Tuesday, April 15, 2014

Perbedaan Server dan Hosting

Semakin hari pekerjaan dan aktivitas kita semakin mudah dengan berkembangnya teknologi saat ini. Kita tidak perlu repot-repot lagi membawa berkas banyak untuk pergi ke kantor, karena semua data sudah tersimpan di Cloud Storage (Penyimpanan awan).

Baca juga: Apa itu Cloud Computing?

Kita juga tidak perlu membawa flashdisk kemana-mana, hanya sekedar untuk menyimpan foto atau file lainnya. Kita bisa menguploadnya di jejaring sosial, seperti facebook, twitter, ataupun google plus.

Namun, tahukah kamu semua layanan yang kita nikmati itu di tangani oleh server dan semua data di simpan di hosting?

Server dan hosting sangat berbeda sekali kegunaannya, namun masing-masing memiliki peran penting.

Perbedaan Server dan Hosting

Berikut Perbedaan Server dan Hosting

Server

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system.

Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan. (http://id.wikipedia.org/wiki/Server)

Bisa di bilang server adalah sebuah induk dari semua jaaringan yang terhubung. Server bertugas menangani penyimpanan (hosting), pengolahan, pendistribusian data secara terpusat, juga sebagai pusat aplikasi bersama (shared) serta pintu gerbang menuju internet (gateway).

Server sangat berbeda sekali dengan PC/komputer, karena sebuah server harus bisa bekerja 24 jam x 7 hari seminggu non stop, dan harus bisa melayani kebutuhan client.

Contoh sistem operasi server:
  • Windows Server
  • Sun Solaris
  • Unix
  • dan GNU/Linux

Hosting

Hosting adalah suatu space atau tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database. Dan setiap situs yang ingin kita onlinekan supaya bisa di akses oleh banyak orang, harus disimpan pada suatu host.

Seperti facebook, twitter dan website besar lainnya juga menggunakan hosting untuk menyimpan data-data pribadi kita, seperti foto, video atau file lainnya. Tentunya hosting yang di pakai harus mempunyai memori yang cukup besar agar bisa untuk menyimpan file-file kita.

Dan hosting itu di kendalikan oleh sebuah server. Jika server yang di pakai oleh jejaring sosial atau website lain mengalami down maka kita tidak bisa mengkases facebook, twitter, ataupun google plus.

Maka dari itu server sangat berperan penting dalam sistem jaringan. Semoga penjelasan Perbedaan Server dan Hosting ini bisa di pahami dan bermanfaat.

Referensi:
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Apa_itu_Server%3F

Related Posts

Perbedaan Server dan Hosting
4/ 5
Oleh