Saturday, March 30, 2013

Puluhan Malware Ditemukan di Android

MALWARE telah menjangkit pada sistem operasi Android. Puluhan ribu malware telah ditemukan  Kaspersky Lab pada akhir tahun 2012 lalu. Kaspersky Lab mengklaim, telah mendapatkan lebih dari 43.000 malware Sekitar 99 persennya menargetkan smartphone dan perangkat tablet berbasis Android.
Seperti dikutip dari kompas tekno :
Dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTekno, Kamis (28/3/2013), ancaman terbesar Android dapat dibagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu SMS Trojan yang dapat mencuri uang dengan mengirimkan SMS; adware; dan eksploitasi untuk mendapatkan root access yang mampu memberikan akses penuh ke perangkat dan data yang tersimpan di dalamnnya.
ANDROID adalah sistem operasi smartphone berbasis kernel linux yang sudah di modifikasi, dan untuk setiap release-nya diberi kode nama berdasarkan nama hidangan makanan dan merupakan sistem operasi opensource.
Sangat berbahaya jika malware ini sampai menjangkit smartphone kita. Bisa di bayangkan kerugian yang kita dapat jika malware ini ada di smartphone kita.
Berikut ini cara mencegah agar smartphone kita tidak terkena malware atau virus :
1. Memanfaatkan Aplikasi Bawaan Android
-- Masuk ke menu ->Setting -> Location & Security -> masukkan PIN dan Password.
2. Penggunaan WI-FI dan Bluetooth
--Anda yang sering menggunakan fasilitas WIFI di tempat umum disarankan jangan mengaktifkan fungsi auto connect. caranya : menu -> wireless & Network-> WiFi Setting
--Bagi Anda yang akan memakai Internet Banking di usahakan untuk tidak menggunakan WI-FI umum karena data-data anda seperti nomer rekening dan password anda bisa di curi (di Hack) orang.
--Hidupkan WiFi dan Bluetooth jika diperlukan saja. Dibaratkan WiFi dan Bluetooth sebagai pintu rumah anda. Jika Anda membuka pintu dan tidak ditutup maka kemungkinan besar dapat dihack orang.
3. Aplikasi
--Download aplikasi hanya di googleplay.
4. Jangan Melakukan Rooting
--Karena dengan melakukan root aplikasi memiliki hak akses lebih ke dalam sistem android kita. Jika melakukan root jangan sembarang menginstal aplikasi. Pilih - pilihlah aplikasi yang anda percayai.
5. Menggunakan Antivirus
--Instal antivirus di android anda, ini sangat direkomendasikan buat smartphone yang di telah di root. Karena dengan menginstal antivirus dapat mencegah masuknya malware dan virus.
Salam sukses !  :)

Related Posts

Puluhan Malware Ditemukan di Android
4/ 5
Oleh