Thursday, April 17, 2014

7 Makanan yang Bisa Bikin Kucing Mati

Kamu punya hewan peliharaan kucing? Pernahkah memberikan makanan cokelat kepada kucing? Jika iya, maka mulai sekarang kamu harus menghentikan kebiasaan itu.

Karena makanan yang kita anggap sehat dan aman, ternyata bisa membahayakan kucing hingga pada tahap kematian.

Cokelat adalah salah satu makanan yang tidak boleh di berikan kepada kucing dan anjing, karena kandungan theobromine di dalam cokelat dalam jumlah yang besar akan menjadi racun bagi kucing dan anjing.

Kucing Lucu Imut

Berikut ini adalah makanan-makanan sehat yang berpotensi untuk membunuh kucing :

Kismis

Makanan ini kelihatannya kecil dan ringan, namun makanan ini sangat tidak disarankan untuk diberikan pada kucing karena selain bisa mengakibatkan gagal ginjal, kucing juga bisa menderita keracunan, diare, dan tidak nafsu makan akibat makanan ini.

Cokelat, kopi, dan makanan atau minuman berkafein lainnya

Kandungan theobromine di dalam cokelat dalam jumlah yang besar akan menjadi racun bagi kucing dan anjing. Selain itu cokelat juga mengandung kafein, bahan yang juga ditemukan pada kopi, teh, dan beberapa minuman bersoda.

Keracunan cokelat bisa membuat kucing dan anjing muntah, diare, detak jantung tak beraturan, gelisah, dan kejang. Dalam keadaan yang parah, kucing dan anjing bisa mati.

Alpukat

Ternyata, seluruh elemen dari alpukat sifatnya beracun bagi anjing dan kucing, dari daun, buah, hingga kulit tanamannya. Bila memakan bahan-bahan ini, mereka bisa muntah dan diare.

Tulang

Jika biasanya kamu memberikan tulang kepada kucing, mulai sekarang kamu harus hentikan kebiasaan itu. Karena, tulang yang masih mengandung lemak merupakan makanan yang berbahaya bagi kucing karena bisa mengakibatkan keracunan dan gangguan pencernaan, bahkan kematian pada kucing.

Telur Mentah

Ternyata telur mentah merupakan makanan yang mengandung bakteri Salmonella dan E. coli yang tinggi. Kedua bakteri ini sangat berbahaya bagi sistem pencernaan kucing. Dan kandungan avidin yang terkandung di dalamnya juga bisa menghentikan penyerapan vitamin B.

Kacang macadamia

Jenis kacang ini bisa meracuni kucing dan anjing. Akibat dari memakan kacang jenis ini biasanya kucing dan anjing akan mengalami depresi, lemas, muntah, gemetar, nyeri sendi, dan gusi yang pucat.

Gejala ini bisa terjadi dalam 12 jam setelah hewan-hewan ini mengonsumsinya. Kadang-kadang, gejala ini bisa mereda tanpa dilakukan perawatan dalam 24-48 jam. Namun tentunya lebih disarankan untuk terus memonitor kondisi hewan peliharaan Anda.

Krim dan Susu

Krim dan susu merupakan asupan yang tidak baik bagi kucing. Di karenakan ketidakmampuan sistem pencernaan kucing untuk memecah laktosa yang terkandung di dalam krim dan susu. Akibatnya, kucing akan menderita diare, kelelahan, dehidrasi, sampai pada tahap kematian.

Pada umumnya, keracunan makanan pada hewan peliharaan terjadi tanpa disengaja. Mungkin mereka memungut makanan yang dibuang di jalan, atau mengambil sesuatu dari meja makan.

Maka dari itu, simpanlah makanan kamu ditempat yang tertutup atau tidak terjangkau oleh hewan peliharaan. Seperti di kulkas atau di tempat lemari penyimpanan makanan. Anak-anak juga perlu di beritahu untuk tidak sembarangan memberikan makanan pada anjing dan kucing.

Sumber:
http://www.lintas.me/fun/unik-aneh/editor/6-makanan-yang-bisa-bikin-mati-kucing
http://female.kompas.com/read/2012/05/21/11285089/Jangan.Berikan.Makanan.Ini.pada.Anjing.dan.Kucing

Related Posts

7 Makanan yang Bisa Bikin Kucing Mati
4/ 5
Oleh