24 C
id

Review ASUS RoG G752VS, Wajah Menawan Kinerja Tak ada Lawan

Notebook ASUS RoG G752? Siapa sih yang tidak kenal salah satu produk terbaik dari  ASUS  yang dikhususkan untuk kalangan para gamers Mania. Kenyataannya ASUS RoG G752 menjelma menjadi salah satu produk laptop gaming ASUS yang paling bergengsi dan berkekuatan monster saat ini. Nah kerennya lagi Belum lama ini ASUS Indonesia kembali mengeluarkan salah satu laptop gaming terbaiknya yaitu Asus RoG G752VS dengan performa lebih mumpuni dibandingkan pendahulunya. Hal itu dikarenakan baru-baru ini juga Nvidia telah mengeluarkan teknologi chip terbaru yaitu Pascal. Pastinya tidak mau kalah dengan pesaing-pesaing lainnya Asus mengeluarkan notebook gaming versi terbarunya seperti yang saya utarakan di atas yaitu Laptop RoG 752VS. Kita akan mengulas panjang lebar mengenai spesifikasi apa saja yang ditanamkan di laptop gaming Asus RoG G752VS ini hanya ada di www.aplikasi-android.net

Body ASUS RoG G752VS


Processor Intel Skylake-K Core i7 Terbaru Tercanggih saat ini


Asus RoG G752VS ini merupakan laptop gaming high end dengan bandrol harga di atas 50 juta rupiah. Meskipun berbandrol harga sangat tinggi, kualitas komponen yang ada  tidak main-main dan salah satunya adalah dibenamkan processor Intel Skylake-K Core i7 terbaru 6100 HQ yang dapat di overclock sehingga semakin membuat notebook terbaru Asus ini menjadi monster baru di dunia per laptopan gaming. Intel Core i7 terbaru ini ternyata telah menggunakan arsitektur Skylake quad core 8 threads 14nm yang sangat kecil. Selain itu juga processor Intel i7 ini berada pada frekuensi 2.6 GHz dan bisa dinaikkan hingga 3.5 GHz dengan teknologi turbo boost dari Intel. Kerennya lagi, bagi Anda yang menyukai overclock maka processor ini mampu dinaikkan hingga 4 GHz. Selanjutnya pada bagian Thermal Design Power yang ada pada Intel Core i7 ini berada pada kisaran 45 watt sehingga menghasilkan panas yang tidak begitu tinggi dan pastinya akan sangat mengurangi panas yang ada di notebook gaming ini. 

Performa dari prosesor Intel Core i7 terbaru ini jelas sangat mumpuni terlebih lagi jika nanti disandingkan  dengan GPU Nvidia. Tidak perlu lagi merasa was-was akan adanya ngelag ataupun masalah lainnya saat digunakan untuk gaming ataupun multitasking dengan intensitas tinggi sekalipun. Semua gaming level high end apapun akan dilibas tanpa kompromi.

Graphic Card NVidia GeForce GTX 1070 8GB DDR5 Maha Dahsyat


Selain prosesor hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sebuah laptop gaming adalah Graphic Processing Unit (GPU) yang ditanamkan apakah sudah teruji kualitasnya atau belum. Pada notebook Asus RoG G752VS telah ditanamkan terbaru dari Nvidia yaitu GeForce GTX 1070 yang sudah menggunakan menggunakan teknologi mikroarsitektur terbaru dari Nvidia yaitu Pascal yang merupakan suksesor dari generasi Maxwell. 

Kualitas dan performa dari GeForce GTX 1070 yang sudah menggunakan Pascal ini ternyata melampaui pendahulunya yaitu GTX970 dan lebih hebat 2,5x  lipat. Memang pihak Nvidia mengklaim bahwa kinerja dari chip berbasis Pascal ini lebih gahar jika dibandingkan chipset dengan basis Maxwell. Jika dilihat lebih detail terdapat CUDA Cores 2048, boost clock hingga 1645 MHz, VRAM 8 GB dan memori speed hingga 8 Gbps.


