Monday, June 23, 2014

5 Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Menginstal Software Di PC atau Komputer

Setiap pemilik komputer ataupun PC pasti ingin menginstal berbagai macam software yang di inginkan. Ada beberapa karena keperluan untuk menunjang pekerjaan.

Namun, tidak sedikit yang peduli terhadap kemampuan komputer/PC yang digunakan, apakah kuat untuk menjalankan software itu atau tidak. Ada juga yang hanya asal klik 'Next' tanpa membaca dialog yang muncul terlebih dahulu. Sehingga tidak tahu apa yang harus anda setujui dari tombol 'Next' tersebut.

Ini juga bisa menyebabkan komputer atau PC kamu menjadi lemot. Karena ada beberapa aplikasi yang meminta kamu untuk menginstall Add-on dari iklan developer software tersebut.

Namun, dari itu semua yang menjadi inti sebelum melakukan instalasi software adalah Spesifikasi komputer/PC itu sendiri.

Komputer
Komputer

Berikut Spesifikasi Yang Harus di Perhatikan:

1. Kapasitas Hardisk

Banyak yang asal instal software tanpa mempeduli kapasitas hardisk, apakah kapasitas yang tersedia masih cukup untuk menyimpan hasil instalan atau tidak.

2. RAM (Random-access memory)

Ini juga yang sering di abaikan para pemilik komputer/PC. Oke hardisk kapasitasnya masih banyak, namun apakah kapasitas RAM kamu cukup mampu untuk menjalankan software yang kamu instal. Kalau untuk menjalankan software seperti MS.Office sih masih bisa lancar. Tapi jika untuk menjalankan software berat seperti misal Adobe After Effect, apakah cukup mampu?

3. Processor (baca: Prosesor)

Prosesor ibarat otaknya, perhatikan kecepatan prosesor komputer/PC kamu. Berapa frekuensi yang dimilikinya. Karena kecepatan prosesor sangat berperan penting dalam cepat lambatnya memproses dan menjalankan software yang akan kamu jalankan.

4. GPU (Graphics Processing Unit)

GPU adalah prossesor yang bertugas secara khusus untuk mengolah tampilan grafik. Ini penting bagi kamu yang akan menginstal game harus memperhatikan spesifikasi GPU. Namun, kalau hanya untuk menjalankan software sih abaikan saja poin ini karena GPU bawaan sudah cukup mumpuni.

5. Perhatikan Tipe Software

Perhatikan tipe software yang akan kamu instal, apakah software itu untuk sistem operasi 32 bit atau 64 bit. Jangan sampai kamu menginstal software 64 bit jika sistem operasi kamu mengunakan 32 bit. Misal saja Adobe After Effect CS6, software seperti ini bisa berjalan di sistem operasi 64 bit dan membutuhkan spesifikasi komputer/PC tingkat dewa.

Dengan memperhatikan poin-poin diatas kamu bisa lebih tahu kebutuhan dan kemampuan komputer/PC kamu seperti apa. Jangan sampai sistem operasi kamu Crash (rusak) gara-gara tidak mempedulikan spesifikasi dan software yang akan kamu instal.

Related Posts

5 Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Menginstal Software Di PC atau Komputer
4/ 5
Oleh