24 C
id

Macam Macam OS di Android dari Awal Hingga Sekarang

Macam Macam OS di Android dari Awal Hingga Sekarang ternyata banyak sekali yang mencarinya. Tidak tanggung tanggung pengetahuan tentang system operasi ini memang penting dan dibutuhkan oleh para pengguna Smartphone Android baik itu dari level beginner hingga ke level expert. Tujuannya jelas adalah untuk mengetahui apa itu system yang sedang berjalan di Android anda ataupun hanya sebagai penjelasan mendetail tentang perkembangan berbagai macam Versi Android dari Awal hingga sekarang. Berikut ulasannya hanya di Aplikasi-android.net

Awal Mula Versi Android adalah sejak 5 November 2007 dan itu merupakan hari dimana android mulai dijalankan di sebuah smartphone. Pastinya dengan berjalannya waktu beragam pembaruan yang ada membuat system operasi buatan dari Google ini berkembang dan juga semakin banyak penggunanya. Target sasaran Android adalah pangsa Smartphone – Tablet – atapun ponsel ponsel canggih lainnya. Nah apa sih Nama OS Android Pertama kali? Yuk diulas lebih detail berikut ini:


Operating Sistem di Android


Berbagai Macam OS di Android dari Awal Hingga Sekarang


Android Astro v.1.0

Android Astro merupakan cikal bakal dari system operasi android yang dirilis sejak 23 September 2008. Meskipun demikian ternyata nama tersebut tidak booming dikarenakan suatu alasan klasik. Alasan utama kenapa tidak menggunakan nama Astro adalah karena hak cipta dan Trademark alias merek dagang tersebut sudah dimiliki perusahaan lain. Hasilnya jelas salah satu pengguna OS Android Astro ini yaitu HTC Dream tidak begitu banyak diketahui oleh banyak orang. Berikut gambaran dari Android Pertama kali di Dunia.

Android Bender v.1.1


Meskipun Android sudah meluncur di tahun 2007 silam, namun ternyata OS ini baru dikeluarkan di beragam smartphone atau gadget pada tanggal 9 Maret 2009. Android Bender ini menjadi salah satu system operasi berbasis android yang diperkaya dengan beragam aplikasi yang lebih mutakhir. Meskipun sudah berjalan beberapa saat namun ternyata android versi kedua ini juga mempunyai masalah serupa dengan OS sebelumnya yaitu masalah penamaan Bender. Hasilnya jelas Android Bender tidak digunakan dan pastinya tidak pula terkenal.

Android Cupcake v.1.5


Android Cupcake merupakan nama yang kemudian menjadi solusi tentang berbagai masalah merek dagang dan lain sebagainya. Kenyataannya hingga sekarang jika anda cermati tentu saja beragam versi android menggunakan nama nama baik itu makanan ataupun ice cream sehingga tentu tidak akan bermasalah dengan merek dagang. Android Cupcake ini terlihat sejak Mei 2009 dan menjadi era dimulainya penggunaan nama unik tersebut. Penyempurnaan terjadi diberbagai tempat seperti penambahan fitur third party seperti Youtube video, dan juga penambahan dari tampilan gambar yang pastinya lebih menarik. Terdapat pula penambahan widget yang sudah bisa diedit seperti pembesaran dan pengecilan.


Operating Sistem di Android


Android Donut v.1.6


Setelah Cupcake beredar terjadi perubahan dengan munculnya versi terbarunya yaitu Android Donut dengan kurun waktu 4 bulan yaitu pada bulan September 2009. Tentu dengan adanya versi baru ini terdapat perubahan fitur fitur dan juga teknologi yang lebih user friendly. Teknologi CDMA – EVDO 802.1x VPNs dan juga fitur layar beresolusi WVGA sudah terlihat di Android Donut ini. Selain itu juga terdapat fitur untuk menampilkan indicator pada baterai. Zoom in dan out untuk gambar sudah mulai tersedia di ponsel android donut ini.

