Monday, January 27, 2014

Jenis-jenis Minuman Kopi

Kopi adalah minuman yang identik dikonsumsi pria saat bepergian ke manapun, entah nongkrong di cafe, di restaurant, bahkan di warung pinggiran.

Kopi seperti sesuatu yang memasyarakatkan dan membuat perbedaan status sosial sejenak menjadi luntur. Tak peduli kaya atau miskin, seleranya sama dan memberikan waktu untuk saling menikmati kopi.

Kemajuan teknologi dan penemuan-penemuan baru terhadap kopi membuat banyak orang kemudian berkreasi. Ada muncul jenis-jenis kopi baru yang dipadukan dengan susu dan beberapa jenis minuman lain. Menghasilkan jenis kopi baru yang bisa dinikmati sesuai selera kekentalan kopi.

Bila Anda pergi ke cafe, Anda akan menemukan deretan jenis kopi seperti kopi espresso, double espresso, triple espresso, mocha, latte, dan lain sebagainya. Masing-masing berbeda dan memiliki kandungan kopi yang tidak sama. Meninggalkan rasa yang mirip namun ada sentuhan yang berbeda.

Ada 8 Jenis-jenis minuman kopi yang berhasil di rangkum Aikon Media:

1. Espresso

Espresso

Espresso adalah kopi yang diseduh dengan sejumlah air yang hampir mendidih. Espresso umumnya lebih kental dibandingkan kopi tubruk atau metode kopi jenis lainnya. Konsentrasi kopinya sangat tinggi dan biasanya diproses dengan memberikan  tekanan tertentu sehingga sari kopinya benar-benar diperas habis.

Espresso adalah dasar dari jenis minuman kopi lainnya seperti latte caffe, cappuccino, macchiato caffee, caffee mocha, atau caffe Americano. Espresso memiliki lebih banyak kafein per satuan volume, biasanya disajikan dalam porsi-porsi kecil seperti 60 ml-an.

Espresso pun mempunyai jenis lainnya, yaitu Double Espresso, dan Triple Espresso. Double Espresso adalah jenis kopi espresso yang disajikan double kandungan kopinya. Biasanya lebih kental dan jumlahnya lebih banyak. Sedangkan Triple Espresso adalah jenis espresso yang kandungan kopinya dikalikan tiga dan disajikan sangat kental. Biasanya, pecandu kopi berat yang bisa tahan dengan jenis kopi semacam ini.

2. Mochachino

Mochachino

Mochachino disebut juga caffe mocha, adalah jenis caffelatte. Dibuat dengan dasar espresso dan susu serta ditambah dengan bubuk cokelat atau sirup cokelat.

Saat ini campuran Mocha-Java biasa dicampur dengan varietas lainnya untuk menciptakan ciri khas yang unik. Banyak perusahaan kopi yang memiliki campurannya tersendiri. Komposisinya diracik dari bubuk cokelat, kopi Vienna, susu panas & busa. Di Eropa, biasanya dikenal sebagai Moccacino. Nama Mocha sendiri sebenarnya adalah sebuah nama varietas kopi dari daerah Mocha, Yaman.

3. Coffee Latte

Coffee Latte

Coffee Latte adalah jenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara susu dan kopi, 3:1 dan memiliki lapisan busa yang tipis di bagian atasnya. Di AS kombinasi latte terdiri dari sepertiga espresso dan dua pertiga susu panas, sehingga lebih terasa susunya dibanding cappuccino.

4. Cappucino

Cappucino

Adalah kopi dengan penambahan susu, krim dan serpihan cokelat. Cappuccino biasanya didefinisikan sebagai 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. Definisi yang lain menyebutkan 1/3 espresso dan 2/3 mikrofoam. Selain espresso yang baik, unsur terpenting dalam membuat cappuccino adalah tekstur dan temperatur susu.

5. Caffee Macchiato

Caffee Macchiato

Caffee Macchiato adalah jenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio kopi dan susu, 4:1. Caffee Macchiato memiliki dua jenis, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato.

Perbedaan antara dua jenis kopi tersebut adalah Espresso macchiato dibuat dengan menambahkan sedikit susu ke dalam segelas espresso. Sedangkan apabila espresso yang ditambahkan ke dalam segelas susu, maka minuman tersebut disebut dengan latte macchiato.

Espresso macchiato disajikan dalam cangkir espresso kecil (demitasse) berukuran 60-90ml. Banyak dari orang Italia yang menambahkan gula pada minuman ini. Sedangkan latte macchiato disajikan dalam gelas tinggi yang berukuran lebih besar.

6. Americano

Americano

Adalah kopi espresso yang disajikan dengan penambahan air panas tetapi memberikan rasa yang berbeda. Kekuatan sebuah Americano bervariasi, tergantung berapa jumlah espresso yang ditambahkan.

7. Frappuccino

Frappuccino

Frappuccino atau frappe adalah jenis espresso yang disajikan dingin dengan tambahan susu atau cream.

8. White Coffee

White Coffee

Di Indonesia sendiri kopi ini diklaim diproduksi dengan mesin dari Jepang berteknologi cold drying. Biji kopi melalui proses pembekuan hingga -40 derajat Celsius sehingga kandungan asam gastricnya berkurang sampai 80%, sementara kandungan kafeinnya tetap utuh. Konon, karena itulah produk ini aman bagi lambung dan jantung.

Kamu biasanya minum kopi jenis apa?

Related Posts

Jenis-jenis Minuman Kopi
4/ 5
Oleh