Baca Dulu:  Laptop Gaming ASUS X550ZE


Selanjutnya jangan lupakan dengan teknologi Nvidia Optimus yang bertujuan untuk mengurangi daya  sedot baterai di Notebook Gaming ini. Jelas sekali dengan adanya kartu grafis add on tidak bisa dibandingkan dengan laptop yang hanya menggunakan kartu grafis on-board karena tidak begitu mengkonsumsi daya berlebih, tapi perlu diingat performance dan kualitas juga sangat jauh dari yang diharapkan. Kerennya di ASUS RoG G752VS ini telah diberikan teknologi NVIDIA Optimus yang akan membantu mengurangi konsumsi baterai sehingga dipastikan kinerja dan daya tahan baterai akan semakin lama.  Bukti benchmark bisa menjadi salah satu patokan mengenai kualitas performance yang dihasilkan dari notebook ASUS.







Memori Penyimpanan Lega dan RAM Expandable hingga 64 GB


Umumnya memang sebuah Notebook Gaming membutuhkan ruang penyimpanan yang sangat besar dikarenakan untuk menginstal beragam game game yang umumnya berada di kisaran 4 hingga 20 GB per install.  ASUS RoG G752VS telah ditanamkan ruang penyimpanan sebesar 1 TB yang bisa diexpansi hingga 2x512 GB SSD. Sedangkan untuk RAM sudah terdapat memori sebesar 64 GB 2133 MHz DDR3 yang bisa ditingkatkan hingga 2400 MHZ. Kerennya lagi di Laptop Gaming ini sudah menggunakan slot PCIE4 yang ternyata lebih bagus dalam transfer data dibandingkan SATA3. Kenyataannya dengan Slot PCIE4 tersebut berkecepatan membaca SSD mencapai 20Gb perdetik, alias 4 Gigabytes lebih cepat dibandingkan yang lainnya. Selain cepat ternyata PCIE4 ini juga tahan lebih lama dan lebih aman dikarenakan seandainya terjadi kerusakan di salah satu keping SSD maka kepingan lainnya tetap terjaga.

Desain body Asus RoG G752VS futuristic


Jika kita melihat dari desain yang ada di laptop gaming ini memang hampir mirip dengan versi sebelumnya dan penulis meyakini bahwa desain ini adalah salah satu jelmaan dari desain Ultimate dari Asus RoG. Desain tersebut sangat mirip dengan bentuk-bentuk dari pesawat luar angkasa ataupun kalau saya melihat mirip dengan mobil Lamborghini yang terkenal dengan kecanggihannya. Tentu saja dengan body design yang sangat menarik tersebut menegaskan bahwa notebook Asus RoG adalah notebook yang cantik menarik dengan kecanggihan komponen-komponen yang ditanamkan di dalamnya.


Keyboard ASUS RoG G752VS

Jika kita lihat lebih detail dari segi warna umumnya didominasi dengan warna silver atau warna Armor Titanium dengan plasma chopper. Pastinya dengan warna yang terlihat menonjol akan membuat tampilan dari notebook RoG sangat  special jika dibandingkan notebook gaming lainnya yang menggunakan warna hitam ataupun abu-abu. 

Kesan penulis saat melihat warna tersebut adalah warna yang mencolok di mata dan sangat kentara. Kemudian pada bagian depan atas terdapat seperti 2 buah sirip berwarna merah menyala yang mengapit logo RoG di tengahnya. Pada bagian bawah semakin keren lagi warna merah menyala dari lampu terlihat seperti api yang menyala dan sangat keren.

Uniknya lagi pada bagian desain depan bawah yang ada di Notebook Gaming Asus G752VS yang berwarna merah ternyata di disain untuk memberi ruang ventilasi udara dengan tujuan untuk membuang panas yang dihasilkan dari komponen tersebut. Nah kan warna merah, orange dan mengeluarkan panas, suatu ide yang sangat brilian.



Layar Lebar 17.3 inchi Ramah di Mata Pengguna


Layar merupakan salah satu bagian penting yang wajib dimaksimalkan kualitasnya. Nyatanya pada bagian layar dari Asus G752VS ini terlihat sangat luas dikarenakan telah menggunakan layar seluas 17.3 inci yang sudah beresolusi Ultra HD (UHD) (3840x2160) dengan tingkat refresh rate 60hz. Memang seorang gamer membutuhkan layar yang besar karena akan semakin maksimal permainannya dan biasanya lebih enjoy dengan layar yang besar. Di bagian layar tersebut juga ternyata sudah diberikan finishing matte sehingga mereduksi atau mengurangi pantulan Sinar cahaya yang bertujuan supaya mata tidak akan cepat lelah saat menggunakan laptop gaming ini dalam jangka waktu yang lama.

