24 C
id

11 Parameter Blog dan Blogger Sukses

11 Parameter Blog dan Blogger Sukses - Kita sebagai seorang blogger pasti ingin blog kita bisa sukses, bisa memperoleh penghasilan dari blogging dan mendapatkan pagerank. Lalu apa saja yang menjadi parameter blog dan blogger di katakan sukses? Apakah benar besarnya penghasilan yang diperoleh dari aktivitas blogging adalah satu-satunya parameter sukses seorang blogger? Lalu bagaimana dengan banyaknya pelanggan RSS dan banyaknya komentar?

Di postingan ini anda bisa menemukan jawabannya, berikut 11 Parameter Blog dan Blogger Sukses :

1. Traffic
Banyaknya pengunjung bisa menjadi salah satu parameter kesuksesan sebuah blog. Semakin banyak pengunjung sebuah blog, semakin sukses blog tersebut. Traffic sendiri biasanya di bedakan menjadi 2 :
  • Unique visitors: pengunjung blog yang berasal dari 1 alamat IP tertentu.
  • Page views: jumlah total halaman yang di lihat oleh pengunjung blog.
Blogger SuksesSebuah blog yang sukses biasanya memiliki unique visitors dan page views yang tinggi.

2. RSS Subscribers
Selain jumlah pengunjung, jumlah RSS Subscribers atau pelanggan RSS juga bisa menjadi parameter sukses sebuah blog. Semakin banyak jumlah pelanggan RSS sebuah  blog, semakin sukses blog tersebut. Anda bisa memanfaatkan layanan ini dari FeedBurner.

3. Komentar
Parameter lain yang bisa menjadi ukuran sukses adalah jumlah komentar. Semakin banyak jumlah komentar sebuah blog, semakin sukses blog tersebut. Selain jumlah komentar, kualitas komentar juga bisa di jadikan ukuran kesuksesan sebuah blog. Karena, seringkali di jumpai blog yang mempunyai jumlah komentar yang banyak hanya berisi spam atau sekedar ingin mendapatkan backlink. Dengan kriteria kulitas komentar, maka kesuksesan sebuah blog pun akan semakin tinggi.

4. SERP
SERP (Search Engine Result Pages) atau rangking hasil pencarian di mesin pencari juga bisa dijadikan ukuran kesuksesan sebuah blog.  Semakin tinggi rangking sebuah blog di hasil pencarian mesin pencari, maka semakin tinggi sukses blog tersebut.

5. Link Back atau Backlink
Banyaknya Backlink yang mengarah ke sebuah blog juga bisa digunakan sebagai tolok ukur sukses tidaknya sebuah blog. Blog yang dengan backlink ratusan atau bahkan ribuan bisa dianggap sukses dibanding dengan blog yang hanya memiliki puluhan backlink. Jumlah backlink yang banyak juga diyakini dapat meningkatkan posisi hasil pencarian di mesin pencarian.

6. Ranking blog
Parameter selanjutnya yang paling banyak digunakan untuk mengukur kesuksesan sebuah blog adalah Ranking Blog seperti Google Page Rank dan Alexa Rank. Alexa rank adalah sistem ranking yang berdasarkan traffic dimana semakin rendah Alexa Rank sebuah blog, maka semakin tinggi traffic blog tersebut. Sedangkan Google Page Rank adalah sistem ranking yang dibuat oleh Google untuk merujuk pada popularitas sebuah blog atau halaman blog.

7. Penghargaan
Saat ini semakin banyak kontes blog yang memberikan penghargaan unutk blog dan blogger yang dianggap memenuhi kriteria tertentu berdasarkan kategori tertentu. 

8. Ketenaran
Salah satu parameter kesuksesan sebuah blog adalah Ketenaran. Ketenaran bisa berasal dari profil unik yang hanya dimiliki oleh sang blogger, buzz words yang diciptakannya melalu blognya atau hasil prestasi tententu yang di peroleh sang blogger.

9. Google PR
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa semakin tinggi  angka Google PR maka semakin tinggi pula ranking sebuah blog. Harus diakui bahwa Google Page Rank yang tinggi merupakan parameter kesuksesan sebuah blog.

10. Twitter Followers
Twitter Followers juga bisa digunkan untuk mengukur kesuksesan sebuah blog. Rumusnya sama dengan RSS Subscribers: semakin banyak followers sebuah blog, maka semakin sukses sebuah blog tersebut. Sebenarnya tidak hanya twitter followers saja, Facebook fans page juga bisa digunakan tolok ukur kesuksesan sebuah blog.

11. Uang
Parameter terakhir adalah Uang. Blog yang sudah sukses mendapatkan traffic, ketenaran, Ranking blog yang besar bisa digunakan untuk memperoleh penghasilan. Dengan menjadi advertiser atau jasa pemasangan iklan di blog. Meskipun banyak blogger yang memandang bahwa uang bukanlah tujuan utama dalam aktivitas blogging, namun harus diterima juga pandangan bahwa menghasilkan uang melalui blog bukanlah sesuatu yang salah (apalagi haram). Jika dilakukan dengan benar dan etis, menghasilkan uang melalui blog bahkan bisa menjadi peluang bisnis yang prospektif, absah dan legal.

Parameter blog diatas tentu bisa sangat relatif dan boleh disikapi berbed-beda oleh setiap blogger. Mungkin masih ada parameter yang lain yang belum saya masukkan diatas. Bagaimana menurut anda? Bagaimana anda mengukur kesuksesan blog anda sendiri ??

Demikianlah artikel mengenai 11 Parameter Blog dan Blogger Sukses. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, dan terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel yang cukup panjang ini. hehe..
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Bagus Prehantoro Business Enthusiast

Posting Komentar

Ads Single Post 4