24 C
id

Apa itu Blog ?

Apa itu Blog ? dan apa fungsinya? Mungkin sebagian orang akan bertanya demikian. Blog menurut wikipedia adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Apa itu Blog?

Macam-macam blog:

  1. Blogger.com
  2. Wordpress.com

Blogger.com


adalah salah satu penyedia blog gratis yang banyak digunakan dari dulu hingga sekarang. Blogger.com dulu di miliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka (Open Source) yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.



Bagi kalian yang memang ingin menulis sebuah blog dengan mudah murah dan pastinya gampang bisa menggunakan blogspot ini. Tidak perlu pusing pusing memikirkan plugin dan sebagainya karena dengan menggunakan blogspot anda sudah bisa memaksimalkan kemampuan blogspot ini.


Wordpress.com

 

adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Wordpress bisa di download secara gratis dan bisa di jalankan di server local secara offline, biasanya ini di gunakan untuk pembelajaran. Untuk info lebih lanjutnya bisa kunjungi di wikipedia.


Blog ?

Sebenarnya masih banyak lagi macam-macam blog itu, seperti blogdetik.com, multiply.com (sekarang sudah tutup), Blogsome.com, Webnode.com, dll

Untuk pengguna blog biasanya di sebut blogger. Dan kumpulan dari seluruh blog atau weblog yang saling tersambung di jagat internet ini di sebut Blogosphere. Blogosphere pertama kali dicetuskan oleh Brad L. Graham sebagai sebuah lelucon di tahun 1999. Dan dimunculkan kembali oleh William Quick di tahun 2002. Di dalam blogosphere kita bisa menemukan segala macam informasi yang telah di-share oleh para pengguna internet melalui media blog atau weblog.

Lalu apa fungsi blog ?

Fungsi blog banyak sekali, ada yang di gunakan untuk berbisnis, profil perusahaan, media sharing, catatan harian, mencari rejeki dari blog dll sesuai tujuan pengguna membuat blog untuk apa. Sekarang sobat sudah tahu apa itu blog? dan apa fungsinya?, jadi tidak akan bertanya-tanya lagi dan tidak bingung lagi tentang blog dan bagi sobat yang ingin memulai ngeblog artikel ini bisa menjadi referensi sobat. Terima kasih
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Bagus Prehantoro Business Enthusiast

Ads Single Post 4