24 C
id

Kamus Blogger 2013

Ternyata kamus juga berlaku dalam dunia blogging, ya fungsi kamus adalah untuk membantu menerjemahkan atau memahami arti dari setiap kata yang tidak kita kenal.

Bagi blogger pemula atau blogger yang baru terjun di dunia blogging akan kesulitan memahami arti atau maksud dari istilah-istilah yang sering di dengarnya.

Maka dari itu saya merangkum Kamus Istilah Blogger 2013 yang sering di pakai jadi tidak semuanya saya posting disini.

Sebenarnya istilah ini telah di perkenalkan oleh Daniel Scocco, tapi saya akan mencoba memberikan tambahan istilah baru untuk 2013 ini.

Kamus Blogger 2013

Kamus Blogger 2013

Adsense

Jaringan periklanan online yang terkenal di internet yang di kelola oleh Google. Adsense memberi kesempatan kepada para blogger untuk menjadi publisher iklan dengan menampilkan iklan kontekstual di blognya.

Adword

Adword memungkinkan perusahaan atau individu untuk memasang iklan dan mempromosikan produk, jasa atau situs mereka berdasarkan perhitungan CPC (Cost per Click).

Affiliate (Affiliasi)

Adalah sebuah cara untuk mendapatkan uang dari internet tanpa modal, dimana seorang pemilik program affiliasi memberi kesempatan kepada orang lain untuk memasarkan produk dengan imbalan sejumlah komisi jika produk itu berhasil di jual.

Akismet

Plugin filter spam untuk blog berplatform wordpress yang sangat populer. Dibuat oleh perusahaan yang sama dengan membuat kode wordpress. Istilah ini sangat penting untuk pengguna wordpress.

Alexa

Adalah sebuah perusahaab yang memantau sebuah traffic dari semua situs di internet. Semakin rendah ranking alexa, maka semakin tinggi trafficnya.

Anchor Text

Adalah sebuah teks yang diigunakan di dalam backlink. Anchor text merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi posisi ranking sebuah situs atau blog di hasil pencarian search engine.

SERP

SERP kepanjangannya adalah Search Engine Result Page. Dalam bahasa indonesia hasil halaman di dalam mesin pencari. Istilah ini biasa di gunakan blogger yang terbiasa mengotak-atik seo.

Atom

Sebuah format sindikasi feed yang di kembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan orang untuk mendapatkan update artikel dari sebuah situs web blog.

Backlink

Link yang tampil di blog atau situs lain dan mengarah ke halaman utama atau halaman artikel dalam suatu blog atau situs. Backlink masih di anggap penting karena Google dan mesin pencari lain mempergunakan jumlah dan kualitas backlink sebagai ukuran tingkat kepercayaan sebuah blog atau situs. Mau tahu bagaimana mencari backlink? Baca artikel saya yang berjudul Cara Menaikkan PageRank dan Mendapatkan Backlink Super Cepat dan Ebook 125 Backlink.

Blackhat

Ini merupakan teknik SEO yang tidak etis dan bahkan ilegal dengan tujuan tertentu. Menyembunyikan teks di balik gambar atau menggunakan halaman doorway dengan re-direct.

Blog

Adalah sebuah situs di mana sang pemiliknya mempublikasikan pikira, ide, atau pengetahuan mengenai topik tertentu. Untuk lebih jelasnya baca artikel saya Pengertian Blog

Blog Carnival

Sebuah event ketika para blogger berkumpul untuk membuat sebuah koleksi artikel mengenai sebuah topik tertentu.

Blogger

Seseorang yang memiliki sebuah situs blog. Blogger juga merupakan nama komersil platform dan hosting blog gratis milik Google, yang biasa di sebut blogspot.

Blogosphere

Istilah ini menjelaskan bahwa blog ada bersama-sama terhubung sebagai sebuah komunitas (atau sebagai kumpulan masyarakat yang terhubung) atau sebagai jaringan sosial di mana penulis sehari-hari dapat mempublikasikan pendapat mereka. Karena istilah telah diciptakan, telah dirujuk di sejumlah media dan juga digunakan untuk merujuk ke Internet. Lebih jelasnya bisa kunjungi wikipedia.

Blogroll

Fitur blog yang sudah sangat populer yang memungkinkan pemilik blog menampilkan daftar blog-blgo lain yang di rekomendasikan. Biasa di pasang di bagian sidebar atau footer.

