Kekurangan PPC Lokal Idblognetwork

Idblognetwork adalah sebuah startup periklanan berupa pay per click (PPC), cost per action (PPA), Cost Per Post (CPP), dan masih banyak lagi.

Idblognetwork atau biasa di singkat IBN ini bisa di bilang adalah adsensenya Indonesia. Karena nilai per klik dari setiap iklan yang di tampilkan besar. Ya, bisa di bilang hampir sama dengan Google Adsense.

Banyak blogger yang mendaftar di IBN ini sebagai pelarian dari kegagalan mendaftar Google Adsense, ada juga yang mencoba untuk peruntungannya sendiri.

Namun, untuk mendaftar di Idblognetwork ini bisa di bilang susah-susah gampang. Karena pendaftaran publisher untuk Idblognetwork ini setiap harinya di batasi. Jadi kamu harus cepat-cepat untuk mendaftar sebelum kuota yang di sediakan habis. Jika jumlah kuota sudah terpenuhi, maka kamu harus menunggu dan mendaftar di hari berikutnya lagi.

Kekurangan PPC Lokal Idblognetwork-Kecewa
Untuk iklan berupa PPC di bagi menjadi dua, yaitu iklan statik dan flash. Untuk iklan banner statik nilai per kliknya sebesar Rp1000, sedangkan nilai per klik untuk iklan flash sebesar Rp500 sampai Rp1000.

Namun, di balik nilai kliknya yang besar ada kekurangan dibanding PPC lokal lainnya seperti AdsenseCamp, kliksaya, ataupun sitti.

Berikut Kekurangan PPC Lokal Idblognetwork:

1. Tidak ada Bonus CPM (Cos Per Million)

Kekurangan pertama dari iklan Idblognetwork adalah tidak adanya bonus CPM (Cos Per Million). CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).

Itulah pentingnya bonus CPM, walaupun jumlah kliknya sedikit namun impressi iklannya besar maka kamu akan tetap mendapatkan penghasilan yang besar. Namun, untuk nilai CPM seperti itu tidak ada di Idblognetwork.

2. Tidak ada Iklan Teks

Partner dari Idblognetwork adalah dari brand-brand besar, namun sangat di sayangkan pihak IBN tidak menyediakan jenis iklan teks. Kebanyakan iklannya adalah banner. Perlu di ketahui iklan teks masih berperan besar dalam jumlah klik yang hasilkan.

3. Iklan Jarang Tampil

Banyak blogger yang berlomba-lomba agar bisa menjadi publisher Idblognetwork. Dan ketika sudah menjadi publisher dari IBN. Mereka akan sangat kecewa, karena script iklan yang sudah pasang di blog, iklannya tidak sering tampil. Yang tampil malahan banner dari IBN itu sendiri.

4. Script Iklan Tidak SEO Friendly

Kenapa script iklan Idblognetwork tidak SEO (Search Engine Optimization) Friendly? Karena script yang digunakan IBN masih menggunakan "iframe". Kalian tahu sendiri bahwa web atau blog yang ada iframenya itu tidak baik untuk nilai SEO web/blog itu sendiri.

Bagi yang tidak peduli dengan SEO, ini tidak akan menjadi masalah. Namun, ini akan menjadi masalah bagi mereka yang sangat peduli dengan kualitas SEO. Untuk memperbaikinya kamu bisa baca di artikel ini Cara Memperbaiki dan Memodifikasi Frame, IFrame agar SEO Friendly

Itulah 4 Kekurangan PPC Lokal Idblognetwork, jika ada yang lain teman-teman bisa menambahkannya dengan menulis di kolom komentar. Mungkin kamu juga tertarik dengan artikel Solusi: Cara Daftar Google Adsense 100% Full Approve.

15 Responses to "Kekurangan PPC Lokal Idblognetwork"

  1. Susah sekali mas daftar di Ibn...blog saya uda di blacklist.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh... pasti melakukan pelanggaran tuh gan jadi di blacklist

      Delete
  2. Walau ibn ada kekurangannya, tapi alhamdulillah saya pernah dapat rejeki dari sana... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah selamat mas. :)
      kalau saya belum pernah dapat. :(

      Delete
  3. hmmm...lumayan susah juga tembus di ibn...
    ternyata dibalik keunggulannya juga ada kekurangannya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus cepat-cepat daftarnya gan, siapa cepat dia dapat.
      Sebenarnya tidak hanya IBN saja yang mempunyai kekurangan, PPC lain juga ada kekurangannya.

      Delete
  4. ane bahkan baru coba-coba gan.... semoga enggak mengalami nasib blacklist.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga berhasil gan. Semangat terus :)

      Delete
  5. Saya pernah baca, Penguasa Iklan di Dunia Digital adalah Google dan Facebook

    mungkin ini alasan menggapa banner iklan idb jarang tampil

    bahkan saya pernah baca didetik.com kalau tahun tahun yg akan datang, Iklan Google dan Facebook akan makin merajalela didunia. dan website pesaing yg lainnya akan kekurangan iklan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin saja akan seperti itu. Inilah yang harus menjadi pelajaran bagi pengusaha iklan lainnya. Mereka harus benar-benar bisa meyakinkan advertiser-nya agar bisa memakai layanannya.

      Setiap perusahaan mempunyai masing-masing visi terhadap layanannya. Dan hanya yang berkomitmen tinggi yang akan menjadi nomor satu.

      Delete
  6. dibalik kekurangannya tetapi ada kelebihannya di bandingkan Google Adsense kalo udah ngerasain job review dari IBN pasti mantabs.. karena satu tulisan dibayar 750 ribu - 1,2 juta, belum lagi tweet campaignya yg dibayar 150 ribu sekali twit... mantab khan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar juga tuh gan. Tapi agak susah dapetin job review. Kalau Tweet campaignya sih harus punya follower banyak. Kalau dikit gak di terima.

      Delete
  7. saran saja mendingan daftar ppc selain ibn, sekarang ibn bermasalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang IBN sedang bermasalah kenapa gan?

      Delete
  8. betul banget tuh, saya juga gak dipasang lagi ibn nya

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan Bijaksana, spamming tidak akan pernah di publish