24 C
id

Kesamaan Kerja Otak Si Gila dan Si Jenius

Jangan dulu marah jika tiba-tiba Anda disebut Gila. Antara Gila dan Jenius, ternyata tipis batasnya. Tidak percaya? Lihatlah temuan pusat kajian ilmiah yang berbasis di Stockholm, Swedia, Karolinska Institute.

Laporan tentang hasil studi yang 'menyamakan' Si Jenius dan Si Gila ini antara lain ditayangkan oleh laman jurnal ilmiah The Local.

Dalam laporan ini dikemukakan bahwa dalam banyak hal, proses kerja otak orang jenius memiliki kesamaan dengan otak orang sakit jiwa atau penderita scizofrenia.

Kesamaan Kerja Otak Si Gila dan Si Jenius

"Kami sudah mempelajari otak manusia dan salah satu tipe reseptor yang bernama Dopamine. Di sini terlihat sistem dopamine orang yang sangat Kreatif, sama dengan dopamine penderita Scizofrenia," kata Dr Fredrick Ullen, peneliti yang memimpin studi tersebut.

Penelitian ini, kata dia, menjadi bukti bahwa tidak ada batas yang jelas antara manusia jenius dan orang gila. Satu-satunya hal yang secara jelas membedakan di antara keduanya, kata dia, hanyalah kreativitas.

Sedangkan persamaan menonjol di antara otak orang gila dan orang jenius adalah keduanya sama-sama memiliki kemampuan yang rendah dalam memfilter informasi yang diterimanya. Kondisi tersebut, kata Ullen, membuka peluang yang sangat besar bagi munculnya pemikiran-pemikiran kreatif.

Banyaknya informasi yang masuk tanpa melalui penyaringan, dinilainya, berpotensi menciptakan logika-logika baru yang sulit dimunculkan oleh otak manusia pada umumnya.

"Berpikir di luar kotak, bisa jadi terjadi karena kemampuan otak yang tidak utuh," imbuh Ullen seperti dikutip The Local. Mungkin itu juga sebabnya orang yang mempunyai pemikiran hebat, bahkan penemuan hebat kadang dikatakan Gila. Gila karena pemikirannya yang begitu hebat dan penemuannya yang dapat merubah dunia.

Seperti Thomas Alfa Edison yang menemukan Sebuah Lampu yang saat ini kita gunakan bahkan sangat kita butuhkan. Berkat penemuannya itu Dunia menjadi Terang, mungkin dia ketika membuat penemuan itu dikatakan oarang-orang gila, tapi siapa sangka dengan penemuan gilanya itu Dunia menjadi terang.

Wright bersaudara (Orville & Wilbur) pasti kita tahu siapa mereka, ya mereka adalah penemu pesawat terbang yang pertama kali berhasil diterbangkan dan dikendalikan oleh manusia. Kita tahu perjuangan mereka dalam merancang sebuah pesawat. Banyak orang menganggapnya Gila, karena bagaimana mungkin manusia bisa terbang layaknya burung. Tapi dengan kegilaan mereka kita saat ini bisa terbang kemana-mana, liburan keluar negeri dengan pesawat hanya beberapa jam saja. Itulah kegilaan mereka dan masih banyak lagi kegilaan - kegilaan diluar sana.

"Lakukanlah Hal - Hal GILA,, itu pesan yang selalu saya ingat dari CEO GOOGLE.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Bagus Prehantoro Business Enthusiast

Posting Komentar

Ads Single Post 4