4 Macam-macam Ketupat

Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda.

Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

Makanan khas yang menggunakan ketupat, antara lain kupat tahu (Sunda), Grabag (kabupaten Magelang), kupat glabet (Kota Tegal), coto makassar (dari Makassar, ketupat dinamakan Katupa), lotek, serta gado-gado yang dapat dihidangkan dengan ketupat atau lontong. Ketupat juga dapat dihidangkan untuk menyertai satai, meskipun lontong lebih umum.

Selain di Indonesia, ketupat juga dijumpai di Malaysia, Brunei, dan Singapura. Di Filipina juga dijumpai bugnoy yang mirip ketupat namun dengan pola anyaman berbeda. wikipedia -->

4 Macam-macam Ketupat

Berikut 4 Macam-macam Ketupat di Indonesia:


1. Ketupat Bareh

Ketupat Bareh merupakan ketupat khas Minang, Sumatera Barat dan juga terdapat di pesisir barat Sumatera Utara terutama di daerah Sibolga. Ketupat Bareh terbuat dari beras putih dan direbus dengan santan yang membuat rasanya gurih. Biasanya dihidangkan bersama sambal kelapa dan asam padeh ikan.

2. Ketupat Katan Kapau

Nama ketupat ini berasal dari Katan yang berarti ketan dan Kapau yang artinya dari daerah Kapau, Sumatera Barat. Ketupat ini berukuran kecil dan terbuat dari ketan yang direbus menggunakan santan berbumbu. Ketupat ini bisa dimakan sebagai makanan pencuci mulut atau dengan rendang dan gulai itik cabe hijau.

3. Ketupat Sipulut

Katupat Sipulut merupakan ketupat yang banyak kita temui di Sumatera Barat. Ketupat ini biasa dimakan bersama tapai ketan hitam atau rendang. Isi ketupat Sipulut agak lunak karena bagian luarnya dilumuri santan yang mengental.

4. Ketupat Palas atau Ketupat Pulut

Ketupat Palas atau Pulut dibungkus menggunakan daun palas (palem) dan terbuat dari ketan. Ketupat ini berasal dari Medan. Pulut sendiri dalam bahasa Medan berarti ketan. Ketupat ini berbentuk segitiga dan dimakan dengan daging rendang maupun sirup gula merah. Selain di Indonesia, ketupat ini juga terkenal di kawasan Malaysia.

Dengan mengetahui 4 Macam-macam ketupat dan sejarah dari ketupa maka kita dapat menambah wawasan kita. Jadi kita tidak hanya tahu makan ketupat saja melainkan juga tahu sejarah dan nama-nama ketupat di berbagai daerah. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan. Terima kasih
Tag : Info
0 Komentar untuk "4 Macam-macam Ketupat"

Terima kasih sudah berkomentar. :)

Back To Top