Beragam teknologi terbaru ditanamkan pada bagian layar seperti Nvidia G-Synch yang akan membantu memperhalus gerakan yang ada pada gambar dengan disesuaikan refresh rate layar yang dihasilkan oleh GPU. Selain itu pula pada bagian layar sudah menggunakan teknologi in plane switching (IPS) yang akan membantu kualitas gambar jadi lebih baik dan akurat. Nyatanya layar dengan teknologi IPS mempunyai sudut penglihatan yang sangat luas yaitu 178 derajat sehingga akan mudah melihat gambar dari berbagai sisi manapun. Memang umumnya sekarang teknologi ini sudah digunakan di banyak smartphone level menengah keatas karena memang layar tersebut sangat bagus untuk digunakan desain grafis, gaming ataupun photography.


Review ASUS RoG G752VS

Selanjutnya pada bagian layar di Asus RoG G752VS ini juga telah dibekali dengan teknologi asus splendid display yang akan memaksimalkan kinerja layar supaya lebih nyaman saat digunakan. Anda bisa mendapatkan 4 mode yaitu normal mode, eye care mode, Vivid mode dan manual mode.

Normal mode merupakan mode yang telah diprogram secara optimal untuk kenyamanan tampilan layar. Eye care mode adalah mode yang akan mengurangi kecerahan pada warna biru dengan tujuan untuk menghindari kerusakan pada mata terutama bagian retina. Sedangkan Vivid mode merupakan penambahan ketajaman dari gambar lebih tinggi dari normalnya. Biasanya mode seperti ini digunakan saat menonton film ataupun foto-foto yang ada. Untuk manual mode adalah mode yang bisa diatur sesuai keinginan dari penggunanya. Kalau saran penulis sih di perangkat apapun saya selalu menggunakan Eye Care Mode.

Keyboard dan Touchpad Special, Empuk dan Nyaman 


Keyboard juga menjadi salah satu bagian terpenting dari sebuah laptop apalagi laptop yang digunakan untuk gaming. Kenyataannya ukuran keyboard yang ada di Asus RoG G752VS ini sangat lebar yaitu dengan panjang dan lebar sebesar 368 X 125 milimeter. Selain itu juga ternyata di keyboard Asus RoG G752VS juga menggunakan fitur yang bernama chicklet yang akan membuat jarak antar tuts keyboard lebih luas. Hasilnya dengan lebar keyboard seperti itu penggunaan akan sangat nyaman bagi para gamers karena pasti mengurangi kesalahan penulisan ataupun kesalahan pemencetan tombol.

Selain itu juga keyboard semakin memanjakan para gamers karena sudah menggunakan kedalaman tombol 2.5 milimeter. Ternyata Asus mendesain keyboard tersebut dengan bentuk tipe gunting pada tiap tombolnya. Hasilnya jelas baik itu digunakan untuk mengetik ataupun pemencetan tombol maka rasanya semakin empuk dan pastinya akan lebih nyaman.


Keyboard ASUS RoG G752VS


Bagian keyboard di Asus RoG G752VS ini akan semakin sempurna dengan adanya teknologi backlight dengan warna merah yang akan membantu penerangan pada keyboard. Utamanya bagi para gamers adalah tombol khusus AWSD yang memang menjadi tombol umum navigasi para gamers. Ternyata kita juga bisa mengatur tingkat pencahayaan di bagian backlight keyboard tersebut sesuai selera. Jangan lupakan dengan fitur teknologi anti ghosting yang akan mempercepat proses transfer ketikan tangan di keyboard semakin instan dan pastinya hasilnya kan semakin tampak pada performa gamers itu sendiri.

Karena memang notebook Asus RoG G752VS ini design bagi para gamers mania tentu diberikan pula beberapa tombol tombol khusus yang akan memaksimalkan kinerja para gamers tersebut. Anda bisa melihat 6 tombol shortcut ataupun tombol khusus macro seperti  untuk merekam permainan dengan menggunakan software xsplit gamecaster yang anda bisa dapatkan saat membeli notebook ini dan tombol-tombol shortcut lainnya yang akan mempermudah pengguna saat menjalankan notebook Asus RoG ini. Keren sekali deh laptop gaming G752VS ini.


Tombol Makro ASUS RoG G752VS


Pada bagian touchpad telah disediakan papan touchpad yang sangat lebar berukuran 12 cm kali 7 cm. Selain itu juga papan touchpad notebook Asus G752VS yang jika ditekan sangat empuk dan lembut karena sudah menggunakan teknologi Smart gesture. Anda bisa melakukan tab dengan dua jari di touchpad tersebut dengan tujuan scrolling layar bawah ke atas samping ataupun untuk zooming pada saat dibutuhkan dengan mudah dan simple. Tentu saja dengan teknologi tersebut akan sangat membuat pengguna nyaman dan lebih ringkas dalam melakukan sesuatu di touchpad ini. 

