24 C
id

Cara Membuat Text Area di Blog

Cara Membuat Text Area atau area text ternyata mudah sekali.
Anda hanya memasang beberapa kode saja di postingan, text area sudah jadi.
Fungsi Text Area adalah biasanya untuk meletakkan kode-kode html, seperti kode memasang widget berlangganan subscribers keren di blog, cara memasang widget histats di blog dan tutorial lainnya. Biasa text area berbentuk kotak.


Bagaimana cara membuat text area/area text di blog? Berikut Cara Membuat Text Area di blog:

Biasanya hanya seperti ini


Kodenya :

<textarea>Tulisan yang mau di tulis atau kode Html</textarea>

Text Area
Sebenarnya sama saja namun bentuk, cara penggunaan dan fungsinya bisa berbeda. Saya akan share bentuk yang lain, seperti:



Kodenya:
<div align="center"><textarea cols="30" name="code" rows="3">Tulisan yang mau di tulis atau kode Html</textarea></div>

Text area dengan tombol highlights




Kodenya:
<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Pilih Semua" /> </div><div align="center"><textarea cols="30" name="txt" rows="5" wrap="VIRTUAL">Tulisan yang mau di tulis/ kode Html</textarea></div></form></div>

Langsung blog tulisan saat diklik



Kodenya:
<div style="text-align: center;">
<textarea cols="25" onclick="this.focus(); this.select();" rows="3">Contoh Text Area otomatis memblok semua tulisan saat di klik</textarea></div>


Text area saat mouse di arahkan langsung memblok tulisan

Kodenya:

<div style="text-align: center;">

<textarea cols="25" onmouseover="this.focus(); this.select();" rows="3">Contoh Text Area saat mouse di arahkan langsung memblok tulisan</textarea></div>


Keterangan:
  • ROWS ( tinggi kotak teks area ), semakin besar angka ROWS nya, semakin tinggi ukuran kotak Text Area begitu juga sebaliknya.
  • COLS ( Lebar kotak teks area ), semakin besar angka COLS nya, semakin Lebar ukuran kotak Text Area begitu juga sebaliknya.
  • Gantilah angka-angkanya sesuai dengan kebutuhan kamu. Pada contoh di atas, angka yang dimaksud adalah angka 3 dan 30.
  • Ganti kode tulisan yang akan di pasang di dalam teks area.
  • Kode ( center ) adalah kode untuk posisi teks area yaitu tengah. Jika ingin membuat teks area berada di pinggir kiri, ganti kode center dengan kode left, untuk membuatnya berada di samping kanan, ganti dengan kode righ.
  • Jika kamu ingin menulis tulisan atau kode html nya panjang, kamu tidak perlu memperbesar text area karena textarea secara otomatis membuat scroll kesamping atau kebawah secara otomatis
Mudah bukan membuat text area di blog? Demikianlah artikel Membuat Text Area di Blog, semoga postingan ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah membaca postingan yang sederhana ini, jika postingan ini bermanfaat untuk anda bagikan kepada teman anda sehingga mereka dapat membuat text area.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Bagus Prehantoro Business Enthusiast

Posting Komentar

Ads Single Post 4