24 C
id

4 Penemuan Besar Yang Mengubah Dunia

Penemuan di berbagai bidang, seperti Listrik, Transportasi, Telekomunikasi, Komputasi, dll sumbanganya sangat besar dalam mengubah wajah dunia.

Berkat penemuan di berbagai bidang inilah, jarak yang jauh menjadi dekat, waktu yang lama menjadi singkat, gelap bisa dibuat terang.


Inilah 4 Penemuan Besar Yang Mengubah Dunia:

1. Listrik

Penemuan Besar Yang Mengubah Dunia

Listrik yang sangat berpengaruh besar dalam kehidupan ini, ditemukan oleh Seorang Fisikawan Inggris William Gilbert menciptakan istilah baru electricus untuk merujuk pada sifat penarikan benda-benda kecil setelah digosok. dan tertuang dalam karyanya tahun 1600 De Magnete.

William Gilbert
Awal mulanya sebuah  batu Ambar dapat menarik benda-benda kecil setelah digosok-gosokkan dengan bulu hewan atau kain sutra, ini menjadi bahan pemikiran Orang Yunani Kuno. Ini merupakan fenomena adanya listrik yang sekarang Dunia menyebutnya Listrik Statis.


2. Bola Lampu

Thomas Alva Edison

Lampu yang saat ini kamu gunakan untuk menerangi rumah, meja belajar dll, itu semua berkat Thomas Alva Edison kebangsaan Amerika Serikat. Ia adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting, salah satunya lampu yang membuat wajah dunia begitu indah ketika malam hari.

Ia lahir 11 Februari 1847 – meninggal 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun. Dalam tahun 1879 ia berhasil menemukan lampu listrik kemudian ia juga menemukan proyektor untuk film-film kecil. Edison dipandang sebagai salah seorang pencipta paling produktif pada masanya, memegang rekor 1.093 paten atas namanya.

Kata Bijak:
Jenius adalah 1 % inspirasi dan 99 % keringat. Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras.
Keberuntungan adalah sesuatu yang terjadi ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan.
Saya tidak patah semangat, karena setiap usaha yang salah adalah satu langkah maju.
Informasi lebih lanjut baca di http://id.wikipedia.org/wiki/Thomas_Alva_Edison

3. Pesawat Terbang

Wright Bersaudara

Penemuan kali ini di bidang Transportasi Udara, dulu ketika kita mau berpergian jauh keluar kota atau propinsi kita harus naik transportasi darat yang bisa memakan waktu berjam-jam. Tapi sekarang tidak lagi, kita bisa pergi jauh hanya hitungan menit atau jam. Ini berkat penemuan Wright Bersaudara.

Terdiri dari dua orang adik beradik, Orville Wright (19 Agustus 1871 - 30 Januari 1948) dan Wilbur Wright (16 April 1867 - 30 Mei 1912), secara umum dihargai atas desain dan perancangan pesawat terbang efektif pertama, dan membuat penerbangan terkendali pertama menggunakan pesawat terbang bermesin yang lebih berat daripada udara.

Informasi lebih lanjut baca di http://id.wikipedia.org/wiki/Wright_Bersaudara

4. Komputer

Charles Babbage

Komputer sebagai alat cerdas yang dapat melakukan berbagai hal, seperti menghitung, mengolah data dll. Itu berkat Charles Babbage, yang lahir 26 Desember 1791 – meninggal 18 Oktober 1871 pada umur 79 tahun. Ia adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram.

Sejarah Komputer diawali ketika Penemu Inggris Charles Babbage menyelesaikan prinsip-prinsip pemakaian umum komputer digital seabad penuh sebelum perkembangan besar-besaran mesin hitung elektronik terjadi. Mesin yang dirancangnya, yang diberinya nama "mesin analitis" pada pokoknya mampu melaksanakan apa saja yang bisa dilakukan kalkulator modern (meski tidak sama cepatnya, karena "mesin analis" bukanlah dirancang untuk bertenaga listrik).

Mesin diferensial ciptaan Babbage
Bagian dari mesin diferensial ciptaan Babbage yang dirakit oleh putra Babbage setelah kematiannya, bagian-bagian ini ditemukan di laboratoriumnya.

Berhubung teknologi abad ke-19 belumlah cukup maju, Babbage tidak sanggup merampungkan konstruksi "mesin analis" itu. Sesudah matinya, gagasan itu di lanjutkan oleh Howard H. Aiken pada tahun 1937. Bekerjasama dengan IBM, Aiken sanggup membuat Mark I, komputer pertama untuk segala keperluan. Dua tahun sesudah Mark I dioperasikan (1946), kelompok insinyur dan penemu lain menyelesaikan ENIAC, mesin hitung elektronik pertama.

Informasi lebih lanjut baca di http://id.wikipedia.org/wiki/Charles_Babbage dan http://tokoh-ilmuwan-penemu.blogspot.com/2009/07/penemu-komputer-pertama.html

Itulah 4 Penemuan Besar yang Mengubah Dunia yang bisa di rangkum di blog ini. Semoga kita bisa menghargai hal terkecil di sekitar kita, karena dari hal terkecil itu kita bisa membuatnya menjadi besar, seperti penemuan-penemuan diatas.

Sumber: id.wikipedia.org
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Bagus Prehantoro Business Enthusiast

Posting Komentar

Ads Single Post 4