Teknologi pendingin Asus RoG G752VS paling sempurna


Pendingin di dalam sebuah komponen terutama laptop gaming adalah suatu hal yang wajib dan penting sekali dan ternyata di Asus RoG G752VS ini telah ditanamkan sistem pendingin yang sangat berkualitas yaitu dengan adanya teknologi 3D Vapor Chamber. Meskipun cara kerjanya hampir sama dengan heatpipe untuk mengurangi panas berlebih namun Vapor pipe chamber ini lebih maksimal dalam pengurangan panas. Selain itu juga terdapat dua kipas yang terbuat dari tembaga yang dipasang tepada pada GPU dan CPU yang akan mengatasi panas pada kedua piranti paling inti tersebut.


Sistem Pendingin ASUS RoG G752VS


Gambaran sekilas saat notebook ini digunakan sangat intens dan dalam keadaan maksimal full loaded, pipa tersebut akan mengalirkan cairan yang ada. Nah kerennya cairan yang keluar tersebut akan mengalir ke seluruh bagian pipa dan seperti teori kimia bahwa air akan menguap saat berada di suhu panas tinggi. Setelahnya nanti cairan tersebut akan berubah kembali ke bentuk semula saat berjalan menuju condenser. Hasilnya jelas panas yang ada di notebook gaming ini akan diredam dengan maksimal dan lebih merata.

Sebagai penyempurna dari system pendingin di laptop gaming RoG G752VS telah diberikan pula fitur Anti Dust Thermal Tunnel. Kegunaan dari fitur tersebut adalah supaya bagian dalam notebook terutama kipas tembaga tidak dimasuki kotoran dan debu yang menumpuk disana. Pastinya fitur tersebut membuat bagian dalam tetap terjaga kebersihannya dan proses pendinginan notebook gaming dari ASUS ini semakin maksimal.

Suara Super Jernih dan Nyaring Tanpa Tanding


ASUS RoG G752VS ini juga telah ditanamkan beragam fitur dan teknologi yang berhubungan dengan sound system yaitu memadukan tiga unsur baik itu hardware, software dan audio tuning. suara dari Notebook ini berasal dari bagian bawah yang terdapat 2 speaker dan sebuah subwoofer bernama Sonic Bass Woofer yang mempunyai 3 jalur yang akan menghasilkan suara bass menggelegar berinput maximal 3 watt dengan frekwensi mencapai 20 KHz.


Sonic Bass Woofer di ASUS RoG G752VS


Selain itu juga di laptop gaming ini telah diberikan hardware Audio Sonic Master dan ICE Power dari Bang and Olufsen yang ditandemkan juga dengan software MaxxAudio buatan Waves. Selain itu juga softwer MaxxAudio tersebut disandingkan dengan RoG Audio Wizard yang akan mempermudah penyesuaian saat gaming.

Terdapat pula fitur fitur keren yang penting bagi multiplayer gaming seperti Real Time Video Chat dan dual array microphones yang akan membantu mengurangi noise sehingga suara yang didapat lebih nyaring dan jernih meskipun berada di lingkungan yang sarat akan suara gaduh. Tentu dengan adanya suara yang jernih, nyaring semakin memanjakan sang pengguna ASUS RoG ini.

Harga ASUS RoG G752VS


Harga Notebook Gaming ASUS RoG 752VS ini memang mahal karena harganya dibanderol seharga 59.299.000 rupiah. Namun dengan uraian dan penjelasan informasi yang ada di Laptop Gaming tersebut penulis kira bukanlah suatu pembelian yang sia sia dan mubazir. Jelas dengan beragam komponen dan teknologi terbaru saat ini membuat kinerja dan performance yang dihasilkan melampau nilai banderol itu sendiri. Bagi anda yang memang gamer sejati tentu tidak mau kalah dalam suatu permainan hanya karena sebuah perangkat bukan? Skill dewa namun perangkat biasa biasa saja sering membuat pemain frustasi dan putus asa, solusi tepat dan akurat adalah ASUS RoG 752VS ini. Semoga bermanfaat pastikan join Facebook dan Youtube kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar gadget dan teknologi.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4