24 C
id

Video Ilusi Melawan Gravitasi Optical Illusion Dari Kokichi Sugihara

Hukum gravitasi selalu mengatakan setiap gaya yang menyebabkan benda jatuh bebas selalu menuju ke bawah. Tapi hal itu tidak berlaku pada video ilusi dari Kokichi Sugihara.

Kokichi Sugihara seorang insinyur matematika di Meiji University, Jepang. Ia berhasil menjadi pemenang pertama dan memperoleh penghargaan sebagai Best Illusion of the Year dalam kontes 2010 Best Illusion of the Year. Ia menciptakan alat yang mampu melawan gravitasi. Alat yang populer adalah berupa empat jalur landai yang dapat membuat kelereng mampu bergulir ke atas. Keempat jalur tersebut disusun sedemikian rupa hingga bertemu di satu titik dan melawan gaya gravitasi.

Ilusi Melawan Gravitasi
Ilusi Melawan Gravitasi

Namun, hal ini bukanlah nyata melainkan hanya sebuah ilusi mata. Ia menggabungkan pandangan 2D (Dua Dimensi) dengan struktur 3D (Tiga Dimensi) melalui elemen dinamik. Susunan skala, dimensi, serta pandangan perspektif mengelabuhi pandangan bola yang melihat melawan gravitasi.

Kelereng yang seolah-olah bergulir keatas tersebut sebenarnya bergulir kebawah. Kelereng yang bergulir ke atas hanya dapat terlihat jika dipandang dari sudut tertentu. Jika dipandang dari sisi lain, kelereng tetap bergerak sesuai gaya gravitasi, yaitu bergulir kebawah.

Selain empat jalur landai tersebut, Sugihara masih mempunyai banyak alat ilusi lain yang ia ciptakan. Dan semua karyanya tercantum di dalam video di bawah ini.


Sumber:
http://nationalgeographic.co.id/berita/2011/04/lawan-gravitasi-insinyur-matematika-menangkan-penghargaan
http://ayampenyek.blogspot.com/2013/01/ilusi-graviti-bola-ke-atas-atap-kokichi.html


Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Bagus Prehantoro Business Enthusiast

Posting Komentar

Ads Single Post 4