Android Éclair v.2.0 – 2.1


Android Éclair ini juga diluncurkan pada tahun 2009 yang pastinya membuat banyak sekali pengembang untuk ikut menggunakan android Éclair ini. Berbagai vendor mulai menggunakannya untuk handset terbaru pada saat itu. Pada saat ini dimulainya era android yang menghilangkan doktrin bahwa menggunakan HP dengan system layar dianggap kurang user friendly. PErubahan yang terjadi adalah penambahan fitur untuk membantu mengoptimalkan hardware. Selain itu juga terdapat Google Map v.3.1.2, perubahan UI bersama browser dengan format HTML5. Fitur flash camera 3.2 Megapiksel, Zoom digital dan juga Bluetooth 2.1

Android Froyo – Frozen Yoghurt v.2.2


Setelah sukses dengan android Éclair selanjutnya perkembangan android menjadi versi Android Froyo alias Frozen Yoghurt di tahun 2010. Penggunaan versi ini dimulai oleh Smartphone Google Nexus One. Seperti sebelumnya fitur fitur tambahan dan update seputar tampilan dan juga penambahan berbagai aplikasi. Selain itu juga ada tambahan fitur memori eksternal yang sekarang kita sebut MicroSD dengan kapasitas yang besar. Adobe Flash Player juga sudah bisa digunakan di versi ini. 


Operating Sistem di Android
Android JellyBean


Android Gingerbread v.2.3


Selanjutnya perkembangan android masuk ke versi Android Gingerbread yang tentunya kita sudah kenal dipasaran sebelumnya. Android versi ini sudah mempunyai tampilan yang sangat menarik dengan beragam fitur terbaru seperti dual camera sehingga sudah bisa digunakan untuk video call. Selain itu juga sudah terdapat fitur aplikasi permainan yang mulai didevelop di tahun 2010 ini. Penggunaan versi Gingerbread ini sangat maksimal sehingga sangat banyak sekali penggunanya terutama untuk gaming dan juga aplikasi lainnya. Resolusi WXGA layar juga sudah mulai diperbaiki dan lebih baik dibanding sebelumnya. Bagi anda yang belum tau versi Android Gingerbread ini adalah salah satu yang terbaik dan banyak digunakan dari android lainnya.

Android Honeycomb 3.0


Android 3.0 ini dikenal dengan sebutan Android Honeycomb yang dirilis pada Mei 2011 dan digunakan oleh Motorola Xoom. OS ini didesain khusus untuk para pengguna tablet atau Smartphone dengan layar super lebar. Tentunya perbedaan layar super lebar dan dibuat sedemikan rupa sehingga hardware dan juga komponen berkualitas terbaik ditanamkan di perangkat perangkat yang menggunakan OS Honeycomb ini.

Android Ice Cream Sandwich v.4.0


ICS atau Ice Cream Sandwich menjadi penyempurna dari sitem Honeycomb ditahun 2011. Penambahan beragam fitur yang super keren ditambahakan di OS ini seperti fitur fotografi, resolusi gambar, grafis dan juga penambahan kualitas video. Tambahan lain yang tak kalah kerennya adalah fitur pengenal wajah untuk segi keamanan Ponsel berbasi Android ICS ini.

Android Jelly Bean v.4.1


Android Jellybean menjadi salah satu system yang dikenal di Indonesia. Banyak sekali para pengguna smartphone android Indonesia mulai bermain oprek atau otak atik HP mereka. Salah satu yang menggunakan system ini adalah Google Nexus 7 dan juga ASUS.
 

Operating Sistem di Android
Android Marshmallow 6.0


Android Kitkat v.4.4


Kitkat menjadi salah satu yang ada di pasar Indonesia saat ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa ternyata awal mulanya namanya bukan Kitkat namun Android Key Lime Pie. Namun karena terdapat perbedaan ejaan yang ada akhirnya diganti dengan nama Kitkat. Perubahan perubahan yang ada tidak begitu signifikan hingga nantinya masuk ke android Lollipop.

Android Lollipop v.5.0


Inilah system android yang sedang digunakan di tahun 2015 – 2016 saat ini. Memang banyak sekali yang berfikir bahwa tidak ada banyak perubahan terkait OS Lollipop ini namun penulis melihat sekilas bahwa nantinya akan ada banyak sekali fitur fitur baru seperti fitur Perekaman Android terutama untuk upload video di youtube untuk versi 5.1 dan atasnya. Well patut ditunggu bukan karena memang fitur ini sangat dibutuhkan oleh banyak pengguna Smartphone saat ini.

Versi dan Macam Macam OS di Android dari Awal Hingga Sekarang artikel diatas merupakan informasi mendetail mengenai perubahan yang terjadi di Operating Sistem Android. Meskipun demikian tentu berkembangnya OS ini membuat semakin menarik sekali beragam fitur fitur baru yang akan ditemukan di perangkat HP – Smartphone – Tablet dan Gadget Android anda. Semoga bermanfaat dan join Facebook kami untuk dapat artikel terbaru.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4