Thursday, March 27, 2014

Cara Mudah Mengaktifkan Init.d Android dengan Universal Init.d

Dalam sebuah kustomisasi Android atau biasa di sebut oprek Android, kita tidak asing dengan namanya init.d. Banyak manfaat jika kita mengaktikan folder init.d ini.

Namun, apakah fungsi sebenarnya init.d itu? Init.d atau yang sering kita sebut folder init merupakan folder yang sangat penting dalam hal kustomisasi android. Fungsinya init.d yaitu untuk menjalankan script modifikasi pada saat ponsel reboot seperti script tweak baterai, ram, cpu, app2sd, dan lain sebagainya.


Banyak cara yang bisa di lakukan untuk mengaktifkan folder init ini, bisa dengan flash file zip-init.zip, menggunakan file term-init.sh lalu di aktifkan dengan terminal emulator atau menggunakan aplikasi yang sudah ada yaitu Universal Init.d.
Folder init.d Android

Syarat yang harus dipenuhi untuk mengaktifkan folder init adalah Android harus sudah dalam keadaan rooted alias sudah di root dan Install Busybox versi terbaru yang compatible dengan ponsel Android kamu. Jika belum silahkan baca di artikel ini Rooting Android Dengan FramaRoot.

Berikut Cara Mengaktifkan Init.d dengan Universal Init.d:

  1. Download dan install Universal Init.d Support
  2. Jalankan aplikasi Universal Init.d
  3. Klik tombol Activate lalu Verify
  4. Reboot ponsel kamu

Untuk melihat apakah Init.d sudah aktif atau belum, buka folder data/ pada direktori root kemudian cari apakah file Test.log ada disana. Jika ada berarti sudah aktif.

Ingat, dalam membuat folder init.d ini tidak bisa kita buat secara manual hanya dengan membuat folder lalu di beri nama init.d.

Dengan menggunakan aplikasi Universal Init.d ini kita bisa mengaktifkan folder Init.d tanpa harus ganti kernel.

Manfaat Setelah Mengaktifkan init.d:

  • Meningkatkan performa Android
  • Bisa melakukan tweak Android dengan menyisipkan berbagai script tweak, seperti baterai, ram, cpu dan masih banyak lagi.

Selain menggunakan Universal Init.d Support diatas, kamu juga bisa menggunakan Universal Init.d dari Androguide.fr. Aplikasi dari Androguide ini di dalamnya sudah tersedia banyak sekali script yang bisa langsung kamu gunakan. Dan bisa langsung kamu download secara gratis.


Semoga tutorial dan tips diatas bisa bermanfaat dan mudah di pahami.

Related Posts

Cara Mudah Mengaktifkan Init.d Android dengan Universal Init.d
4/ 5
Oleh