Comment Spam

Komentar yang ditulis semata-mata hanya untuk mendapatkan backlink dan di harapkan mendapatkan traffic pengunjung yang menulis komentar spam tersebut. Spam tidak hanya berlaku kepada orang yang menanam backlink sembarangan saja, spam juga berlaku komenatar yang tidak ada hubungannya dengan artikel yang di komentarin alia OOT (Out Of Topic).

CPC

Singkatan dari Cost Per Click, dan ia mempresentasekan suatu bentuk onlin advertising dimana si pengiklan memberikan sejumlah uang kepada setiap pengunjung yang mengklik iklannya dan mengunjungi situsnya.

CPA

Singkatan dari Cost Per Action, dan ia mempresentasekan suatu bentuk onlin advertising dimana si pengiklan akan membayar ketika pengunjung sebuah situs melakukan tertentu (misalnya ketika mereka membeli sebuah produk tertentu).

CPM

Singkatan dari Cost Per Mille, dimana mille berarti 1000 dalam bahasa latin. Advertiser (pengiklan) akan di bayar per 1000 tayangan atau impressi dari iklan yang di pasang di situs web blognya.

CSS

Cascading Style Sheet (CSS) merupakan aturan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman. Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan kunjungi id.wikipedia.org/wiki/Cascading_Style_Sheets dan untuk belajar CSS bisa berkunjung ke www.w3schools.com/css.

HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. HTML dan CSS tidak dapat di pisahkan. Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan kunjungi id.wikipedia.org/wiki/HTML dan untuk belajar HTML bisa berkunjung ke www.w3schools.com/html/default.asp.

Domain

Adalah sebuah nama domain untuk situs web blog atau nama hosting domain. Contoh: Google.com, Youtube.com, dll.

Feedburner

Sebuah layanan onlin milik google yang menyediakan layanan rss feed. Feedburner merupakan layanan gratis yang menyediakan RSS Feed dengan fitur menarik, dan memudahkan pemilik situs atau blog mengumpulkan data statistik RSS Feed situs atau blognya.

Google Analytics

Sebuah layanan gratis dari google yang memberi pemilik situs sejumlah informasi dan data statistik mengenai jumlah traffic dan pengunjung situsnya.

Niche

Dalam jaringan internet, niche merujuk kepada sebuah topik atau subyek tertentu. Kebanyakan situs mencakup satu atau lebih niche.

Nofollow

Disebut tag nofollow, adalah sebuah tag yang sisipkan dalam kode link yang berfungsi untuk memerintah robot mesin pencari agar tidak mengikuti link bersangkutan.

Dofollow

Kebalikan dari tag nofollow, tag dofollow berfungsi untuk memerintah mesin pencari agar mengikuti link tersebut.

PageRank

Sering disebut Google PageRank, adalah sebuah algoritma yang digunakan Google untuk menilai tingkat kepercayaan situs web blog.

Page Views

Sering disebut impresi. Setiap kali pengguna internet membuka sebuah halaman situs tertentu, satu pageview akan dihitung. Situs-situs populer bisa mendapatkan jutaan pageviews setiap bulannya.

RSS

Singkatan dari Really Simple Syndication. RSS adalah suatu format halaman yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah situs dan halaman situs yang di update secara berkala.

SEO

Singkatan dari Search Engine Optimization. SEO mencakup sejumlah aktivitas yang ditujukan untuk meniingkatkan ranking sebuah situs di halaman hasil pencarian mesin pencari.

Social Bookmarking

Adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan, mengirimkan, meyebarluaskan, dan memberi vote sebuah artikel dari internet. Baca juga artikel saya berjudul Mempromosikan Blog ke Social Bookmarking Indonesia.

Social Media

Sebuah istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan situs dan aplikasi web di mana terdapat unsur interaksi sosial di  dalamnya.

Trackback

Sebuah tool networking, yang digunakan untuk memberi informasi kepada sebuah situs ketika seseorang menautkan link kesitus tersebut.

Unique Visitor

Adalah sejumlah pengunjung yang masuk ke sebuah situs dalam jangka waktu tertentu.

Istilah-istilah diatas adalah sebagian dari kamus blogger yang ada, untuk mendapatkan semua kamus istilah blogger ini bisa mendownload di sebuah situs duniadownload.com.

Demikianlah Kamus Blogger 2013 yang saya rangkum yang sering digunakan, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu teman-teman blogger lainnya. Terima kasih
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Bagus Prehantoro Business Enthusiast

Posting Komentar

Ads Single Post 4