24 C
id

Kenapa Lebih Mudah Mengingat Username Ketimbang Password?

Pernahkah mengalami lupa password ketika mau login ke suatu situs? Pasti pernah. Apalagi jika mempunyai banyak akun seperti sosial media Facebook, Twitter, Instagram, Path, Email, dan lainnya. Pasti tak jarang yang mengalami lupa password.

Tapi anehnya, kenapa kita cenderung lebih mudah ingat Username dari pada Password-nya? Berikut penjelasan menurut opini saya sendiri yang berjam-jam sudah saya analisa. Hahaha...

Username

Username atau dalam bahasa Indonesia adalah nama pengguna. Kenapa lebih mudah ingat username? Karena username adalah nama pengguna yang sifatnya tidak begitu sensitif ketimbang password. Dan kebanyakan orang mendaftarkan username dengan nama yang mudah diinget atau nama yang sudah mereka bikin atau yang sering mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Lupa password

Contohnya seperti nama sendiri, nama pacar, nama panggilan sayang, atau nama tokoh-tokoh idola. Maka dari itu username mudah di ingat ketimbang password.

Password

Merupakan kata sandi yang sifatnya sensitif. Maksudnya yang boleh tahu tentang kata sandi itu ialah hanya dirinya saja. Lalu kenapa kita sering lupa password?

Karena password itu sifatnya sensitif maka dari itu kita tidak boleh membuat kata sandi hanya dengan asal-asalan. Jika membuat kata sandi dengan data-data yang umum seperti nama, tanggal lahir, tanggal jadian, atau data lain yang sudah diketahui orang lain maka kata sandi itu sudah di pastikan tidak aman.

Maka dari itu banyak situs-situs yang memberikan peraturan ketat kepada mereka yang akan membuat password, seperti minimal karakter, kuat-lemah password, kombinasi karakter, dan besar kecil huruf. Sehingga hal itu dianggap menyulitkan mereka, karena harus memenuhi persyaratan tersebut untuk bisa membuat password.

Maka tak jarang yang mengalami lupa password yang dikarenakan mereka menganggap kata sandi yang mereka buat asing yang belum pernah terpikirkan selama hidupnya. Sehingga lupa password permasalahan login yang sering kita alami.

Lalu bagaimana agar kita tidak Lupa Password ataupun Username? baca Cara menanggulangi lupa password.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Bagus Prehantoro Business Enthusiast

Posting Komentar

Ads Single Post 4