Monday, February 3, 2014

Memahamai Kesalahan Kode HTTP

Sering sekali ketika mengakses sebuah situs web kita mendapatkan pesan error berupa angka yang biasanya terdiri dari tiga digit. Pesan kesalahan yang sering muncul adalah error 404 dan error 503. Namun, tidak semua dari kita dapat memahami pesan error yang muncul tersebut.

Kode HTTP menggambarkan status URL ketika pengunjung mencoba untuk mengaksesnya, dan termasuk pesan kesalahan yang terjadi ketika pengunjung mengalami masalah pada sebuah situs web. Kode ini terdiri dari tiga digit angka.

Ada 5 kelas kode HTTP, dibagi ke dalam kategori dengan digit pertama:
  • Sebuah digit pertama 1, 2, atau 3 merupakan permintaan yang berfungsi penuh. Informasi lebih lanjut tentang kode-kode ini dapat ditemukan di alamat ini. http://en.wikipedia.org/wiki/HTTP_codes
  • Sebuah digit pertama dari 4 merupakan kesalahan client-side. Kode yang paling umum rentang 400-404. 
  • Sebuah digit pertama dari 5 merupakan kesalahan server-side. Kode umum rentang 500-510.

Memahamai Kesalahan Kode HTTP

Kesalahan 4xx

Meskipun kesalahan ini secara teknis hasil dari masalah klien (yaitu, browser), seringkali mereka menunjuk ke masalah pada sebuah situs web. Sebagai contoh, jika Anda memiliki link rusak di halaman Anda, dan pengunjung melakukan klik, mereka dapat melihat kesalahan 404.

Kelas 4xx kode status dimaksudkan untuk kasus di mana klien tampaknya telah errored (error). Kecuali ketika menanggapi permintaan HEAD, server harus mencakup entitas yang berisi penjelasan tentang situasi kesalahan, dan apakah itu adalah suatu kondisi sementara atau permanen. Kode status ini berlaku untuk setiap metode permintaan. Agen pengguna harus menampilkan setiap entitas termasuk untuk pengguna.

400 Bad Request

Permintaan tidak dapat dipenuhi karena sintaks yang kurang baik, atau salah.

401 Unauthorized

Serupa dengan 403 Forbidden, tapi khusus untuk digunakan saat otentikasi yang diperlukan dan telah gagal atau belum disediakan. Contoh seperti otentikasi username dan password.

403 Forbidden

Server tidak akan mengijinkan pengunjung untuk mengakses file yang diminta. Jika pengunjung melihat kode ini dalam kesalahan, periksa pengaturan izin file. Anda juga dapat memeriksa untuk melihat apakah file tersebut telah dilindungi melalui cPanel Indeks Manager.

404 Not Found

Server tidak dapat menemukan file yang diminta pengunjung. Error ini biasanya terjadi ketika URL salah tulis.

Kesalahan 5xx

Server gagal untuk memenuhi permintaan. Kode status respon dimulai dengan digit "5" menunjukkan kasus-kasus di mana server menyadari bahwa telah mengalami kesalahan atau sebaliknya tidak mampu melakukan permintaan.

Kecuali ketika menanggapi permintaan HEAD, server harus mencakup entitas yang berisi penjelasan tentang situasi kesalahan, dan menunjukkan apakah itu adalah suatu kondisi sementara atau permanen. Demikian juga, agen pengguna harus menampilkan setiap entitas termasuk untuk pengguna. Kode respon ini berlaku untuk semua metode permintaan.

500 Internal Server Error

Kesalahan ini menandakan bahwa server telah mengalami kondisi yang tidak terduga. Ini adalah "catch-all" error yang akan ditampilkan ketika tidak ada informasi spesifik dapat dikumpulkan oleh server mengenai kondisi tersebut. Kesalahan ini sering terjadi ketika permintaan aplikasi tidak dapat dipenuhi karena aplikasi yang sedang terkonfigurasi.

501 Not Implemented

Ini menandakan bahwa metode HTTP yang dikirim oleh klien tidak didukung oleh server. Hal ini paling sering disebabkan oleh server berada di out of date (masa berlaku habis). Kesalahan ini sangat langka dan umumnya mensyaratkan bahwa server web diperbarui.

502 Bad Gateway

Kesalahan ini biasanya karena proxy server dikonfigurasi tidak benar. Namun, masalah ini juga dapat timbul bila ada komunikasi IP di antara komputer back-end, ketika ISP klien kelebihan beban, atau ketika firewall berfungsi tidak semestinya. Server bertindak sebagai gateway atau proxy dan menerima respon tidak valid dari server upstream.

Langkah pertama dalam menyelesaikan masalah ini adalah untuk menghapus cache klien. Tindakan ini harus menghasilkan proxy berbeda yang digunakan untuk menyelesaikan konten web server.

503 Service Unavailable

Kesalahan ini terjadi ketika server tidak dapat menangani permintaan karena kelebihan beban sementara atau karena server sedang ditutup sementara untuk pemeliharaan. Kesalahan menandakan bahwa server akan hanya sementara turun. Hal ini dimungkinkan untuk menerima kesalahan lain di tempat 503. Hubungi administrator server jika masalah ini berlanjut.

504 Gateway Timeout

Server bertindak sebagai gateway atau proxy dan tidak menerima respon yang tepat waktu dari server upstream. Untuk mengatasi masalah ini, hubungi administrator sistem.

505 HTTP Version Not Supported

Kesalahan ini terjadi ketika server menolak untuk mendukung protokol HTTP yang telah ditentukan oleh komputer klien. Hal ini terjadi karena server tidak mendukung versi protokol HTTP yang digunakan dalam permintaan.

506 Variant Also Negotiates

Kesalahan ini menunjukkan bahwa server tidak dikonfigurasi dengan benar. Silahkan hubungi administrator sistem untuk mengatasi masalah ini.

507 Insufficient Storage

Kode ini menunjukkan bahwa server kehabisan memori bebas. Hal ini paling mungkin terjadi ketika sebuah aplikasi yang diminta tidak dapat mengalokasikan sumber daya sistem yang diperlukan untuk menjalankannya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, hard disk server mungkin perlu dibersihkan dari dokumen yang tidak perlu untuk membebaskan lebih banyak ruang hard disk, memori mungkin perlu diperluas, atau mungkin hanya perlu di-restart. Silahkan hubungi administrator sistem untuk informasi lebih lanjut mengenai pesan kesalahan ini.

509 Bandwidth Limit Exceeded

Kesalahan ini terjadi ketika batas bandwidth yang dikenakan oleh administrator sistem telah tercapai. Satu-satunya Perbaikan untuk masalah ini adalah untuk menunggu sampai batas tersebut mengatur ulang dalam siklus berikutnya. Konsultasikan administrator sistem untuk memperoleh informasi tentang lebih banyak bandwidth.

510 Not Extended

Ekstensi lebih lanjut untuk permintaan yang diperlukan server untuk memenuhinya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda mungkin perlu memperbarui server. Silakan berkonsultasi administrator sistem untuk informasi lebih lanjut.

Referensi artikel:
http://docs.cpanel.net/twiki/bin/view/AllDocumentation/CpanelDocs/HTTPCodes
http://en.wikipedia.org/wiki/HTTP_codes

Related Posts

Memahamai Kesalahan Kode HTTP
4/ 5
Oleh