleh kaum awam yang tidak begitu mengerti internet, ya dengan syarat memiliki koneksi internet dan sebuah gadget.

Setiap mendaftarkan nama domain, Anda harus memberikan semua informasi relevan yang dibutuhkan, sehingga dari sinilah seseorang akan dengan mudah mengetahui informasi siapa pemilik domain tersebut. Terdapat cukup banyak situs yang dapat digunakan untuk melakukan hal ini, salah satunya yang cukup populer adalah WHOIS.

Melalui situs ini Anda bisa mengetahui beberapa informasi seperti alamat, nama pemilik, IP Address yang ada di internet. Semua data yang ada akurat serta dapat dijadikan referensi oleh para pencari informasi. Nah, adapun cara cek pemilik domain melalui WHOIS yaitu:

1.     Siapkan nama domain yang ingin Anda ketahui siapa pemiliknya.

2.     Kemudian, masuk situs WHOIS.

3.     Jika sudah berhasil, maka Anda akan dibawa ke halaman utama situs, masukkan nama domain yang ingin Anda ketahui informasinya pada kolom pencarian yang telah tersedia. Kolom ini terletak pada pojok kanan atas jendela WHOIS.

4.     Pastikan terlebih dahulu nama yang dimasukkan benar, klik icon WHOIS atau tap Enter.

5.  Tunggu hingga proses loading selesai, ini hanya akan berangsur sebentar. Tidak lama kemudian, sejumlah informasi seputar alamat domain tersebut akan ditampilkan pada layar perangkat Anda.

6.     Gunakan informasi yang ada secara bijak sesuai kebutuhan Anda. Selesai.

Perlu Anda ketahui, tidak semua domain bisa Anda cari tahu semua informasinya, untuk perusahaan tertentu mereka akan mengaktifkan fitur WHOIS protection untuk menjada privasi informasi dari brand atau perusahaan terkait.

Situs Cek Pemilik WHOIS

WHOIS bukanlah satu-satunya situs yang dapat Anda kunjungi untuk mencari tahu siapa pemilik dari suatu nama domain. Terdapat beberapa rekomendasi situs yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan tersebut, antara lain:

-        All Whois

-        Whois.net

-        Whois Niagahoster

-        Better Whois

-        Whois-search.com

-        Easywhois.com

-        Networksolution.com/whois

-        Domainhelp.com

-        Whois.com

-        Who.is

-        Whois.domaintools.com

-        Dan lain sebagainya.

Yang Dilakukan Setelah Cek Pemilik Domain

Kini Anda sudah berhasil mencari tahu informasi seputar domain dan siapa pemilik. Lantas hal apa yang selanjutnya bisa dilakukan? Nah, Anda tidak perlu bingung, simak saja tipsnya berikut ini:

1.     Melakukan Negosiasi dengan Sang Pemilik

Cek pemilik domain juga bisa dilakukan ketika hendak membuat domain dan Anda harus memastikan ketersediaannya terlebih dahulu. Terkadang nama yang Anda inginkan sudah dimiliki oleh pihak lain, namun bagaimana jika Anda tetap menginginkan domain dengan nama tersebut?

Tidak masalah, Anda masih bisa mengupayakannya dengan bernegosiasi kepada pemilik domain, silahkan hubungi sang pemiliki melalui nomor telephone ataupun email yang tersedia. Kemudian sampaikan niatan Anda untuk membeli nama domain tersebut.

2.     Beli Domain dengan Ekstensi Lain

Jika langkah di atas belum berhasil dan Anda masih tetap menginginkan domain dengan nama yang sama, Anda dapat membeli domain yang baru dengan nama yang sama namun ekstensi yang berbeda.

3.     Menggunakan Layanan Whois Protection

Menggunakan domain dengan nama yang diinginkan sudah berhasil Anda lakukan. Nah, untuk menjaga privasi informasi Anda sebagai pemilik domain, telah tersedia layanan Whois Protection yang dapat menyembunyikan informasi domain anda kepada pengguna lain. Adapun langkah – langkah yang harus dilakukan yaitu :

-        Silahkan masuk ke member area penyedia domain dan hosting Anda.

-        Pilih menu Hosting & Domain kemudian pilih demain yang Anda kelola dan tap kelola.

-        Selanjutnya yaitu pilih menu Whois dan tap Aktifkan.

-        Jika sudah, akan muncul popup konfirmasi maka klik Ya untuk melanjutkan.

-   Terakhir, akan muncul besarnya tagihan yang harus dikeluarkan agar dapat menikmati layanan ini. Segera lakukan pembayaran sesuai dengan tagihan yang diperoleh.

-    Konfirmasi pembayaran melelaui tautan yang dikirim di email. Lakukan konfirmasi ke tim customer services agar layanan segera diaktifkan.

Cek pemilik domain bisa dilakukan melalui beberapa situs yang tersedia, berbagai informasi dapat Anda peroleh di dalamnya, seperti tanggal register dan expired domain hingga email dan nomor telephone pemilik domain juga bisa Anda peroleh.

 

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4