24 C
id

5 Script Anti Spammer Untuk Blog

Jengkel dengan para spammer? Spammer atau tukang spam adalah orang yang suka mengirim pesan secara terus menerus tanpa di kehendaki oleh penerimanya. Bentuk spam yang dikenal secara umum meliputi: spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris, spam jejaring sosial.

Bentuk spam memang banyak bentuknya, tapi yang akan di bahas disini adalah spam blog. Pernahkah menjumpai tulisan "Boleh berkomentar asalkan jangan spam" ? Kebanyakan di berbagai blog sudah memperingatkan calon komentator dengan tulisan tersebut, tetapi tidak sedikit yang mengabaikan peringatan itu.

Sebenarnya blogger sendiri sudah mempunyai fitur anti spammer, yaitu dengan memasang/mengaktifkan kode captcha dari dasboard. Tapi saya kurang suka dengan fitur tersebut karena akan mempersulit calon komentator dalam berkomentar. Dan fitur tersebut hanya untuk mencegah spammer robot, tapi spammer human tetap bisa melewati fitur tersebut dengan mengisi kode captcha lalu menyisipkan kode html di kolom komentar untuk menanam link dan lain sebagainya.

Lalu, untuk mengatasinya bagaimana? Kita bisa menggunakan script yang di buat khusus untuk para spammer, yaitu menggunakan javascript atau jQuery. Script anti spammer ini saya kumpulkan dari blognya kangismet.net.

Anti Spammer

Berikut 5 Script Anti Spammer yang bisa di pasang di blog:

1. Menghilangkan Link Aktif di Komentar

Terdapat link aktif pada komentar? Jangan khawatir, kamu bisa menghilangkan link aktif tersebut dengan memasang javascript yang akan menghilangkan link aktif tersebut menjadi sebuah tulisan biasa.

Cek tutorialnya http://www.aplikasi-android.net/2013/07/menghapus-link-aktif-pada-komentar.html

2. Mengganti Link URL dengan Javascript

Masih tidak kapok hanya dengan menghilangkan link aktifnya. Kita bisa dengan sedikit melakukan tindakan tegas dengan mengganti link URL dengan javascript. Yaitu mengalihkan atau mengganti link URL tersebut dengan link lain atau mungkin dengan link url blog sendiri. keren gak..

Cek di http://blog.kangismet.net/2013/06/mengganti-link-url-dengan-javascript.html

3. Blacklist / Banned Komentator Blogger

Kalau cara ini tegas banget, spammer masih tidak kapok hanya dengan diganti link URLnya. Kita bisa melakukan tindakan tegas, yaitu membanned/backlist komentator.

Cek http://blog.kangismet.net/2013/10/blacklist-banned-komentator-blogger.html

4. Menandai dan Mencoret Kata Terlarang dalam Komentar

Tidak jarang kita mendapati komentar-komentar yang seharusnya tidak perlu di cantumkan dalam komentar. Kita bisa memperingati komentator tersebut dengan menandai atau mencoret kata terlarang dalam komentar menggunakan javascript yang di pasang di blog.

Cek http://blog.kangismet.net/2013/05/menandai-dan-mencoret-kata-terlarang-dalam-komentar.html

5. Filter Kata-kata Kotor dalam Komentar

Bosan terlalu banyak terdapat corat-coret? Kamu bisa memasang script ini di blog kamu. Cara kerja dari script filter kata-kata kotor ini adalah menggantikan kata-kata yang kotor menjadi kata 'kereeen'. Tertarik mencobanya?

Cek http://blog.kangismet.net/2013/05/filter-kata-kata-kotor-dalam-komentar.html

Cara 1 sampai 3 cocok untuk mengatasi tukang spam, seperti promosi produk atau promosi link. Cara 4 dan 5 cocok untuk komentator yang suka melanggar peraturan, seperti berkata kotor, kasar dan lain sebagainya.

Kita boleh melakukan promosi produk atau link, tapi ingat harus pada tempatnya. Jika tidak patuh dengan aturan yang ada ya bisa di terima sendiri konsekuensinya. Dan kita harus berkata sopan, karena dunia internet itu tempat umum apalagi di web/blognya orang. Web/blog itu bagaikan rumah bagi pemiliknya, jika kita sebagai tamu dan tidak sopan ya bisa di terima juga konsekuensinya.

Terima kasih kepada kangismet karena script anti spammernya sangat berguna sekali bagi para blogger.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Bagus Prehantoro Business Enthusiast

Posting Komentar

Ads Single Post 4